Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antonio Santi Giuseppe Meucci, Ilmuwan yang Menemukan Telepon

Baca di App
Lihat Foto
wikimedia.org
Antonio Santi Giuseppe Meucci
Editor: Silmi Nurul Utami

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Kemunculan teknologi tidak bisa dilepaskan dari berbagai macam penelitian dan percobaan yang telah dilakukan oleh para ilmuwan. 

Dari sekian banyak teknologi yang telah diciptakan oleh para ilmuwan, salah satunya adalah teknologi telepon.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkat penemuan telepon itu kita melewati berbagai macam jenis telepon, mulai dari telepon rumah hingga telepon seluler atau handphone. Dengan adanya telepon, kita jadi bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang jauh.

Antonio Santi Giuseppe Meucci

Tanpa penelitian dan percobaan yang dilakukan oleh Antonio Santi Giuseppe Meucci mungkin saja, telepon tidak ada.

Namun, bagi sebagian banyak orang lebih mengetahui bahwa penemu alat komunikasi telepon adalah Alexander Graham Bell.

Baca juga: Penemuan Telepon dan Dampak di Bidang Ekonomi

Antonio Santi Giuseppe Meucci merupakan seorang berkebangsaan Italia yang lahir pada tanggal 13 April 1808 di San Frediano. Meucci merupakan lulusan Akademi Kesenian Firenze.

Ilmuwan berkebangsaan Italia ini bisa dikatakan sebagai penemu dari alat modern yang hingga saat ini digunakan oleh banyak orang, yaitu telepon.

Sebelum bermigrasi bersama istrinya, Meucci bekerja di beberapa perusahaan, salah satunya perusahaan Teatro della Pergola hingga tahun 1835.

Setelah sudah tidak lagi bekerja di Teatro della Pergola, Meucci mulai bekerja di Teatro Tacon in Havana, Kuba.

Setelah bermigrasi dengan istrinya, setiap kehidupan yang dijalaninya selalu dihadiri dengan adanya penelitian dan percobaan terhadap hal-hal baru.

Banyak sekali hal-hal baru yang pernah dicoba Meucci. Meucci merupakan seseorang yang tidak putus asa, sehingga banyak sekali percobaan baru yang dilakukan Meucci dengan penuh semangat. 

Baca juga: Biografi Edwin Hubble, Penemu Hukum Hubble

Percobaan setrum listrik 

Sebelum melakukan penelitian dan percobaan telepon, Antonio Santi Giuseppe Meucci sudah mengembangkan suatu energi listrik.

Pada masa itu, Meucci berhasil melakukan perkembangan terhadap setrum listrik. Setrum listrik yang dikembangkan itu bisa digunakan untuk meringankan dan menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Ternyata, penemuan tentang setrum listrik itu sangat disukai oleh banyak orang, sehingga nama Antonio Santi Giuseppe Meucci semakin dikenal oleh banyak orang.

Setelah sukses dengan setrum listrik yang telah ditemukan, Antonio Santi Giuseppe Meucci mulai meneliti dan melakukan percobaan terhadap alat yang dapat membantu manusia untuk berkomunikasi walaupun jaraknya tidak berdekatan.

Baca juga: Biografi Guglielmo Marconi, Sang Penemu Radio

Namun, di tahun 1850, ia harus pindah dari Staten Island, New York. Ketika pindah, keadaannya bisa dikatakan tidak begitu menyenangkan karena Meucci jatuh miskin.

Meskipun, jatuh miskin, tetapi penelitian dan percobaannya terhadap alat komunikasi telepon, tetap terus dilakukan.

Bukan hanya jatuh miskin, Antonio juga menderita suatu penyakit yang cukup keras. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, Meucci terpaksa harus menjual barang-barang yang telah dimilikinya.

Barang-barang yang dijual bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, tetapi juga digunakan untuk pengobatan Antonio Santi Giuseppe Meucci.

Dengan segala perjuangan untuk bertahan hidup, Antonio Santi Giuseppe Meucci berhasil sembuh dari penyakit yang dideritanya.

Baca juga: Mengenal Peter Henlein, Penemu Jam Mekanik

Kemudian, Meucci kembali bekerja untuk melakukan penelitian dan percobaan demi keberhasilan telepon. Meucci sangat berkeinginan untuk menyelesaikan apa yang telah dikerjakan.

Berhasil menemukan telepon

Setelah itu, Antonio Santi Giuseppe Meucci berhasil menemukan alat komunikasi telepon pada tahun 1849 untuk pertama kalinya.

Kurang lebih sekitar 20 tahun kemudian, Meucci mematenkan hasil temuannya atau lebih tepatnya pada tahun 1871 penemuannya dipatenkan.

Namun, hak paten atas temuannya hanya bisa dibayarkan selama satu tahun saja. Hal ini dikarenakan, Meucci tidak mampu untuk membayar hak paten untuk tahun-tahun berikutnya.

Tak pernah menyerah untuk bisa memperpanjang hak patennya, Antonio Santi Giuseppe Meucci mulai melakukan demonstrasi atau memperkenalkan hasil temuannya, yaitu telepon kepada sebuah perusahaan telegraf.

Pada masa itu, sudah banyak sekali perusahaan telegraf yang berdiri karena belum ada alat komunikasi jarak jauh yang bisa digunakan. 

Baca juga: Biografi Michael Faraday, Penemu Arus Listrik

Perusahaan telegraf yang menjadi tempat untuk mendemonstrasikan hasil temuan dari Antonio Santi Giuseppe Meucci adalah perusahaan telegraf Western Union.

Akan tetapi, Meucci tidak pernah diberi kesempatan untuk bertemu dengan wakil ketua dari perusahan tersebut yang bernama Edward B. Grant.

Setiap kali ingin diajak bertemu, Edward B. Grant selalu mengatakan bahwa dirinya sibuk dan tidak punya waktu.

Hingga dua tahun setelah melakukan demonstrasi pada perusahaan tersebut ternyata hasil temuan teleponnya dinyatakan telah hilang.

Antonio Santi Giuseppe Meucci yang mendengar informasi itu merasa sangat terpukul dan merasa perjuangannya untuk menjadi penemu telepon sia-sia.

Baca juga: Sosok Thomas Alva Edison, Penemu Lampu Pijar 

Hal yang tidak diduga-duga muncul kabar bahwa Alexander Graham Bell dinyatakan sebagai penemu alat komunikasi telepon.

Antonio Santi Giuseppe Meucci yang mendengar kabar itu kemudian memanggil seorang pengacara. 

Meucci memanggil pengacara untuk memprotes Kantor Paten Amerika Serikat yang telah memberikan pernyataan tentang penemu telepon, Alexander Graham Bell.

Namun, usaha dari Antonio Santi Giuseppe Meucci untuk memanggil pengacara dan memprotes tentang penemu telepon harus gagal karena mengalami kekalahan di persidangan.

Hal yang lebih mengejutkannya lagi bahwa ternyata Alexander Graham Bell telah setuju dengan perjanjiannya yang telah dilakukan dengan perusahaan telegraf Western Union.

Kontrak itu berupa setiap 20 persen keuntungan dari penjualan telepon akan diberikan kepada Western Union.

Baca juga: Profil Singkat John Logie Baird, Penemu Televisi 

Antonio Santi Giuseppe Meucci merasa seperti dikhianati oleh perusahaan telegraf Western Union. Penemu dari telepon itu meninggal dunia pada tanggal 18 Oktober 1889 di usianya yang menginjak 81 tahun.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi