Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siklus Hidup Tumbuhan: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
bio.libretexts.org
Siklus hidup tumbuhan lumut
Editor: Silmi Nurul Utami

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Semua makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Hewan dan manusia mengalami beberapa tahapan pertumbuhan dan perkembangan dalam kehidupannya.

Proses Pertumbuhan merupakan bagian dari siklus hidup yang ditandai dengan peningkatan dan perubahan ukuran tubuh.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Perkembangan merupakan bagian dari siklus hidup yang ditandai dengan perubahan bentuk dan fungsi bagian tubuh.

Pengertian siklus hidup tumbuhan

Siklus atau daur hidup tumbuhan adalah pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dari kecil hingga dewasa.

Siklus tumbuhan merupakan salah satu proses yang menandai perkembangan tumbuhan sejak awal kehidupannya dimulai hingga bereproduksi untuk mempertahankan keberadaan jenisnya.

Baca juga: Daur Hidup Tanaman Semangka

Tanaman memiliki siklus hidup yang berbeda-beda pada setiap musim dan suhu udara. Jadi belum tentu tanaman mati karena terserang hama, bisa jadi itu memang siklus hidupnya.

Siklus hidup tumbuhan berbeda-beda. Hal tersebut tergantung dari mana tumbuhan tersebut berasal. Misalnya, tumbuhan yang berasal dari biji akan mengalami tahap siklus sebagai berikut:

Baca juga: Ciri dan Klasifikasi Tumbuhan Berbiji

Namun, tidak semua tumbuhan berbiji menghasilkan bunga kemudian berubah menjadi buah.

Misalnya saja kacang hijau dan kedelai dari bunga tidak membentuk buah, namun membentuk polong. Dalam polong terdapat biji yang akan menjadi tumbuhan baru.

Jenis tanaman berdasarkan siklus hidup 

Berdasarkan siklus hidupnya, tumbuhan dikelompokkan menjadi tiga, yaitu tanaman anual, biennal, dan prennial. Berikut pemaparannya: 

Tanaman annual

Tanaman annual atau tahunan biasannya bereproduksi dalam satu tahun atau satu musim. Dalam tahun yang sama mereka berkecambah, mekar, berbiji dan mati.

Tanaman annual biasanya memproduksi banyak biji pada akhir masa hidupnya. Kamu bisa menggunakan biji ini untuk ditanam sehingga kamu bisa mendapatkan tanaman baru.

Beberapa jenis tanaman annual adalah geranium, petunia, marigold, calendula dan nasturtium.

Baca juga: Klasifikasi Tumbuhan Angiospermae dan Contoh Spesiesnya

Tanaman biennial

Tanaman biennial membutuhkan waktu dua musim untuk melengkapi siklus hidupnya. Pada tahun pertama biasanya tanaman biennial menghasilkan bibit muda dengan akar, batang dan daun.

Pada tahun berikutnya tanaman biennial mulai memproduksi bunga buah dan biji lalu kemudian mengakhiri siklus hidupnya. Beberapa jenis tanaman biennial adalah bawang-bawangan, hollyhock dan parsley.

Tanaman perennial

Tanaman perennial bisa berbunga dan bertahan hidup selama bertahun-tahun. Biasanya tanaman perennial memiliki ciri khas keras dan berkayu.

Karena siklus hidup yang panjang tanaman ini sering menjadi pilihan untuk ditanam sebagai tanaman hias dan stok sayuran sepanjang tahun.

Makin baik perawatan dan kondisi tanaman maka makin lama pula tanaman bisa hidup. Beberapa jenis tanaman perennial adalah lavender, lily, kelor, hydrangea, tomat, kentang, mint dan terung.

Baca juga: Siklus Hidup Tanaman Pisang

Contoh siklus hidup tumbuhan

Berikut ini beberapa contoh siklus hidup pada mangga, kacang hijau, dan apel, penjelasannya yaitu: 

Mangga

Daur hidup mangga dimulai dari biji. Biji yang ditanam di dalam tanah, seiring berjalannya waktu akan tumbuh akar dan tunas.

Tunas tersebut terus berkembang menjadi pohon mangga yang masih kecil. Tanaman mangga kecil tersebut akan terus tumbuh menjadi pohon mangga dewasa.

Pohon mangga yang telah dewasa biasanya akan menghasilkan bunga. Selanjutnya, akan terjadi penyerbukan pada bunga dan akan menghasilkan individu baru.

Buah mangga terus bertambah besar dan berubah warna dari hijau menjadi keputih-putihan.

Setelah buah mangga masak, dalam buah mangga tersebut terdapat biji mangga yang merupakan calon tanaman mangga. Jika biji tersebut ditanam dalam tanah akan tumbuh tunas yang merupakan calon tanaman mangga yang baru.

Baca juga: Kandungan Kacang Hijau dan Manfaatnya

Kacang hijau

Menanam kacang hijau dapat dilakukan dengan menanam bijinya yang kemudian akan berubah menjadi kecambah.

Kecambah inilah yang kemudian akan tumbuh menjadi tanaman kacang hijau dewasa, dan kemudian pada kacang hijau dewasa akan berbunga.

Bunga kacang hijau yang mengalami penyerbukan akan menghasilkan biji kacang hijau yang merupakan calon tumbuhan kacang hijau.

Taoge sendiri adalah bagian daur hidup kacang hijau saat masih dalam bentuk kecambah, Manusia memanfaatkan taoge sebagai bahan makanan.

Baca juga: Perkecambahan: Pengertian, Tipe, dan Prosesnya

Apel

Buah apel memiliki biji. Biji tersebut jika ditanam, suatu saat akan tumbuh akar dan tunas. Tunas tersebut akhirnya menjadi pohon apel kecil yang lama-kelamaan menjadi besar dan berbunga.

Bunga-bunga apel ini merupakan cikal bakal buah apel yang sering kita makan. Di dalam buah apel terdapat biji yang merupakan calon tanaman baru, jika biji tersebut ditanam akan menjadi tanaman apel. 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi