Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hewan Hermafrodit: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi contoh hewan hermafrodit
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Pada umumnya, semua makhluk hidup memiliki dua jenis kelamin, yaitu spermatozoa atau yang menghasilkan sel kelamin jantan, dan yang menghasilkan sel kelamin betina atau ovum (sel telur).

Namun, hewan memiliki sel kelamin yang lebih kompleks. Bahkan, beberapa hewan memiliki sel kelamin jantan dan sel kelamin betina yang dapat berfungsi secara bersamaan. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika jenis kelamin manusia umumnya telah ditentukan sejak lahir atau bahkan dalam kandungan secara alamiah, pada hewan hal tersebut tergantung sesuai pada faktor lingkungan dan faktor genetiknya.

Jenis kelamin pada hewan ditentukan berdasarkan dengan gametnya. Gamet yaitu sel reproduksi yang memberikan informasi genetik mengenai sperma dan sel telur. Adapun betina memiliki gamet betina sedangkan jantan memiliki gamet jantan.

Baca juga: Hewan Endemik: Pengertian dan Contohnya

Pengertian hermafrodit

Hermafrodit secara biologis adalah individu yang memiliki dua alat atau organ kelamin yaitu jantan dan betina yang berfungsi penuh. Hermafrodit hanya ada di hewan dan tumbuhan.

Hermafrodit tidak pernah terjadi pada manusia. Penting untuk memahami bahwa Hermafrodit tidaklah sama dengan interseks, yang dapat terjadi kepada manusia.

Perbedaan interseks dengan hermaprodit yakni apabila hermafrodit, kedua organ dapat berfungsi semua sedangkan interseks kedua organ tidak dapat sepenuhnya berfungsi.

Hermafroditisme tidak terlalu banyak ditemukan di dalam kerajaan binatang (animalia) tetapi sangat sering ditemukan dan umum dalam kerajaan tumbuhan (plantae).

Gastropoda yang berada di daratan misalnya siput dan siput pisang adalah contoh yang umum dari hermafroditisme yang berada di dunia binatang.

Spesies tumbuhan hermafrodit yakni semua tumbuhan yang memiliki kemungkinan untuk melakukan perkembangbiakan/penyerbukan sendiri atau self pollination.

Baca juga: 12 Jenis Hewan yang Hidup di Benua Antartika

Tumbuhan hermafrodit umumnya adalah tumbuhan yang memiliki bunga sempurna atau bunga yang mempunyai organ kelamin jantan, yaitu benang sari, dan organ kelamin betina, yaitu putik. 

Meskipun demikian, sejumlah spesies tumbuhan mengembangkan sistem tertentu atau ketidakmampuan diri sendiri untuk mencegah terjadinya pembuahan sendiri (self-fertilisation).

Hermafrodit terdiri dari dua jenis yaitu:

Contoh-contoh hewan hermafrodit

Berikut beberapa contoh dari hewan hermafrodit, yaitu: 

  • Ikan Badut

Ikan badut terlahir dengan jenis kelamin jantan. Seiring berjalannya waktu, ikan jantan yang paling dominan akan berubah menjadi betina. Proses ini dikenal sebagai hermaproditisme berurutan.

Jika ikan betina dalam kawanan meninggal, maka ikan jantan yang dominan akan mengubah jenis kelamin untuk menggantikannya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelangsungan hidup kawanan ikan badut.

Baca juga: 5 Contoh Hewan yang Mampu Mendengar Bunyi Infrasonik

  • Siput pisang (Ariolimax)

Siput pisang dilahirkan dengan dua jenis kelamin sekaligus yaitu jantan dan betina. Kemampuan ini membuat siput pisang tergolong sebagai hewan hermaprodit.

Meski begitu, mereka juga tetap bisa melakukan reproduksi secara berpasang-pasangan. Ketika mereka menemukan siput lain dengan ukuran yang sama, mereka akan saling bereproduksi atau menghamili antara satu sama lain.

  • Kadal cambuk (Cnemidophorus)

Kadal cambuk dapat membuahi dirinya sendiri dengan tanpa bantuan dari kadal cambuk jantan. Hal ini dapat terjadi karena semua kadal cambuk terlahir dengan jenis kelamin betina.

Cara reproduksinya dapat dikatakan cukup unik, karena para kadal betina akan saling merangsang ovulasi satu sama lain. Lalu, kadal yang berada di bagian atas bertelur dengan ukuran yang kecil sedangkan kadal yang berada di bawah bertelur dengan ukuran yang cenderung lebih besar.

Kadal cambuk akan menggabungkan dua versi yang berbeda dari kode DNA antara satu sama lain. Lalu, mereka akan memastikan bahwa tiap-tiap pasangan kromosom mempunyai berbagai macam bentuk gen.

Hal ini terjadi supaya keturunan dari kadal cambuk memiliki keanekaragaman genetis serta untuk membantu keturunannya supaya tetap sehat dan mampu bertahan hidup dengan baik.

Baca juga: Hewan Mamalia: Pengertian, Ciri-ciri, Klasifikasi, dan Contohnya

  • Kadal Naga Berjenggot (Pogona Vitticeps)

Kadal naga berjanggut mempunyai kemampuan yang hampir sama dengan ikan badut (amphiprion) untuk mengubah jenis kelaminnya dari laki-laki menjadi perempuan.

Kemampuan spesial ini telah mereka miliki semenjak mereka masih berada di dalam telur.  Para peneliti menyebutkan bahwa fenomena ini dapat terjadi secara alami dan diperkirakan karena dipengaruhi oleh perubahan suhu, cuaca, dan juga iklim.

  • Ikan Wrasse (Labridae)

Berbanding terbalik dengan ikan badut (amphiprion), ikan wrasse betina bisa mengubah jenis kelaminnya menjadi jantan.

Hal ini terjadi apabila ikan jantan dominan yang berada di dalam kawanan mati, maka ikan betina yang paling besar akan mengganti jenis kelaminnya menjadi jantan dan memimpin kawanannya.

Perubahan organ seksual dari betina menjadi jantan ini akan berlangsung kurang lebih hingga 14 hari. Ikan wrasse betina yang berubah menjadi jantan akan berubah sifatnya menjadi lebih agresif.

Hal ini dilakukan guna untuk mengamankan wilayah dan juga mengamankan ikan wrasse betina lainnya yang akan dibuahi untuk menjaga kelangsungan hidup kawanan mereka.

Baca juga: Mengenal Jenis Hewan Aves Beserta Ciri-cirinya

  • Cumi-Cumi (Loligo)

Cumi-cumi dapat mengubah salah satu sisi tubuhnya agar terlihat menyerupai cumi-cumi betina yang gunanya yaitu untuk mengurangi persaingan dengan cumi-cumi jantan yang lain.

Ketika cumi-cumi berada di kerumunan cumi-cumi jantan dengan cumi-cumi betina, cumi-cumi jantan akan menunjukkan bahwa ia adalah ‘betina’ pada sisi yang dapat dilihat oleh cumi-cumi jantan lainnya

Sebaliknya, pada sisi yang dapat dilihat oleh cumi-cumi betina, ia akan menunjukkan dirinya sendiri sebagai cumi-cumi jantan.

Sementara, cumi-cumi jantan yang menjadi pesaing akan terkecoh dan hanya akan melihat ada dua cumi-cumi betina.

Trik ini dilakukan guna untuk mendapatkan perhatian dari cumi-cumi betina lebih cepat dari pejantan yang lainnya.

Baca juga: Mengenal Hewan Amfibi yang Ada di Sekitar Kita

  • Bintang laut (Asteroidea)

Salah satu hewan hermaprodit yang paling populer dan disukai oleh banyak orang adalah bintang laut.

Bintang laut biasanya mengembangkan organ reproduksi jantan saat dalam fase remaja dan berubah menjadi betina ketika menjelang fase dewasa.

Bintang laut juga bisa mempunyai organ reproduksi aseksual, yang terjadi ketika salah satu lengan mereka patah tetapi masih membawa bagian dari pusat tubuh bintang laut tersebut.

Dalam kasus ini, bintang laut yang kehilangan tangannya akan melakukan regenerasi dengan menumbuhkan tangannya sendiri sedangkan tangannya akan melakukan regenerasi hingga ke seluruh tubuhnya. Dari kegiatan regenerasi tersebut akan memunculkan dua individu bintang laut yang sangat identik.

Baca juga: 10 Hewan Usia Terpendek

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi