Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelainan Bentuk Kaki pada Manusia

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
Kaki manusia
Editor: Silmi Nurul Utami

Oleh: M. Faisal, Guru SDN 214/IX Bukit Jaya, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Idealnya, bentuk tulang kaki manusia adalah lurus, sejajar, dan sama panjang. Namun, dapat terjadi kelainan bentuk kaki pada manusia karena faktor-faktor tertentu. 

Kelainan tulang kaki pada manusia dapat berupa tungkai kaki pendek, berbentuk O atau X, bone defect, pseudoarthrosis, malunion fracture, dan tungkai kaki yang tidak sama panjang.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut adalah penjelasannya:

Kelainan pendeknya tungkai kaki

Kelainan pendeknya tungkai kaki atau kelainan bentuk tungkai kaki dan lengan, disebabkan oleh kelainan bawaan seperti skeletal displasia, hemimelia, limb deficiency, hemihipertrophi, radial club hand, multiple hereditary exostoses, oliers disease, dan osteogenesis imperfecta. 

Penjelasan di antaranya: 

Displasia skeletal adalah istilah medis untuk banyak gangguan pertumbuhan tulang dan tulang rawan pada anak.

Baca juga: Tulang Rawan: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Kondisi sel prakanker skeletal terjadi karena adanya mutasi genetik atau cacat pada gen tertentu yang kemudian menyebabkan perbedaan ukuran dan bentuk kaki, lengan, batang, atau tengkorak yang tidak normal.

Tibial Hemimelia adalah kondisi di mana seseorang kehilangan sebagian atau seluruh tibia. Seperti diketahui manusia memiliki dua tulang panjang di kaki bagian bawah.

Bagian tebal disebut dengan tibia sementara bagian tipis disebut fibula. Pada orang yang mengalami tibial hemimelia, fibula tetap ada.

Salah satu contoh kelainan lahir ini adalah hemihipertrofi, yakni keadaan ketika ukuran tubuh sebelah lebih besar dibandingkan bagian tubuh sebelahnya.

Baca juga: Contoh Organ Tubuh yang Tersusun dari Tulang Rawan

Radial Club Hand merupakan suatu kondisi di mana tulang radius tidak terbentuk secara sempurna sejak di dalam kandungan bisa disebut juga radial dyspalsia.

Kejadian Radial Club Hand terjadi oleh karena beberapa faktor risiko yaitu tekanan intrauterine, infeksi, defisiensi nutrisi selama kehamilan, radiasi serta efek samping obat. 

Hereditary multiple exostoses merupakan penyakit pada tulang akibat kelainan genetik. Terjadi pada masa purbetas atau masa di mana saat pertumbuhan tulang.

Terjadi pertumbuhan tulang tidak normal yang bersifat jinak di mana umumnya mengenai tulang bagian paha, betis dan lengan. 

Baca juga: Proses Pembentukan Tulang Manusia

Kaki berbentuk O atau X

Kelainan tulang pada manusia adalah tungkai kaki yang berbentuk huruf O atau X.

Bentuk kaki yang O atau X ini terjadi karena adanya defisiensi zat gizi seperti defisiensi vitamin D atau rickets, atau adanya gangguan hormonal seperti hiperparatiroid.

Sementara itu, kelainan kaki O jenis tibia vara disebabkan oleh blount disease. Penyakit Blount merupakan penyakit epifisis proksimal tibia patologis yang menyebabkan tibia melengkung pada anak–anak.

Bone defect

Bone defect adalah hilangnya sebagian segmen tulang karena infeksi, tumor, maupun patah tulang yang berat.

Baca juga: Fungsi Tulang dan Otot pada Manusia

Ini merupakan suatu kondisi serius yang muncul setelah proses patalogis yang telah merusak komponen vital tulang.

Pasien yang mengalami bone defect memiliki potensi kekurangan atau hilangnya jaringan tulang yang akan memengaruhi fungsi tulang dalam menopang tubuh. 

Pseudoarthoris

Pseudoarthrosis merupakan kegagalan tulang belakang untuk menyatu. Sehingga, terjadi pembentukan sendi palsu atau berbelok ke arah yang salah.

Kondisi ini bisa jadi akibat bawaan sejak lahir atau cedera yang menyebabkan patah tulang sehingga tulang menjadi sulit menyambung. 

Malunion fracture Jenis kelainan tulang berikutnya adalah Malunion fracture, merupakan kelainan bentuk tulang akibat penyambungan patah tulang yang tidak sesuai, sehingga berbentuk bengkok, memutar, ataupun menjadi lebih pendek.

Baca juga: Tulang Pipih: Struktur, Fungsi, dan Daftar Tulang Pipih

Malunion fracture juga bisa menggambarkan keadaan tulang patah yang telah mengalami penyatuan dengan fragmen fraktur berada dalam posisi tidak normal (posisi buruk). 

Ukuran tungkai kaki yang tidak sama panjang

Kedua tungkai kaki yang tidak sama panjang disebut juga dengan leg length discrepancy.

Kondisi ini bisa disebabkan patah tulang, luka parah dan ada pula pada kondisi tertentu kelainan ini bisa juga disebabkan oleh kelainan bawaan saat lahir. 

Diagnosis kelainan tulang Dengan begitu banyaknya kelainan tulang, diperlukan diagnosis yang akurat sebelum menentukan penanganan yang tepat. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi