Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara China: Keadaan Alam, Penduduk, Perekonomian, dan Bentuk Pemerintahannya

Baca di App
Lihat Foto
wikipiedia.org
Peta wilayah China
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - China merupakan negara terluas di Asia timur. Berdasarkan letak astronomisnya. China terletak antara 18° LU-54° LU dan 73° BT-135° BT. Luas wilayah China adalah 9.696.960 kilometer persegi. 

Secara geografis China terletak di kawasan timur dan berhadapan dengan Samudra Pasifik. Negara China berbentuk republik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China memiliki posisi yang strategis dibandingkan dengan negara lain. Hal ini karena letaknya berada di tengah-tengah negara ataupun benua yang membuat China memiliki perbatasan dengan akses secara langsung ke negara tetangga, bahkan antarbenua. 

Dilansir dari Travel China Guide, posisi China di tengah membuatnya memiliki banyak tetangga yang berbatasan langsung. 

Berikut batas-batas negara China, yaitu: 

Sementara untuk wilayah perairan, China berbatasan langsung dengan delapan negara, yaitu Korea Selatan, Korea Utara, Jepang, Indonesia, Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia, dan Vietnam. 

Baca juga: Rekam Jejak Pelayar China di Natuna

Keadaan alam China 

Pegunungan Qinling membujur dari tenggara ke barat laut. Pegunungan ini merupakan lanjutan dari pegunungan Kuan Lun yang membagi China menjadi bagian Utara dan bagian Selatan. 

Di China mengalir sungai-sungai besar, yaitu Sungai Huang Ho (Sungai kuning) panjangnya 4.600 km dan sungai Tse Kiang panjangnya 5. 632 km.

Daerah lembah sungai Huang Ho yang padat penduduknya sering terjadi banjir. Bagian barat wilayah China yang berbatasan dengan Mongolia terdapat Gurun Ordos dan Gurun Gobi. 

Daerah China Selatan merupakan wilayah pegunungan dan pada bagian barat terdapat Danau Tsing Hai dengan airnya yang asin.

Penduduk China

Dilansir dari situs Worldometers, jumlah penduduk China per September 2022 sebanyak 1.451.653.307 jiwa. 

Sebagian besar penduduk China adalah Suku Han, kemudian ada bangsa Mongol, Korea, Turki, dan Manchu. 

Hampir semua penduduk China menggunakan bahasa Mandarin yang juga sebagai bahasa resmi.  Sedangkan sebagian kecilnya menggunakan bahasa Mongolia, Korea, dan Vigur. 

Baca juga: Adakah Perbedaan antara China dan Tiongkok?

Perekonomian China 

Beberapa sektor perekonomian China, sebagai berikut: 

  • Pertanian

Sektor ekonomi yang pertama dari China adalah pertanian. Hasil utamanya berupa beras, gandum, ubi-ubian, kedelai, kapas, kacang tanah, biji-bijian untuk minyah, dan wijen. 

Selain bahan pokok, China juga unggul dalam menghasilkan ulat sutra, hal ini yang membuat sutra di China menjadi bahan unggulan ekspor khususnya ke Eropa. 

  • Industri 

Sektor industri China cukup berkembang pesat, terlebih dalam inovasi-inovasi produk modern. Kawasan industri China berpusat di daerah pantai, terutama di Kota Shanghai, Beijing, dan Shenyang. 

  • Perdagangan 

Ekspor utama China adalah elektronik, mesin-mesin industri, pakaian, mainan anak-anak, barang-barang alat rumah tangga, mobil, keramik, dan peralatan militer. Sedangkan impor China meliputi biji-bijian, kapas, logam, dan lain sebagainya. 

  • Pertambangan 

Sumber daya alam yang ada di China meliputi Batubara, minyak bumi, gas alam, tungsten, fosfat, bijih besi, tembaga, aluminium, emas, perak, uranium, mangan, timah, seng, graphit, fosfor, belerang, potassium, dan kalium. 

Baca juga: Dinamika Penduduk Benua Asia

Bentuk pemerintahan

Bentuk pemerintahan China adalah republik. Republik Rakyat China (RRC) terbagi menjadi 21 provinsi, 5 daerah otonom, dan 3 kota praja.

Tiap-tiap provinsi terbagi menjadi beberapa kabupaten. Kekuasaan tertinggi pemerintahan China berada di tangan dewan negara yang terdiri atas perdana menteri, ketua komisi, dan seorang sekretaris jenderal.

Sedangkan kekuasaan negara dilaksanakan oleh kongres rakyat tingkat nasional di daerah.

Kongres itulah yang berhak menentukan anggaran belanja, program ekonomi, pernyataan perang, dan perjanjian damai. 

Kepala negara China dijabat oleh presiden yang dipilih oleh kongres rakyat nasional. Tugas presiden, antara lain, mewakili negara dalam hubungan dengan luar negeri, melaksanakan undang-undang, dan mengangkat pejabat-pejabat tinggi negara.

Baca juga: Benua Asia: Wilayah, Letak, Negara, dan Iklimnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: Kementerian Luar Negeri RI, Worldometers, Travel China Guide, Sumber Belajar Kemendikbud
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi