Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wawasan Nusantara: Fungsi, Asas, dan Implementasi

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi wawasan nusantara
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Wawasan Nusantara merupakan cara pandang terhadap bangsa dengan tujuan menjaga persatuan dan kesatuan, yang diwujudkan dengan mengutamakan kepentingan nasional dibanding kepentingan pribadi, kelompok atau golongan tertentu.

Dikutip dalam buku Wawasan Nusantara (2020) oleh Sri Widayati menyatakan, wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia, tentang jati diri dan lingkungan yang mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa, serta kesatuan wilayah demi tercapainya tujuan nasional.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Wawasan Nusantara

Jika mengacu pada pengertian wawasan nusantara, fungsi utama dari wawasan nusantara yaitu sebagai panduan, pedoman, acuan bagi bangsa Indonesia dalam bernegara.

Fungsi wawasan nusantara sendiri terbagi lagi ke dalam empat kategori, yaitu:

Mengarah pada pandangan geopolitik Negara Indonesia. Pandangan tersebut mencakup tanah air serta segenap wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Baca juga: Pentingnya Wawasan Nusantara bagi Bangsa Indonesia 

Termasuk pemahaman mengenai batas wilayah Indonesia agar terhindar dari potensi sengketa dengan negara lain.

Dengan beberapa unsur di dalamnya, seperti sosial politik, kesatuan politik, pertahanan serta keamanan negara, ekonomi, dan sosial ekonomi.

Konsep ketahanan sosial yang memegang peranan penting dalam perencanaan pembangunan, kewilayahan, serta pertahanan keamanan nasional.

Asas Wawasan Nusantara

Asas wawasan nusantara merupakan kaidah atau ketentuan dasar yang wajib dipatuhi, dilakukan, serta dijaga oleh seluruh elemen masyarakat agar tercipta perdamaian serta keseimbangan di Indonesia.

Secara keseluruhan ada enam asas wawasan nusantara, di antaranya:

Indonesia merupakan negara yang terbentuk atas masyarakat plural. Untuk mencapai integrasi, nasional semua masyarakat harus mengedepankan sikap tenggang rasa. Sikap tenggang rasa merupakan bentuk pelaksanaan asas Wawasan Nusantara , yaitu solidaritas.

Solidaritas adalah perasaan emosional dan moral yang terbentuk pada hubungan antar individu atau kelompok berdasarkan rasa saling percaya, kesamaan tujuan dan cita-cita, adanya kesetiakawanan dan rasa sepenanggungan.

Kejujuran dalam berpikir serta bertindak menjadi sebuah asas wawasan nusantara yang sangat penting. Berani berpikir dan bertindak hanya yang sesuai dengan fakta serta kenyataan, wajib dilakukan demi tercapainya kemajuan.

Baca juga: Pencetus Konsep Wawasan Nusantara, Asas, dan Tujuannya

Mempunyai tujuan serta kepentingan yang sama. Sebagai contoh, di masa kemerdekaan saat semua rakyat Indonesia melakukan berjuang bersama-sama mengusir para penjajah.

  • Asas keadilan

Seluruh elemen masyarakat mempunyai hak yang sama dalam mendapatkan keadilan dan mewujudkan tujuan serta cita-cita nasional tidak boleh merugikan pihak tertentu maupun mengutamakan kepentingan kelompok atau golongan sendiri. Hal ini berlaku dalam segala aspek kehidupan bernegara, baik keadilan secara hukum, ekonomi, politik, serta sosial.

  • Asas kerja sama

Dengan adanya kesadaran pada tujuan serta kepentingan yang sama akan menciptakan kerja sama antar elemen masyarakat. Kerja sama serta koordinasi tersebut dapat dilaksanakan atas dasar kesetaraan agar terciptanya efektivitas dalam mencapai tujuan bersama.

  • Asas kesetiaan 

Asas kesetiaan berhubungan dengan kesetiaan terhadap kesepakatan bersama mengenai bangsa Indonesia. Kesepatan bersama itu meliputi kesepakatan yang mulai dirintis Budi Oetomo tahun 1908, Sumpah Pemuda tahun 1928, dan Proklamasi Kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. 

Kesetiaan ini penting dan menjadi tonggak utama terciptakanya persatuan dan kesatuan dalam kebinekaan. Bila goyah, dipastikan persatuan dan kesatuan akan hancur. 

Baca juga: Pengertian Wawasan Nusantara dan Peran Pentingnya

Implementasi Wawasan Nusantara

Penerapan nyata wawasan nusantara dapat dilakukan melalui cara berpikir, bersikap, bahkan berucap.

Contoh penerapan wawasan nusantara sendiri dimulai dari menjadikan Pancasila sebagai falsafah dan pedoman hidup bernegara serta bermasyarakat.

Berikut penerapan wawasan Nusantara dan Tantangan yang dihadapi dalam perwujudannya di berbagai bidang:

  • Implementasi di bidang pertahanan dan keamanan 

Implementasi wawasan nusantara di bidang pertahanan dilakukan dengan membentuk sikap dan kedisiplinan diri dalam membela Tanah Air, serta melaporkan segala hal yang mengganggu keamanan pada aparat yang berwenang, meningkatkan rasa persatuan serta solidaritas baik dalam satu daerah yang sama atau daerah yang berbeda. Terakhir membangun sarana serta prasarana bagi kegiatan atau aktivitas pengamanan wilayah Indonesia.

Baca juga: Contoh Penerapan Wawasan Nusantara dalam Kehidupan Sehari-hari

  • Implementasi di bidang politik

Implementasinya ada dalam Pelaksanaan kehidupan berpolitik Indonesia. Terdapat juga dalam Undang-Undang, misalnya UU Partai Politik, dan UU Pemilu.

Implementasi wawasan nusantara di bidang politik juga dimaksudkan untuk menciptakan pemerintahan yang kuat, bersih, dan dapat dipercaya oleh masyarakatnya.

Contoh implementasi wawasan nusantara di bidang politik yakni:

    1. Menjalankan komitmen politik pada lembaga pemerintahan serta partai politik dalam rangka meningkatkan persatuan serta kesatuan bangsa.
    2. Keikutsertaan Indonesia di dalam politik luar negeri, dan memperkuat korps diplomatik untuk menjaga seluruh wilayah Indonesia.
    3. Pelaksanaan Pemilu dengan sistem demokrasi yang menjunjung tinggi keadilan.
    4. Mengembangkan sikap pluralisme dan HAM untuk mempersatukan keberagaman di Indonesia
  • Implementasi di bidang ekonomi

Implementasi wawasan nusantara di bidang ekonomi terdapat pada pemanfaatan kekayaan alam di indonesia sambil menjaga kelestarian lingkungan hidupnya. Kekayaan dan letak geografis Indonesia yang strategis dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk perekonomian negara.

Baca juga: Makna Kata Wawasan Nusantara

  • Implementasi di bidang sosial

Implementasi wawasan nusantara di bidang sosial berada pada saling menghargai dan menghormati setiap perbedaan atau keragaman yang ada di Tanah Air. Mulai dari perbedaan, suku, ras, agama hingga budaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi