Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kondisi Alam dan Penduduk Negara Inggris

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Vanya Karunia Mulia Putri
Ilustrasi kondisi alam dan penduduk negara Inggris
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

Oleh: Rina Kastori, Guru SMPN 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com- Inggris sering juga disebut Britania Raya, United Kingdom, atau England.

Britania Raya atau Great Britain merupakan gabungan beberapa negara, yaitu Inggris (England), Skotlandia, dan Wales.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sementara, United Kingdom (Persatuan Kerajaan) merupakan gabungan dari tiga negara Britania Raya ditambah Irlandia Utara. 

Lokasi negara Inggris

Wikimedia Commons Peta negara Inggris

Inggris terletak pada 500ºLU - 600ºLU dan 80ºBB - 20ºBT. Posisinya berada di Benua Eropa yang secara geografis berbatasan dengan Samudra Atlantik di utara.

Di sebelah barat dengan Irlandia dan Samudra Atlantik. Sementara di sebelah timur dengan Laut Utara, dan Selat English Channel di sebelah selatan.

Luas wilayah Inggris mencapai 243.610 kilometer persegi, meliputi wilayah England, Skotlandia, Wales, Irlandia Utara, dan sejumlah pulau kecil di sekitarnya.

Jarak dari utara sampai selatan wilayah Inggris mencapai 965 kilometer, dan jarak dari timur ke barat mencapai 515 kilometer.

Baca juga: Iklim Negara Inggris

Iklim negara Inggris

Karena posisi lintangnya, Inggris memiliki iklim sedang. Negara yang dikelilingi lautan ini, memiliki iklim laut dengan ciri sejuk dan basah.

Karena itu, hampir sepanjang tahun, Inggris mengalami hari-hari yang sejuk dan dingin. Namun, pantai barat bagian utara Inggris jauh lebih hangat ketimbang wilayah lainnya.

Curah hujan di Inggris relatif merata dengan rata- rata tahunan mencapai 1.000 milimeter/ per tahun.

Pantai barat memperoleh curah hujan lebih tinggi dari pantai timurnya, namun curah hujan paling tinggi berada di pegunungan.

Posisinya yang berada dekat Samudra Atlantik dan adanya arus Atlantik utara, membuat pesisir barat Inggris lebih sejuk dan basah dibanding pesisir timurnya.

Bentuk muka bumi Inggris

Jika dilihat dari reliefnya, wilayah Inggris terbagi menjadi dua bagian, yaitu wilayah yang bergunung-gunung di bagian utara, dan dataran rendah yang bergelombang di timur dan selatan.

Baca juga: Kondisi Geografis Inggris

Perbedaan relief ini menunjukkan adanya perbedaan usia batuan. Batuan yang berusia lebih tua berada di barat dan utara, sedangkan batuan yang lebih muda ada di timur dan selatan.

Kondisi geologis Inggris

Inggris memiliki sumber daya geologi yang beragam, termasuk batu bara yang sangat mendukung revolusi industri di negara ini.

Selain itu, Inggris juga memiliki sumber daya minyak bumi dan gas yang memasok kebutuhan energinya selama abad ke-20.

Energi panas bumi juga dimiliki Inggris dalam jumlah terbatas. Beberapa sumber daya mineral yang tersedia, antara lain pasir dan kerikil untuk bangunan, logam, serta lempung.

Flora dan fauna di Inggris

Kegiatan pertanian dan industri di Inggris telah mengurangi luas area hutan alami. Akibatnya, sebagian flora dan fauna di Inggris telah berkurang populasinya, bahkan beberapa di antaranya punah.

Flora yang dapat dijumpai di Inggris adalah pohon ek dan elm, horse chestnut, spruce Norwegia, larch Jepang, dan fir Douglas.

Sementara fauna yang masih banyak dijumpai adalah rusa merah Skotlandia, dan sekitar 400 burung termasuk rajawali emas dari Skotlandia, dan belibis merah khas dari Inggris.

Baca juga: Fauna Mayoritas yang Terdapat di Inggris

Kondisi penduduk Inggris

Angka pertumbuhan penduduk Inggris hanya 0,4 persen, tergolong rendah. Sebagian besar  warganya tinggal di daerah perkotaan.

Kota London sebagai ibu kota negara, dihuni sekitar 12 persen penduduk Inggris, sementara daerah bagian utara, seperti Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara penduduknya jarang.

Penduduk asli Inggris terdiri atas dua kelompok, yaitu bangsa Kelt (Skotlandia, Irlandia, dan Wales) dan bangsa Jerman (Anglo, Saxon, Jute, Denmark, dan Norman). 

Bahasa yang digunakan secara resmi adalah bahasa Inggris. Sebagian besar penduduknya beragama Kristen, dan sisanya pemeluk Islam, Yahudi, Hindu, Sikh, dan tidak beragama (ateis).

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi