Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunikasi Nonverbal: Definisi dan Fungsi

Baca di App
Lihat Foto
Freepik.com/Jcomp
Ilustrasi komunikasi nonverbal
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Dalam buku Komunikasi Organisasi (1987) karya Gunawan Jiwanto, bentuk komunikasi dapat digolongkan menjadi komunikasi lisan dan tulisan, serta komunikasi verbal dan nonverbal. 

Komunikasi lisan dan tulisan digolongkan berdasarkan bentuk pesan yang disampaikan. Sedangkan komunikasi verbal dan nonverbal dibedakan berdasarkan cara penyampaian pesan tersebut.

Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan bahasa, baik secara langsung maupun tidak langsung. Berbeda dengan komunikasi verbal, komunikasi nonverbal dilakukan menggunakan lambang atau simbol. 

Secara tidak sadar, komunikasi verbal dan nonverbal merupakan dua hal yang berkaitan. Pesan dalam komunikasi disampaikan dengan intonasi bicara dan bahasa yang dapat dimengerti, serta diperjelas dengan penggunaan beberapa lambang atau isyarat sehingga penerima dapat menangkap pesan dengan baik.

Baca juga: Mengapa Komunikasi Nonverbal Sangat Penting?

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunikasi verbal merupakan komunikasi yang lebih nyata dan disadari daripada komunikasi nonverbal, yang terkadang terjadi karena gerakan refleks saat melakukan komunikasi untuk menekankan informasi yang disampaikan.

Lalu, apa itu komunikasi nonverbal?

Definisi komunikasi nonverbal

Nonverbal berasal dari kata "non" yang berarti tidak dan "verbal" artinya kata-kata. Dari kedua kata tersebut, komunikasi nonverbal dapat dimaknai dengan komunikasi tanpa kata-kata.

Dalam buku Understanding Human Communication (1988) karya Adler dan Rodman, makna tersebut dapat menjadi langkah awal untuk membedakan dengan apa yang disebut dengan vocal communication atau komunikasi menggunakan kata-kata.

Oleh karena itu, komunikasi nonverbal dapat didefinisikan sebagai pesan lisan maupun bukan lisan yang dinyatakan melalui alat di luar alat kebahasaan (oral dan non oral).

Terdapat beberapa jenis komunikasi nonverbal, antara lain yaitu :

Baca juga: 7 Karakteristik Komunikasi Nonverbal

Fungsi komunikasi nonverbal

Komunikasi nonverbal dan verbal merupakan dua hal yang berbeda, namun keduanya diperlukan agar komunikasi dilakukan dengan efektif.

Fungsi dari lambang verbal maupun nonverbal adalah untuk memproduksi makna yang komunikatif.

Dikutip dari buku Aplikasi Komunikasi Bisnis (2021) karya Sri Suyanti dan Sandra Aulia Zanny, secara historis, kode nonverbal digunakan sebagai suatu multisaluran ang akan mengubah pesan verbal melalui enam fungsi komunikasi nonverbal, yaitu :

Baca juga: Apa Saja Jenis Komunikasi Nonverbal?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi