Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kenampakan Alam di Provinsi Jambi

Baca di App
Lihat Foto
kemlu.go.id
Pemandangan perkebunan teh Kayu Aro di Kaki Gunung Kerinci.
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Kenampakan alam adalah segala sesuatu yang ada di atas permukaan bumi, baik di daratan maupun perairan, yang dapat dilihat secara alamiah.

Kenampakan alam bisa terbentuk karena adanya peristiwa-peristiwa yang terjadi di atas permukaan bumi dari waktu ke waktu.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selain kenampakan alam, ada juga kenampakan buatan. Kenampakan buatan adalah lingkungan yang sengaja diciptakan oleh manusia untuk memudahkan dalam beraktivitas.

Kali ini kita akan mengenal kenampakan alam dan kenampakan buatan yang berada di Provinsi Jambi. Ada banyak kenampakan alam dan buatan yang menjadi ragam kekayaan alam dari Provinsi Jambi, yaitu:

Baca juga: Mengenal Batik Jambi: Sejarah, Jenis Motif, dan Maknanya 

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci yang berada di Kabupaten Kerinci merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia. Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kerinci, Jambi dan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, ini berada di kawasan Pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 3.805 mdpl.

Gunung yang sering dijadikan objek pendakian gunung bagi pecinta alam ini adalah gunung berapi yang masih aktif dan terakhir kali meletus pada tahun 2009.

Sungai Batanghari

Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera dengan panjang sekitar 800 kilometer.

Hampir semua kabupaten di Provinsi Jambi dilalui oleh aliran Sungai Batanghari, seperti Kabupaten Batanghari, Bungo, Tebo, Muaro Jambi, Tanjung Jabung Timur, Kota Jambi, dan bermuara ke Selat Malaka di daerah Muaro Sabak. Tak hanya di Provinsi Jambi, sungai ini juga mengalir di sebagian daerah di Sumatera Barat.

Baca juga: 5 Obyek Wisata di Kota Jambi

Danau Sipin

Danau Sipin merupakan danau alami yang berada di tengah-tengah Kota Jambi. Di tengah-tengah danau Sipin ada beberapa keramba ikan yang memang sengaja dibuat oleh para nelayan ikan, dan juga terdapat sebuah rumah panggung yang digunakan sebagai tempat peristirahatan para nelayan ikan tersebut.

Ikan-ikan yang dibudidayakan pun bermacam-macam, semuanya berjenis ikan air tawar seperti mujair, nila mas dan lain lain. Selain itu, Danau Sipin juga dijadikan sebagai obyek wisata bagi masyarakat Jambi.

Air Terjun Telun Berasap

Air terjun Telun Berasap merupakan salah satu dari sekian banyak air terjun yang ada di Provinsi Jambi. Air Terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter ini berada di Kabupaten Kerinci.

Masyarakat setempat memberikan nama telun berasap karena keunikan air terjun tersebut yang selalu diselimuti kabut air yang seolah-olah menyerupai asap putih, akibat derasnya air yang terhempas ke batu dan menguap.

Keunikan lain dari Air Terjun Telun Berasap yaitu adanya sebuah gua yang cukup luas di balik air terjun tersebut. Namun karena derasnya Air Terjun Telun Berasap membuat belum ada orang yang menelusuri gua tersebut secara menyeluruh.

Baca juga: Tempat Wisata Menarik dan Unik di Provinsi Jambi

Jembatan Aurduri I dan II

Jembatan Aurduri merupakan jembatan yang dibangun diatas Sungai Batanghari yang bertujuan mempersingkat waktu tempuh dari Jambi ke berbagai wilayah sekitarnya.

Jembatan Aurduri I memiliki panjang 504 meter yang berada di Desa Penyengat Rendah ini dibangun pada tahun 1982 dan diresmikan pada tahun 1989 oleh Presiden Soeharto.

Jembatan Aurduri II memiliki panjang 1.400 meter dibangun selama 8 tahun sejak 2002 dan selesai pada tahun 2010. Jembatan ini menjadi penghubung di daerah lintas timur

Jembatan Gentala Arasy

Jembatan Gentala Arasy merupakan jembatan pedestrian pertama yang memiliki kontur meliuk seperti huruf S sepanjang 503 meter.

Nama Gentala Arasy diperoleh dari tiga kata yaitu genta yang berarti suara, tala yang berarti keselarasan, dan arasy yang berarti menggema ke langit.

Jembatan Gentala Arasy ini diresmikan pada Maret 2015 yang diresmikan secara langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Baca juga: Nama-Nama Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi

Tugu Keris Siginjai

Tugu Keris Siginjai adalah sebuah tugu atau monumen yang merupakan ikon dari Kota Jambi. Bentuknya menyerupai keris siginjai yakni keris kerajaan Jambi.

Tugu ini memiliki tinggi sekitar 9 meter dan tinggi seluruhnya sekitar 28 meter. Letaknya tepat berada di pusat perkantoran Walikota Jambi, Kota Baru.

Tugu Keris Siginjai diresmikan oleh Walikota Jambi, Syarif Fasha tanggal 31 Desember 2017 atau pada tahun baru 2018.

Sebelum direnovasi menjadi tugu keris siginjai, tugu ini adalah tugu jam atau dikenal juga dengan tugu monas, karena bentuknya menyerupai monas yang berada di Jakarta.

Baca juga: Suku-suku yang Mendiami Provinsi Jambi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi