Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelompokan Sumber Daya Alam Mineral dan Macam-Macamnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS/DWI BAYU RADIUS
Ilustrasi tambang batu bara
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Jumlah sumber daya yang ada di permukaan Bumi sangat terbatas. Selain itu, proses pembentukan dan pemulihannya juga butuh waktu lama.

Oleh sebab itu, pemanfaatan sumber daya alam mineral harus digunakan dengan efektif dan efisien. Sumber daya mineral atau mineral resource adalah endapan mineral dan dapat dimanfaatkan secara nyata.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelompokan sumber daya mineral

Penggolongan bahan-bahan galian energi alam mineral didasari pada beberapa hal, seperti nilai strategis bahan galian terhadap suatu negara, adanya bahan galian dalam alam atau genese, penggunaan bahan galian bagi industri, adanya pengaruh terhadap kehidupan masyarakat luas, serta adanya kesempatan pengembangan pengusaha.

Berdasarkan Undang-Undang No 11 tahun 1967, Departemen Pertambangan dan Energi kelompok mineral menjadi tiga jenis. Di antaranya mineral strategic, mineral vital, dan mineral lainnya.

Baca juga: Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui

Berikut penjelasannya: 

Kelompok mineral strategic 

Kelompok mineral strategic ini hanya bisa ditambang oleh pemerintah. Namun demikian, perusahaan domestik dan asing masih bisa melaksanakan joint venture atau patungan dengan perusahaan pemerintah. Hal itu berdasarkan kontrak karya atau biasa disebut persetujuan kerja sama.

Kelompok mineral strategic meliputi:

Kelompok mineral vital

Kelompok mineral vital ini bisa ditambang oleh pihak-pihak seperti BUMN, perusahaan swasta, koperasi ataupun secara perorangan.

Namun, perusahaan swasta asing hanya bisa berperan sebagai kontraktor pemerintah atau anggota minoritas di perusahaan nasional.

Meskipun begitu, perusahaan asing tetap boleh menjalankan eksplorasi melalui pemegang izin swasta Indonesia. Kelompok ini meliputi:

Baca juga: 4 Cara Pencegahan Kelangkaan Sumber Daya

Kelompok mineral lainnya

Sementara itu, kelompok mineral lainnya hanya bisa ditambang oleh perusahaan swasta nasional. Lantas, bagaimana perananan perusahaan asing?

Mereka masih bisa mengadakan kontrak pembelian mineral. Kelompok mineral lainnya meliputi gamping, tanah liat, gips, fosfat, nitrat, asbestos, mika, granit, magnesit, jarosit, leusit, dan banyak lagi.

Berdasarkan bahan galiannya, sumber energi alam mineral dibagi menjadi tiga, di antaranya:

Baca juga: 5 Jenis Sumber Daya Modal dan Contohnya

Macam-macam sumber daya alam mineral

Beberapa macam sumber daya alam mineral, sebagai berikut:  

  • Sumber Daya Mineral Hipotetik (Hypothetical Mineral Resource) 

Kualitas dan kuantitas dari sumber daya mineral hipotetik (hypothetical mineral resource) didapatkan berdasarkan perkiraan di tahap survei tinjau.

  • Sumber Daya Mineral Tereka (Inferred Mineral Resource) 

Kualitas dan kuantitas dari sumber daya mineral tereka (inferred mineral resource) didapatkan berdasarkan hasil dari tahap prospeksi. 

  • Sumber Daya Mineral Terunjuk (Indicated Mineral Resource) 

Kualitas dan kuantitas dari sumber daya mineral terunjuk (indicated mineral resource) didapatkan berdasarkan hasil dari tahap eksplorasi umum.

  • Sumber Daya Mineral Terukur (Measured Mineral Resource) 

Kualitas dan kuantitas dari sumber daya mineral terukur (measured mineral resource) didapatkan berdasarkan hasil dari tahap eksplorasi rinci.

Baca juga: Macam-macam Sumber Daya Alam Berdasarkan Klasifikasinya

  •  Sumber Daya Mineral Pra Kelayakan (Pre Feasibility Mineral Resource) 

Sumber daya mineral pra kelayakan (pre feasibility mineral resource) merupakan sumber daya mineral yang memiliki potensi ekonomi dari hasil studi pra kelayakan. Hal ini biasanya dilakukan di daerah eksplorasi rinci serta eksplorasi umum.

  •  Sumber Daya Mineral Kelayakan (feasibility mineral resource) 

Sumber daya mineral kelayakan (feasibility mineral resource) merupakan sumber daya mineral yang yang memiliki potensi ekonomi dari hasil studi kelayakan. Dengan kata lain, kegiatan penambangan dilakukan di daerah eksplorasi rinci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi