Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jenis Rasi Bintang yang Paling Terkenal

Baca di App
Lihat Foto
NASA
Beberapa rasi bintang di langit
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Rasi bintang adalah kelompok bintang yang tampak berhubungan dan membentuk sebuah pola khusus.

Contohnya kumpulan bintang membentuk kalajengking atau beruang. Mayoritas rasi bintang yang diketahui berasal dari mitologi Yunani dan Romawi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Meski begitu, banyak pula kebudayaan yang memiliki pemikiran berbeda tentang rasi bintang.

Dalam artikel ini, akan dibahas 10 jenis rasi bintang yang paling terkenal. Apa sajakah itu?

1. Ursa Major

 

Merupakan rasi bintang terbesar di langit utara. Ursa Major termasuk rasi bintang terbesar ketiga di langit.

Kumpulan bintang yang paling terang di Ursa Major membentuk asterisme biduk, suatu pola bintang yang paling dikenal di langit.

Ursa Major sering disebut “beruang besar”, karena banyak dongeng dan legenda di seluruh dunia yang mengaitkan Ursa Major dengan beruang.

Baca juga: Rasi Bintang: Pengertian dan Manfaatnya bagi Manusia

2. Ursa Minor

Rasi bintang satu ini memiliki bentuk hampir mirip seperti Ursa Major. Hanya saja berbeda ukuran dan panjang ekornya.

Ursa Minor berukuran lebih kecil dan ekornya jauh lebih panjang. Oleh karena itu, Ursa Minor sering disebut “beruang kecil”.

Rasi bintang ini juga cukup terkenal, karena pada susunanya memiliki polaris, yaitu bintang utara yang sering digunakan sebagai penunjuk arah bagi pelaut. Dalam rasi bintang ini, Polaris merupakan bintang yang paling terang.

3. Cygnus

Merupakan rasi bintang yang bisa kita lihat di langit utara. Cygnus terdiri dari enam bintang terang yang saling bersilangan, seperti tanda salib.

Bintang paling terang pada rasi ini bernama Deneb, yang juga menjadi salah satu bintang terbesar di langit.

Cygnus juga biasa disebut rasi bintang angsa. Cygnus bisa dilihat secara jelas di langit malam sepanjang musim panas dan gugur di belahan bumi utara.

Baca juga: Mengapa Rasi Bintang hanya Bisa Dipelajari di Tempat Minim Cahaya?

4. Cassiopeia

Rasi bintang ini terdiri dari lima bintang paling terang dan berbentuk seperti huruf W. Hal ini membuat rasi bintang Cassiopeia mudah dikenali.

Cassiopeia merupakan salah satu rasi bintang besar di langit utara. Kita bisa menemukannya di langit malam pada penghujung musim gugur atau awal musim dingin di daerah subtropis.

5. Aquila

Rasi bintang ini terletak di langit utara, dekat dengan ekuator langit. Aquila memiliki bintang paling terang bernama Altair.

Bintang tersebut membentuk asterisme yang menonjol di langit bersama dua bintang terang lainnya, yaitu Deneb (Cygnus) dan Vega (Lyra). Ketiganya kemudian dikenal sebagai Segitiga Musim Panas (The Summer Triangle).

6. Orion

Adalah rasi bintang tertua yang pernah dikenal umat manusia. Orion merupakan salah satu rasi bintang paling terang dan indah di langit malam.

Letaknya berada di ekuator langit dan bisa terlihat di seluruh bagian Bumi. Orion tersusun dari bintang berbentuk seperti pria yang sedang mengacungkan pedang dan perisai, layaknya seorang pemburu.

Sabuk Orion terdiri dari tiga bintang paling terang di rasi ini, yaitu Alnilam, Mintaka, dan Alnitak. Rasi bintang ini juga digunakan sebagai penunjuk arah barat.

Baca juga: Mengapa Rasi Bintang dapat Dijadikan sebagai Penunjuk Arah?

7. Canis Major

Nama Canis Major berarti “anjing besar”. Canis Major terkenal karena susunan rasi bintangnya memiliki Sirius, bintang paling terang di angkasa.

Oleh karena itu, Sirius sering disebut sebagai bintang bnjing. Bintang paling terang kedua yang dimiliki Canis Major bernama Andhara. Jika Sirius terletak di bagian dada, Andhara terletak di salah satu kakinya. Canis Major terletak di langit selatan.

8. Pegasus

Nama ini diambil dari nama seekor kuda bersayap dalam mitologi Yunani. Bentuknya terlihat seperti separuh badan kuda bagian atas.

Pegasus merupakan rasi bintang terbesar ketujuh di langit. Peganus juga dikenal sebagai salah satu rasi bintang tertua di langit.

Bintang paling terang yang dimiliki Pegasus bernama Enif. Keunikan rasi bintang ini membuat Pegasus banyak dikenal.

Pada salah satu bintangnya, yaitu 51 Pegasi, ada eksoplanet yang mengorbit bintang tersebut. Planet ini kemudian diberi nama Bellerophon.

Baca juga: Benarkah Bintang Jatuh itu Ada?

9. Hydra

 

Terletak di atas langit bagian selatan. Bentuknya mirip ular dengan bagian kepala ada di sebelah selatan rasi bintang Cancer, dan ekornya ada di antara rasi bintang Centaurus dan Libra.

Hydra tersusun dari tujuh bintang bernama Alphard, Ashlesha, Felis, Lerna, Minchir, Ukdah, dan Zhang. Alphard merupakan bintang paling terang di rasi ini. Hydra merupakan salah satu rasi bintang terbesar di langit.

10. Crux

 

Adalah salah satu rasi bintang paling terkenal di langit selatan, karena telah dijadikan sebagai penunjuk arah sejak jaman dahulu.

Crux cukup mudah dikenali, karena hanya terdiri dari lima bintang terang, yaitu Acrux, Mimosa, Gacrux, Delta Crucis, dan Zeta Crucis.

Kelima bintang tersebut membentuk seperti salib. Crux merupakan rasi bintang terkecil di antara 88 rasi bintang lainnya.

Baca juga: Bintang: Pengertian, Bentuk, Manfaat, dan Jenis-jenisnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi