Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Planet Mars, Si Planet Merah

Baca di App
Lihat Foto
SHUTTERSTOCK/VADIM SADOVSKI
planet mars
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com- Planet Mars merupakan planet terdekat keempat dari Matahari. Jika dilihat dari kejauhan, planet ini tampak berwarna merah.

Oleh karena itu, Mars dijuluki sebagai “Planet Merah”. Mars adalah planet bebatuan dengan atmosfer yang tipis. Di permukaannya ada kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan tudung es.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diameter planet ini adalah 6.780 kilometer, yakni sekitar setengah diameter Bumi. Jarak rata-rata dari Matahari ke Mars adalah 228 juta kilometer atau 1,5 SA.

Mars membutuhkan 687 hari dalam satu kali orbit mengelilingi Matahari. Mars tidak hanya berputar mengelilingi Matahari, tetapi juga mengitari porosnya sendiri.

Planet ini membutuhkan waktu 24,6 jam untuk berotasi, tidak jauh berbeda dengan Bumi yang membutuhkan waktu 23,9 jam.

Sumbu rotasi Mars juga miring 25º terhadap orbitnya. Akibatnya, Mars memiliki banyak musim yang berlangsung lebih lama dibanding Bumi.

Baca juga: Mars, Planet dengan Dua Bulan yang Mengitari

Mars memiliki dua bulan, Phobos dan Deimos. Keduanya dianggap asteroid karena bentuknya yang tidak beraturan.

Phobos dan Deimos masing-masing berjarak 9.377 km dan 23.460 km dari Mars. Dalam 50 juta tahun, Phobos diperkirakan akan bertabrakan di sekitar Mars untuk membentuk cincin.

Dikenal sebagai planet merah

Mars awalnya dinamai sesuai warna kemerahannya. Warna merah yang terlihat di Phobos dan Deimos disebabkan oleh oksidasi (pengkaratan) mineral besi di dalam dan di permukaannya.

Proses itu menciptakan pemandangan warna merah jika dilihat dari kejauhan. Warna kemerahan itu diperkirakan telah ada selama 4,5 miliar tahun.

Berkaitan dengan proses pembentukan tata surya, ada bijih besi yang tercipta dan tenggelam ke pusat planet, termasuk Bumi.

Uniknya, bijih besi di Planet Mars tetap berada di permukaan, hingga akhirnya teroksidasi dan berkarat.

Baca juga: Manusia Hidup di Mars, Mungkinkah?

Satelit Mars

Mars diorbit dua bulan, Phobos dan Deimos. keduanya tampak tertutup debu dan batuan lepas, dengan batuan kaya karbon bercampur es.

Kedua satelit ini lebih kecil dari bulan dan bentuknya tidak beraturan. Belum jelas bagaimana Phobos dan Deimos dilahirkan.

Menurut NASA, sebagian besar ilmuwan percaya bahwa gravitasi planet merah telah mendorong satelit tersebut ke orbit melewati bulan. Karena komposisi keduanya mirip dengan asteroid yang ditemukan di tempat lain di tata surya.

Periode rotasi dan orbit Mars

Periode rotasi Mars tidak jauh berbeda dengan Bumi. Jika satu hari di Bumi berlangsung selama 24 jam, satu hari di Planet Merah berlangsung selama 24,6 jam.

Mars memiliki sudut kemiringan dan durasi rotasi yang hampir sama dengan Bumi. Sudut kemiringan Mars adalah 25º dibandingkan dengan Bumi yang memiliki kemiringan 23,4º.

Dikutip dari situs NASA, sebagai planet keempat yang berjarak sekitar 225 juta kilometer dari matahari, Mars baru menyelesaikan rotasinya selama 24.6 jam, atau 24 jam, 39 menit, dan 35,244 detik.

Rotasi tersebut ternyata sejalan dengan durasi revolusinya yang dapat dikatakan hampir dua kalinya Bumi, sebab mencapai 687 hari. Dengan durasi tersebut, satu tahun di Mars rasanya seperti dua tahun di Bumi.

Baca juga: Atmosfer Mars, Mungkinkah Menunjang Kehidupan?

Permukaan dan musim di Mars

Mars dikenal sebagai planet “terestrial” berbatu yang sangat mirip dengan Bumi. Mars dicirikan oleh permukaan yang kering, berdebu, dan berbatu.

Di bagian selatan Mars, jauh lebih kasar dan memiliki lebih banyak kawah serta dataran tinggi yang sangat ekstrem.

Sementara di bagian utara Mars, ada cekungan halus yang terlihat seperti danau kering atau dasar sungai yang berkelok.

Mars memiliki gunung bernama Olympus Mons, tingginya sekitar 16 mil atau lebih dari 25 kilometer. Gunung ini dinobatkan sebagai gunung volkanik tertinggi di tata surya.

Mars memiliki empat musim. Karena planet ini berada dalam posisi miring terhadap porosnya. Lamanya musim tergantung orbit matahari di Mars.

Di belahan bumi utara, musim semi menjadi musim terpanjang, waktunya tujuh bulan. Musim panas dan musim gugur hanya sekitar 6 bulan.

Musim dingin berlangsung empat bulan. Selama musim panas Mars, tutup kutub, yang sebagian besar terdiri dari es karbon dioksida, dapat menyusut dan menghilang sepenuhnya. Kemudian di musim dingin, lapisan es akan kembali ke bentuk aslinya.

Baca juga: Perbedaan antara Planet dan Bintang

Atmosfer tipis milik Mars

Salah satu kendala pergerakan manusia ke Mars adalah keadaan atmosfernya yang sangat tipis. Ketebalannya kurang dari 1 persen atmosfer Bumi.

Badai matahari telah menjadi penyebab hilangnya medan magnet Mars selama ratusan juta tahun. Pada saat itulah, planet merah kehilangan kemampuan untuk mempertahankan atmosfernya.

Akibatnya, Mars memiliki iklim yang dingin, kering, dan tidak ada oksigen.

Mars hanya memiliki gaya gravitasi sebesar 38 persen, jika dibandingkan dengan Bumi, sebab memang ukurannya yang jauh lebih kecil.

Hal ini membuat manusia bisa melompat tiga kali lebih tinggi daripada saat berada di Bumi.

Agar mudah membayangkannya, seorang manusia berbobot 100 kilogram, saat ada di Mars, bobotnya hanya mencapai 37,7 kilogram saja. Tak heran bila pemain basket pun disebut-sebut bisa melompat setinggi 8 meter jika berada di Mars.

Baca juga: Urutan Planet di Tata Surya dari yang Paling Ringan Massa Jenisnya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi