Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Tumbuhan bagi Manusia dan Lingkungan

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Ilustrasi manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Tumbuhan bermanfaat penting bagi manusia dan lingkungan sekitar. Keberadaannya menjadi salah satu sumber daya penting yang dibutuhkan makhluk hidup.

Tidak hanya berperan sebagai penstabil lingkungan, tumbuhan juga berfungsi untuk mendekorasi tanaman atau ruangan agar terlihat asri dan nyaman.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hubungan manusia dan tumbuhan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Tanpa tumbuhan, manusia dan hewan tidak akan bisa menghirup udara segar setiap harinya.

Apa sajakah manfaat tumbuhan bagi manusia dan lingkungan?

Manfaat tumbuhan bagi manusia

Berikut beberapa manfaat tumbuhan bagi manusia:

Tumbuhan merupakan sumber makanan bagi manusia. Mulai dari batang hingga buahnya bisa dikonsumsi manusia.

Tumbuhan bisa menghasilkan oksigen yang diperlukan manusia dan hewan untuk bernapas. Lewat fotosintesis, tumbuhan akan menghasilkan oksigen dan gula sebagai cadangan makanan.

Baca juga: Manfaat Tumbuhan bagi Makhluk Hidup

Manfaat tumbuhan bagi manusia adalah mengurangi polusi udara. Keberadaan tumbuhan dan ruang hijau di berbagai kawasan terbukti ampuh mengurangi tingkat polusi udara.

Tumbuhan bisa mengendalikan suhu di sebuah wilayah.

Contohnya pohon besar di pinggir jalan berfungsi untuk mengendalikan suhu sekitarnya. Dengan begitu, pejalan kaki akan merasa teduh dan terhindar dari paparan sinar matahari.

Manfaat tumbuhan bagi manusia adalah menjadi sumber obat-obatan herbal. Jika bisa mengolahnya dengan tepat, tumbuhan bisa dimanfaatkan sebagai obat-obatan herbal yang mampu menyembuhan berbagai penyakit.

Tak hanya itu, beberapa jenis tumbuhan herbal juga mengandung senyawa dan zat bernutrisi yang baik untuk melawan virus dan bakteri dalam tubuh manusia.

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan

Berikut beberapa manfaat tumbuhan bagi lingkungan:

Tumbuhan mampu menyerap karbon dioksida yang merupakan dampak dari gas rumah kaca. Karbon dioksida bisa menyebabkan perubahan iklim yang drastis.

Lewat fotosintesis, tumbuhan bisa membantu menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen. Sehingga udara jadi jauh lebih segar dan iklim tetap terjaga.

Baca juga: Apa Manfaat Tumbuhan di sekitar Kita?

  • Mencegah polusi air

Air hujan membawa polutan berupa fosfor dan nitrogen. Jika tidak ada tumbuhan, polutan tersebut akan langsung masuk ke laut atau sumber air lainnya.

Namun, kehadiran tumbuhan di permukaan tanah akan membuat air terserap terlebih dahulu oleh tanaman, dan disaring sebelum akhirnya masuk ke tanah.

  • Mengatur siklus air

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan adalah mengatur siklus air. Tanaman bisa menyerap air, kemudian mengolahnya menjadi uap air lewat transpirasi. Dari proses tersebut, kelembapan udara akan terjaga.

  • Memelihara kualitas tanah

Tumbuhan memiliki akar yang bisa menjaga kualitas tanah tetap bagus. Akar tanaman biasanya menjadi tempat tinggal untuk mikroorganisme baik.

Kehadiran mikroorganisme tersebut membuat proses penguraian jadi lebih cepat dan menyuburkan tanah.

  • Mencegah bencana alam

Manfaat tumbuhan bagi lingkungan adalah mencegah terjadinya bencana alam, seperti tanah longsong dan banjir.

Keberadaan tumbuhan pelindung di atas tanah yang rawan bencana bisa menjadi menjadi upaya pencegahan tanah longsor. Karena tanaman bisa membantu penyerapan air ke lapisan tanah yang lebih dalam.

Baca juga: Manfaat Tumbuhan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi