Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daur Hidup Belalang

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
Belalang
Editor: Silmi Nurul Utami

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Belalang adalah serangga herbivora dari subordo Caelifera dalam ordo Orthoptera yang menjalani daur hidup metamorfosis tidak sempurna.

Belalang memiliki antena yang hampir selalu lebih pendek dari tubuhnya dan juga memiliki Ovipositor pendek.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suara yang ditimbulkan beberapa spesies belalang biasanya dihasilkan dengan menggerakkan kaki belakangnya terhadap sayap depan atau karena kepakan sayapnya sewaktu terbang.

Kaki belakang pada belalang umumnya panjang dan kuat cocok untuk melompat.

Belalang lebih menyukai kawasan alam terbuka yang lembap dengan banyak rumput dan tanaman rendah lainnya. Namun, beberapa spesies hidup di hutan, tebing, tanah, dan bebatuan lembap berlumut.

Baca juga: Perbedaan Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

Daur hidup belalang melalui proses metamorfosis tidak sempurna. Metamorfosis tidak sempurna adalah sebuah proses berkembang melewati tahap telur yang menetas kemudian menjadi nimfa, dan tumbuh menjadi dewasa atau imago.

Berikut adalah penjelasan tentang daur hidup belalang!

Fase telur

Pada pertengahan musim panas, belalang betina mulai meletakkan telur yang sudah dibuahi di dalam polong telur.

Biasanya, berada di bawah pasir dengan kedalaman 3 sampai 5 cm atau di antara tanduk daun. Setiap polong telur terdiri atas 10 sampai 300 telur dengan bentuk yang mirip seperti butiran nasi.

Telur belalang memerlukan waktu hingga 10 bulan sampai akhirnya menetas. Tidak semua telur bisa menetas secara bersamaan lantaran kemampuan dari semua telur tidak sama.

Baca juga: Alasan Metamorfosis Kecoa Tidak Sempurna

Selain itu, telur-telur ini akan tetap aktif sebelum waktunya menetas dan bisa tertidur pulas selama musim gugur dan musim dingin. Belalang betina membutuhkan waktu 3 sampai 4 hari untuk proses bertelur.

Fase nimfa (belalang muda)

Saat telur sudah menetas, maka muncullah belalang kecil yang belum mempunyai sayap, tetapi secara fisik bentuknya tidak jauh berbeda dengan belalang dewasa.

Fase ini dapat dikatakan sebagai nimfa muda. Nimfa muda mempunyai warna putih dan akan berubah warna menjadi hijau atau coklat ketika terkena sinar matahari.

Nimfa muda sudah bisa memakan dedaunan tanaman muda dengan tekstur lembut. Walaupun tak mempunyai sayap dan alat reproduksi, belalang ini masih bisa bertahan hidup.

Nimfa akan bertukar kulit 5 sampai 6 kali dan mengubah bentuk serta struktur tubuhnya sampai menjadi imago atau belalang dewasa.

Baca juga: Tahap Metamorfosis Sempurna

Proses pergantian kulit pada nimfa bisa berlangsung selama 5 sampai 10 hari tergantung dengan spesies dan kondisi cuaca.

Keberlangsungan hidup nimfa untuk bertahan hidup menjadi belalang dewasa hanya sekitar 50%, hal tersebut dipengaruhi karena adanya predator alami, mulai dari kadal, tikus, dan burung.

Fase imago (belalang dewasa)

Daur hidup belalang yang terakhir adalah menjadi belalang dewasa atau imago. Proses tumbuhnya sayap pada nimfa muda hingga menjadi belalang dewasa memakan waktu 25 sampai 30 hari.

Selain memiliki sayap yang sudah sempurna, belalang dewasa akan mendapatkan kematangan seksual dalam waktu 15 hari dan akan bertahan selama 30 hari.

Baca juga: Contoh Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna

Dapat disimpulkan, waktu yang diperlukan untuk daur hidup belalang mulai dari telur sampai menjadi dewasa membutuhkan waktu hingga 11 bulan, sedangkan umur belalang sendiri diperkirakan hanya bertahan hidup sampai 12 bulan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi