Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bagian-bagian Hidung Manusia

Baca di App
Lihat Foto
med.libretexts.org
Hidung manusia
Editor: Silmi Nurul Utami

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Hidung merupakan bagian yang penting yang dimiliki oleh setiap manusia, karena hidung memiliki fungsi sebagai organ pernapasan dan juga sebagai indra penciuman.

Sebagai bagian tubuh yang terluar, hidung secara langsung akan bersentuhan dengan berbagai macam gas atau udara yang akan diterima dan masuk ke dalam tubuh manusia.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oleh karena itu, fungsi hidung didefinisikan sebagai tempat penyaringan udara yang masuk ke dalam tubuh manusia, penyaringan udara ini dilakukan agar tubuh dapat menerima udara yang baik bagi tubuh.

Hidung memiliki bagian-bagian mulai dari yang terluar hingga ke bagian dalam. 

Bagian-bagian hidung terdiri dari lubang hidung, septum, bulu hidung, rongga hidung, sinus hidung, saraf hidung, tulang rawan, dan saluran hidung. 

Berikut penjelasannya: 

Baca juga: Organ berpasangan: Pengertian dan Contohnya pada Tubuh Manusia

Lubang hidung

Lubang hidung yang terdapat pada manusia ada dua buah lubang dan keduanya berfungsi sebagai pelindung hidung dari ancaman yang datang dari luar.

Kemudian lubang hidung juga berperan sebagai penentu ukuran sesuatu yang dapat masuk ke dalam hidung dan lubang hidung juga langsung berkaitan dengan rongga hidung.

Septum

Septum merupakan pemisah yang ada di antara kedua lubang hidung, septum terdiri dari tulang rawan dan dinding.

Dinding septum dilapisi dengan lendir serta memiliki pembuluh darah di dalamnya yang berguna untuk melembabkan dan mengatur suhu udara yang masuk melalui hidung.

Baca juga: Mengenal Organ Pernapasan Manusia dan Fungsinya

Bulu hidung

Bulu hidung merupakan bagian yang terdiri dari rambut-rambut halus yang memiliki fungsi sebagai penyaring udara yang masuk.

Hidung sebagai tempat masuknya udara maka akan dengan mudah masuk berbagai macam udara, seperti udara yang bersih maupun tidak.

Bulu hidung berfungsi untuk menahan kotoran dari udara yang masuk agar tidak dapat masuk ke organ pernapasan lain di dalam tubuh.

Rongga hidung

Rongga hidung terletak pada bagian belakang cuping hidung dan berperan sebagai saluran pembersih utama bagi udara yang masuk menuju paru-paru. Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan silia (rambut halus). 

Baca juga: Konka: Pengertian dan Fungsinya pada Hidung Manusia

Rongga hidung juga memiliki peran untuk melanjutkan udara yang masuk dan mengarah ke tenggorokan.

Selain itu, rongga hidung juga berfungsi sebagai penjaga kelembaban suhu, dan tekanan udara.

Sinus hidung

Sinus adalah bagian yang berbentuk rongga dan terletak di sekitar hidung. Manusia memiliki sinus paranasal yang terdiri atas empat pasang sinus hidung yang semuanya akan berakhir pada rongga hidung. 

Keempat bagian sinus tersebut adalah sinus maksilaris (di tulang pipi), sinus frontalis (di tengah dahi), sinus ethmoidalis (di antara mata), dan sinus sphenoidalis (di belakang rongga).

Sinus hidung berperan sebagai pelembab dan penyaring udara, menjaga pertukaran udara di daerah hidung, memaksimalkan kualitas udara, dan memproduksi lendir yang mengalir di dalam hidung.

Baca juga: Tulang-tulang Penyusun Rangka Kepala

Saraf hidung

Saraf hidung juga disebut sebagai olfaktori merupakan salah satu bagian dari saraf kranial yang berhubungan langsung dengan otak.

Sebagai saraf kranial, saraf pada hidung ini berfungsi sebagai reseptor utama dalam indra penciuman, serta saraf ini juga berperan sebagai penerima rangsangan aroma yang terbawa bersama dengan udara yang dihirup.

Fungsi dari syarat ini juga berhubungan dengan rasa makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh tubuh.

Tulang rawan hidung

Tulang rawan merupakan tulang yang membentuk hidung itu sendiri. Tulang rawan hidung merupakan bagian yang elastis dan kuat yang juga membentuk bagian ujung hidung serta menyusun bentuk hidung.

Baca juga: Tulang Rawan: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Saluran hidung (Nasofaring)

Bagian saluran hidung merupakan bagian yang sangat penting dalam siklus sistem pernapasan tubuh manusia. Karena bagian ini merupakan bagian penghubung antara hidung dengan tenggorokan. 

Di dalam nasofaring terdapat tuba eustachius (saluran penghubung telinga dan tenggorokan) dan tonsil adenoid. Nasofaring berfungsi sebagai pengatur tekanan udara serta pelindung dari infeksi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi