Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interaksi Sosial: Pengertian, Ciri, dan Syarat Terjadinya

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
Ilustrasi interaksi sosial
Editor: Silmi Nurul Utami

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan manusia lain dalam kehidupannya. Karena itu interaksi sosial merupakan hal yang tak bisa dipisahkan dalam aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya pembicaraan hal yang penting namun pembicaraan ringan terkadang menjadi hal yang sangat penting untuk menambah informasi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Interaksi sosial berasal dari kata interaksi artinya tindakan yang terjadi secara dua orang atau lebih yang bereaksi akan timbal balik melalui kontak langsung maupun tidak langsung.

Sosial yang berarti mencakup saling berkesinambungan atau bekerja sama seperti halnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan akan membutuhkan orang lain.

Baca juga: Interaksi Sosial: Pengertian, Syarat, dan Aturannya

Secara sederhana, interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu maupun kelompok untuk menjalin hubungan pertemanan, diskusi, kerja sama yang diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat.

Pengertian interaksi sosial menuruh ahli 

Berikut ini pengertian interaksi sosial menurut pendapat para ahli sosiologi, yaitu:

Gilin

Menurut Gilin dan Gilin dalam buku Sosiologi Suatu Pengantar (1982) karya Soekanto, interaksi sosial adalah hubungan sosial yang dinamis antara individu dengan individu lain atau dengan kelompok atau hubungan antar kelompok.

Hubungan ini tercipta karena pada dasarnya manusia tidak bisa hidup tanpa orang lain.

Bonner

Interaksi sosial menurut Bonner dalam buku Social Psycology (1988), adalah hubungan antara dua orang atau lebih yang aksinya dari individu dapat memengaruhi atau mengubah kehidupan individu lain.

Baca juga: Penjelasan Interaksi Sosial dan Lingkungan Alam

Walgito

Bimo Walgito dalam Psikologi Sosial (2003), berpendapat bahwa adanya hubungan timbal balik dalam interaksi sosial dapat memberikan pengaruh terhadap individu atau kelompok lain.

Interaksi sosial juga berpengaruh terhadap kelompok dengan kelompok lain yang saling berhubungan.

Soerjono Soekanto

Soerjono Soekanto dalam Sosiologi: Suatu Pengantar (1988), berpendapat  bahwa interaksi sosial adalah proses sosial yang berkaitan dengan cara berhubungan antara individu dan kelompok untuk membangun sistem dalam hubungan sosial.

Baca juga: Interaksi Sosial: Pengertian, Syarat, Ciri, Jenis, dan Faktornya

Ciri-ciri interaksi sosial

Ciri-ciri interaksi sosial, yaitu sebagai berikut:

Syarat terjadinya interaksi sosial

Terjadinya interaksi sosial harus memenuhi syarat terjadinya interaksi sosial yaitu kontak sosial dan komunikasi. Penjelasannya sebagai berikut: 

Kontak Sosial

Dalam pengertian sosiologi, kontak sosial tidak hanya interaksi melalui tatap muka saja namun adapun melakukan kontak tanpa bertemu langsung seperti informasi melalui, radio, telepon bahkan surat elektronik.

Baca juga: Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Kontak sosial dibagi menjadi dua:

Komunikasi

Dalam interaksi sosial, komunikasi merupakan hal yang sangat penting dengan maksud adanya saling mengungkapkan perilaku entah itu dalam berbicara, sikap bahkan gesture untuk menyampaikan pesan.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi