Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Pulau-Pulau Terluar Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
tribunnews.com/Nurul Hayati
Pulau Rondo, Aceh
Editor: Serafica Gischa

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Indonesia memiliki 16.771 Pulau, hal ini berdasarkan hasil Rapat dipimpin Badan Informasi Geospasial (BIG) tahu 2020.

Data tersebut kemungkinan akan bertambah lagi karena adanya beberapa daerah yang belum terdata secara akurat. Diantara pulau-pulau itu, 12 di antaranya dinyatakan sebagai pulau terluar. Apa defenisi pulau terluar?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT) ialah pulau-pulau kecil seluas ≤ 2000 km² dan memiliki titik-titik dasar koordinat geografis yang menghubungkan garis pangkal laut kepulauan sesuai dengan hukum internasional dan nasional.

Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) terdiri dari, Pulau Rondo di NAD, Pulau Berhala di Sumatera Utara, Pulau Nipa dan Sekatung di Kepulauan Riau, Pulau Marampit, Pulau Marore dan Pulau Miangas di Sulawesi Utara, Pulau Fani, Pulau Fanildo dan Pulau Brass di Papua, serta Pulau Dana dan Batek di Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Mengenal 6 Provinsi di Pulau Sulawesi

Berikut kita kenali satu persatu:

Pulau Rondo di Aceh

Pulau Rondo adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Andaman dan berbatasan dengan wilayah negara India, yaitu Kepulauan Nikobar.

Pulau ini merupakan wilayah paling utara dari Republik Indonesia dan secara administratif merupakan bagian dari wilayah kota Sabang, Provinsi Aceh. Pulau ini berada di sebelah utara dari Pulau Weh dengan koordinat 6°4′30″ LU, 95°6′45″ BT dan merupakan titik 0 dari Indonesia.

Pulau ini berjarak 50 kilometer dari lepas pantai Pulau Sumatera di Aceh. Pulau ini tak berpenghuni dan hanya ada beberapa pos pengamanan yang dijaga oleh aparat TNI, menara mercusuar, dan pangkalan helikopter.

Karena aksesnya yang sulit dan jaraknya yang cukup jauh, maka titik nol kilometer paling utara dipindahkan ke Sabang (Wikipedia).

Pulau Berhala di Sumatera Utara

Pulau Berhala adalah sebuah pulau di Sumatera Utara, Indonesia yang tepatnya berada di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai.

Pulau ini merupakan pulau terluar Indonesia di Selat Malaka. Luasnya adalah 2,5 km². Berhala memiliki topografi bergunung dengan hutan lebat dan pantai yang putih bersih.

Baca juga: 5 Provinsi di Pulau Papua 

Pulau Nipa di Kepulauan Riau

Pulau Nipa, adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di perbatasan Indonesia dengan Singapura, dan merupakan wilayah dari pemerintah kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau ini berada di sebelah barat laut dari pelabuhan Sekupang di pulau Batam yang dapat dilihat dalam jalur perjalanan ferry dari pelabuhan Sekupang menuju pelabuhan HarborFront di Singapura.

Luas Pulau Nipa 60 Hektare ketika laut surut dan 3 Hektare ketika laut pasang. Letak koordinat dari pulau Nipa adalah 1° 9′ 13″ LU, 103° 39′ 11″ BT. Saat ini, kawasan tersebut ditempati prajurit TNI di bawah Komando Lanan Batam dengan jumlah penjaga mencapai 14 orang.

Pulau Sekatung di Kepulauan Riau

Pulau Sekatung adalah pulau terluar dan paling utara dari wilayah Provinsi Kepulauan Riau yang terletak di laut China Selatan dan berbatasan dengan negara Vietnam. Pulau Sekatung ini merupakan wilayah dari kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

Pulau Marampit di Sulawesi Utara

Pulau Marampit adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina.

Pulau Marampit ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara.

Pulau ini berada di sebelah timur laut dari pulau Talaud dengan koordinat 4° 46′18″ LU, 127° 8′ 32″ BT.

Baca juga: 5 Provinsi di Pulau Kalimantan

Pulau Marore di Sulawesi Utara 

Pulau Marore adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sulawesi dan berbatasan dengan negara Filipina. Pulau Marore ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Pulau Miangas di Sulawesi Utara

Miangas adalah pulau terluar Indonesia yang terletak dekat perbatasan antara Indonesia dengan Filipina. Pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Talaud. Miangas adalah salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan Kepulauan Nanusa.

Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia sehingga rawan masalah perbatasan, terorisme serta penyelundupan.

Pulau ini memiliki luas sekitar 3,15 km². Jarak Pulau Miangas dengan Kecamatan Nanusa adalah sekitar 145 mil, sedangkan jarak ke Filipina hanya 48 mil.

Pulau Fani di Papua

Pulau Fani adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau.

Pulau Fani ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Sorong, Provinsi Irian Jaya Barat. Pulau ini berada di sebelah utara dari Kota Sorong dengan koordinat 1° 4′28″ LU, 131° 16′49″ BT.

Baca juga: 3 Provinsi di Pulau Bali dan Nusa Tenggara

Pulau Fanildo di Papua

Pulau Fanildo adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudra Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau. Pulau Fanildo ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten supiori, Provinsi Papua.

Pulau Brass di Papua

Pulau Bras adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Samudera Pasifik dan berbatasan dengan negara Palau. Pulau Bras ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Supiori, Provinsi Papua.

Pulau Dana di Nusa Tenggara Timur.

Dana adalah sebuah pulau kecil yang terletak di perairan sebelah barat daya Pulau Sawu. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Pulau ini berjarak ±30 km dari Pulau Raijua.

Pulau Batek di Nusa Tenggara Timur.

Pulau Batek adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di Laut Sawu dan berbatasan dengan negara Timor Leste. Pulau Batek ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: 6 Provinsi di Pulau Jawa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi