Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hewan Usia Terpendek

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Mayfly atau lalat capung
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Hewan adalah salah satu jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan. Namun, rata-rata umur hewan lebih pendek dari umur manusia.

Usia hidup hewan bergantung pada jenis dan penggolongannya. Bahkan ada hewan yang hanya hidup dalam waktu 24 jam. Meski berusia pendek, hewan tersebut memiliki kemampuan berkembangbiak dengan cepat.

Beberapa jenis hewan yang memiliki usia hidup terpendek, yaitu: 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Mengenal Alat Pernapasan pada Hewan Ruminansia

Penjelasannya sebagai berikut: 

Mayfly atau Lalat Capung 

Mayfly atau lalat capung adalah hewan yang hidup dengan usia terpendek di dunia. Serangga yang masuk ke dalam ordo Ephemeroptera ini hanya dapat hidup selama 24 jam.

Seperti capung, lalat capung menghabiskan sebagian besar waktunya sebagai nimfa (larva yang baru menetas) dan sisa hidup yang mereka miliki hanya digunakan untuk bereproduksi.

Mayflies betina bisa mengeluarkan 400 – 3.000 telur, di sela-sela waktu hidupnya yang pendek. Telur itu bisa menetas dalam beberapa hari saja.

Baca juga: Hewan Mamalia: Ciri-ciri dan Contohnya

Gastrotricha

Gastrotricha merupakan hewan yang hanya dapat dilihat dengan mikroskop (0,06-3,0 milimeter). bentuknya pun menyerupai cacing. Hewan ini dapat ditemukan di air tawar dan laut.

Hewan ini memiliki struktur tubuh transparan dan berenang mengikuti arus. Umur dari gastrotricha hanya dapat bertahan selama 3 hari.

Nyamuk

Nyamuk adalah salah satu hewan yang hidup dengan usia pendek. Nyamuk jantan hidup hanya dalam 10 hari, sedangkan nyamuk betina hidup lebih panjang.

Penting diketahui, hanya nyamuk betina yang mengisap darah, sementara nyamuk jantan memakan madu seperti lebah.

Baca juga: 5 Hewan Terkecil di Dunia

Semut Pejantan

Semut pejantan berbeda dengan semut pekerja, semut pejantan menghabiskan hidupnya hanya untuk makan dan bereproduksi. Umur dari semut ini hanya bertahan hingga 2 minggu.

Lalat 

Lalat adalah serangga yang hidup dalam umur singkat juga. Lalat hidup hanya sampai berusia satu bulan. Walaupun begitu lalat dapat bereproduksi dengan cepat. Lalat dapat menghasilkan 1.000 telur dalam sekali reproduksi.

Baca juga: Upaya serta Cara Melestarikan Hewan dan Tumbuhan Terancam Punah

Capung

Capung adalah serangga yang tergolong dalam kelompok Odonata. Capung tidak bisa hidup jauh dari sumber air. Hal tersebut dikarenakan air adalah tempat mereka bertelur, berkembang biak, dan menghabiskan waktu hidupnya. Capung juga hidup di waktu yang singkat yaitu sekitar 4-6 bulan.

Tikus

Umur rata-rata tikus adalah satu tahun. Namun, predator seperti kucing dan keracunan juga bisa mengakhiri hidup mereka kapan saja. Tikus rumahan juga rentan terhadap masalah kesehatan selama pertumbuhan mereka.

Kondisi tubuh tikus pun juga bisa tumbuh besar dengan cepat, tak berdasarkan umur. Namun itu semua berdasarkan dari jumlah makanan yang mereka konsumsi.

Baca juga: Manfaat Hewan bagi Manusia dan Lingkungan

Lebah Pekerja

Lebah pekerja adalah hewan yang sibuk.Kegiatan mereka sehari-hari adalah memberi makan larva lebah, memproses nektar, dan membuat madu.

Meskipun memiliki banyak kegiatan, mereka memiliki usia yang pendek, yaitu sekitar 8 bulan saja. Umur lebah pekerja ini bervariasi menyesuaikan dengan musim.

Bunglon Labord

Nama Bunglon Labord diambil dari nama seorang penjajah Perancis yang bernama Jean Laborde, yang pertama kali menemukan hewan reptil ini di hutan Madagaskar.  

Bunglon Labord memiliki tampilan yang berwarna warni. Pejantan Bunglon Labord memiliki kulit hijau cerah, sedangkan bunglon betina berwarna hijau dengan pola bintik-bintik biru, orange, dan ungu. 

Siklus hidup bunglon Labord hanyalah satu tahun. Siklus dimulai ketika Bunglon Labord lahir pada bulan November. Bunglon muda mencapai kematangan seksual pada akhir Januari atau Februari.

Mereka berkembang biak dan kemudian melahirkan pada bulan November. Bunglon dewasa yang lebih tua dalam populasi akan mati di akhir tahun.

Baca juga: 3 Jenis Adaptasi Hewan Beserta Contohnya

Mosquitofish (ikan cere)

Ikan cere atau ikan guppy yang mungil ini juga memiliki masa hidup yang singkat. Salah satu ikan air tawar asli Amerika ini memiliki masa hidup selama 2 tahun. Ikan cere yang hidup di air tawar memiliki usia yang lebih panjang daripada yang hidup di air asin. 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi