Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunikasi Intrapersonal: Definisi dan Proses

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash/Johnny Cohen
Melamun bisa mendatangkan kebaikan dan keburukan, tergantung seberapa sering dan jenis-jenis pikiran apa yang Anda bayangkan.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Komunikasi pada dasarnya terdiri dari beberapa jenis. Secara umum, manusia sebagai makhluk sosial melakukan komunikasi dengan orang lain atau yang disebut dengan "Komunikasi Interpersonal".

Komunikasi tersebut dapat dilakukan secara langsung ataupun tidak langsung, baik verbal maupun non-verbal.

Namun, pernahkah anda melakukan komunikasi dengan diri sendiri? Komunikasi dengan diri sendiri disebut dengan "Komunikasi Intrapersonal". 

Dikutip dari buku Komunikasi Antar Personal (2017) oleh Alo Liliweri, para psikolog menyebutkan, komunikasi intrapersonal dapat dilakukan dengan melamun, mimpi basah, berdoa, kontemplasi dan meditasi, senam pernapasan, negosiasi atau pergumulan batin, menikmati pemandangan.

Lalu, apa definisi komunikasi intrapersonal itu sendiri? 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: 5 Fungsi Komunikasi Intrapersonal

Definisi menurut ahli

Berikut beberapa denfinisi komunikasi intrapersponal menurut ahli, yaitu: 

Cooper memaknai Komunikasi Intrapersonal sebagai proses komunikasi yang terjadi dalam diri sendiri.

Baginya, cara masyarakat dalam berkomunikasi sehari-hari terlihat cukup rumit dan hal tersebut dapat dipahami ketika dapat mengerti bahwa komunikasi benar-benar bergantung pada pikiran dan persepsi masing-masing individu.

Bagi Ruesch dan Bateson, komunikasi intrapersonal merupakan kasus khusus dari komunikasi antarpersonal. Komunikasi intrapersonal merupakan dialog dengan diri sendiri yang menjadi dari seluruh wacana komunikasi.

Menurut Ruesch dan Bateson, komunikasi intrapersonal sendiri mencakup beberapa hal sebagai dau dreaming, nocturnal dreaming, dan lain sebagainya.

Judy Pearson dan Paul Nelson mendefinisikan komunikasi intrapersonal sebagai proses menggunakan pesan untuk menghasilkan makna di dalam diri.

Jika dilihat dari segi psikologi komunikasi maka yang dimaksud dengan komunikasi intrapersonal adalah proses pengolahan informasi yang meliputi sensasi, persepsi, memori, dan berpikir.

Baca juga: Contoh Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal

Proses komunikasi intrapersonal (sense-making)

Dilansir dari buku Pengantar Teori Komunikasi: Edisi 3 (2008) oleh Richard West disebutkan,  seorang ahli komunikasi organisasi, Karl Weick, berpendapat bahwa proses komunikasi intrapersonal dapat dilakukan melalui lima hal, yaitu :

Penggambaran komunikasi intrapersonal sama halnya dengan ketika seseorang sedang menuju suatu lokasi yang asing dan memerlukan bantuan GPS untuk sampai di lokasi tersebut.

Orang tersebut akan melakukan intepretasi melalui peta yang ditunjukkan tentang seberapa jauh jarak yang akan ditempuh, pada titik mana harus berbelok, apakah harus menaiki fly over atau tidak, ataupun harus memilih jalur alternatif atau tidak.

Hal tersebut sama dengan proses komunikasi intrapersonal dengan mengintepretasi atau membayangkannya.

Contohnya, bagaimana caranya bertemu dengan dosen pembimbing yang sulit untuk ditemui? Atau bagaimana cara meminta izin pada orang tua yang cukup strict ketika ingin menginap di rumah teman?

Beberapa contoh tersebut merupakan komunikasi intrapersonal yang mungkin tanpa disadari sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Apa Perbedaan Komunikasi Interpersonal dan Intrapersonal?

  • Teks

Komunikasi intrapersonal dapat dilakukan melalui teks. Biasanya, komunikasi ini dilakukan melalui wacana tertentu dalam bentuk pernyataan ide, gagasan atau maksud.

Misalnya dengan menulis buku harian untuk menumpahkan segala emosi yang dipendam pada hari itu.

Setiap teks yang dicurahkan tidak hanya sekadar kata-kata, namun juga terdapat perasaan, pikiran, dan mungkin tindakan tertentu. Komunikasi intrapersonal melalui teks tersebut berperan untuk mengontrol tindakan terhadap orang lain dalam komunikasi interpersonal.

  • Tanda

Komunikasi intrapersonal melalui tanda biasanya menunjukkan tanda yang menghubungkan sesorang dengan situasi fisik atau psikologis tertentu.

Contohnya, ketika seorang beragama Katolik akan menenangkan diri dan memulai berdoa dengan membuat tanda salib terlebih dahuli. Atau ketika seorang Muslim akan membuka kedua telapak tangan dan berkata "Syukur Alhamdulillah" saat menyatakan syukurnya.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Komunikasi

  • Simbol

Komunikasi intrapersonal melalui simbol biasanya ditunjukkan dengan adanya simbol yang dibuat oleh individu tersebut.

Contohnya, ketika seseorang menandai seluruh tanggal ulang tahun anggota keluarganya dengan simbol hati dan simbol bintang untuk hari ulang tahun sahabatnya.

  • Indeks

Indeks merupakan tanda-tanda alami yang menunjukkan adanya hubungan sebab akibat antara suatu tanda dengan terjadinya suatu peristiwa tertentu.

Contohnya, ketika seseorang akan pergi ke pantai namun beberapa hari terakhir sedang turun hujan, maka ia akan mulai menghubungkan kedua hal tersebut dan mulai berpikir apakah ia akan tetap pergi atau menundanya.

Baca juga: Komunikasi Interpersonal: Definisi dan Karakteristik

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi