Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Bentuk Energi yang Bermanfaat dalam Kehidupan Manusia

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Delapan bentuk energi yang bermanfaat dalam kehidupan manusia, antara lain energi cahaya, energi bunyi, energi gerak, dan energi kimia.
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha, meliputi bagaimana sesuatu atau seseorang berbuat, menghasilkan, atau bekerja.

Sering kali energi disebut tenaga. Kita dapat berjalan, berlari, menulis, dan melakukan aktivitas lainnya karena memiliki energi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setidaknya ada delapan bentuk energi yang bermanfaat dalam kehidupan manusia, yaitu:

Energi kinetik

Adalah energi yang dimiliki suatu benda karena geraknya. Energi kinetik suatu benda bergantung pada laju dan massanya.

Sebagai contoh, mobil yang diam di tempat parkir tidak memiliki energi kinetik, karena tidak mempunyai kelajuan. Mobil tersebut mulai mempunyai energi kinetik ketika bergerak.

Energi kinetik (Ek) suatu benda dihitung dalam satuan Joule, dengan persamaan Ek=1/2m.v².

Adapun m adalah massa benda dalam satuan kilo, dan v merupakan kelajuan dalam satuan meter per detik. Makin besar kecepatan sebuah benda, kian besar pula energi kinetiknya.

Baca juga: Energi Gerak: Pengertian dan Jenis-jenisnya

Energi potensial

Adalah energi yang dimiliki suatu benda akibat pengaruh tempat atau kedudukan benda tersebut.

Energi potensial disebut juga energi diam, karena benda dalam posisi diam dapat memiliki energi. Jika bergerak, benda tersebut perubahan energi potensial menjadi energi gerak.

Energi listrik

Adalah energi yang dimiliki benda karena adanya arus listrik. Energi listrik dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia,seperti menyalakan lampu, radio dan komputer.

Sumber utama energi listrik adalah pembangkit tenaga listrik. Setelah dihasilkan lewat pembangkit tenaga, arus listrik kemudian disebarkan ke pemukiman, rumah sakit, dan kawasan industri.

Energi cahaya

Dihasilkan oleh benda yang memancarkan cahaya, seperti lampu, api, dan matahari. Sumber energi cahaya terbesar adalah matahari.

Biasanya sinar matahari disimpan dalam bentuk energi listrik atau kalor. Adapun alat yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi listrik adalah sel surya.

Baca juga: 9 Jenis Energi beserta Penjelasannya

Energi bunyi

Berasal dari benda yang bergetar. Partikel udara yang bersentuhan akar bergetar, ketika bendanya digetarkan atau digerakkan.

Getaran benda diteruskan ke seluruh ruangan melalui partikel udara. Sebenarnya, energi bunyi adalah energi gerak yang dimiliki oleh partikel udara yang bergetar. Tanpa partikel tersebut, energi bunyi tidak pernah ada.

Energi kimia

Merupakan energi yang terkandung dalam suatu zat. Energi ini dihasilkan oleh senyawa kimia stabil yang diakibatkan oleh interaksi elektron antarmolekul atau antaratom.

Wujud energi kimia hanya dijumpai dalam alat penyimpanan energi, seperti makanan, baterai, dan bensin.

Energi panas

Adalah energi yang dihasilkan dari panasnya suatu benda. Bentuk energi ini biasa juga disebut kalor. Energi panas terjadi antara dua benda yang berbeda suhunya. Panas bergerak dari daerah bersuhu tinggi ke yang suhunya rendah.

Energi angin

Merupakan bentuk energi yang tersedia di alam. Angin yang bergerak memiliki energi. Bentuk energi ini telah banyak dimanfaatkan manusia sejak dahulu. Misalnya angin digunakan untuk menjalankan perahu layar sejak 3.500 tahun SM.

Baca juga: Energi: Pengertian Menurut Ahli dan Fungsinya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi