Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Wayang yang Populer di Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com
Tokoh wayang kulit Gatotkaca.
Editor: Silmi Nurul Utami

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Wayang adalah seni pertunjukan budaya Asli Indonesia. Ada banyak sekali jenis wayang yang terdapat di negara Indonesia. Terlebih wayang memiliki banyak bentuk, ukuran, dan medium.

Ada yang berbentuk gulungan gambar, kulit, kayu, ataupun topeng. Namun, ada beberapa wayang populer di kalangan masyarakat Indonesia dan mancanegara. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh wayang yang populer di Indonesia adalah wayang beber, wayang kulit, wayang klitik (karucil), wayang golek, dan wayang orang. Berikut penjelasannya: 

Wayang beber

Wayang beber merupakan salah satu wayang tertua di negara kita. Dalam pertunjukan ini, wayang berbentuk lembaran gambar dinarasikan oleh seorang dalang.

Baca juga: Jenis-Jenis Wayang Berdasarkan Bahan Pembuatannya

Kamu bisa menemukan wayang jenis ini di daerah asalnya di Pacitan, Donorojo, Jawa Timur. Wayang beber sering menggunakan kisah Mahabharata, kisah Ramayana, ataupun kisah dari cerita rakyat, seperti kisah asmara Dewi Sekartaji.

Wayang kulit

Wayang kulit termasuk jenis wayang yang paling populer di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Wayang ini bentuknya pipih dan dibuat dari bahan kulit kerbau atau kulit kambing. Bagian lengan dan kaki wayang ini bisa digerakkan.

Di daerah Bali dan Jawa, pertunjukan wayang kulit biasanya mengkombinasikan cerita Hindu dengan cerita Buddha dan Islam.

Kendati demikian, wayang kulit sering juga menceritakan mitos atau cerita rakyat dari daerah tertentu.

Baca juga: Sunan Kalijaga, Berdakwah Lewat Wayang

Wayang klitik (karucil)

Wayang ini bentuknya hampir sama dengan wayang kulit. Bedanya, wayang ini dibuat dari bahan kayu.

Selain itu, dalang juga menggunakan bayangan saat pementasan wayang klitik. Kata “klitik” ini berasal dari suara kayu yang ditimbulkan pada saat wayang dimainkan.

Biasanya wayang ini mengangkat cerita dari kerajaan Jawa Timur, seperti misalnya Kerajaan Kediri, Kerajaan Majapahit, dan Kerajaan Jenggala.

Adapun cerita yang paling populer saat pementasan wayang klitik adalah cerita Damarwulan. Cerita ini memiliki kisah yang sangat disukai masyarakat.

Baca juga: Asal-usul Berdirinya Kerajaan Majapahit

Wayang golek

Pertunjukan wayang golek dilakukan dengan memakai wayang tiga dimensi yang dibuat dari bahan kayu. Jenis wayang ini paling populer di daerah Jawa Barat.

Wayang golek dibedakan menjadi dua jenis, yaitu wayang golek papak cepak dan wayang golek purwa.

Dari dua jenis ini, wayang golek purwa lebih dikenal oleh masyarakat. Adapun kisah yang diangkat oleh wayang jenis ini biasanya mengacu pada adat Jawa dan Islam. Misalnya, kisah Pangeran Panji, kisah Damarwulan, dan lain sebagainya.

Wayang Wong atau Wayang Orang

Wayang wong agak berbeda dengan jenis wayang pada umumnya karena menggunakan manusia untuk memerankan tokoh dalam suatu cerita.

Awalnya, wayang ini digunakan untuk menghibur kaum bangsawan. Namun, sekarang, wayang wong telah menjadi karya seni yang populer di kalangan masyarakat.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi