Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prinsip Kerja Sama ASEAN dan Manfaatnya bagi Indonesia

Baca di App
Lihat Foto
Freepikcom/Freepik
Ilustrasi letak ASEAN secara astronomis dan geografis
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Indonesia merupakan salah satu negara pelopor berdirinya ASEAN pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, bersama dengan empat wakil lainnya dari Negara Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Prinsip kerja sama ASEAN

Setiap anggota ASEAN dalam melakukan kerja sama memiliki prinsip-prinsip yang harus dipegang. Berikut ini prinsip-prinsip kerja sama ASEAN:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Latar Belakang Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan Tujuannya

Manfaat kerja sama ASEAN bagi Indonesia

Setiap anggota ASEAN pasti selalu mendapatkan manfaat dari hasil kerja sama antaranggota begitu juga Indonesia. Berikut manfaat berbagai kerja sama ASEAN bagi Negara Indonesia, yaitu:

Manfaat pertama yang dirasakan oleh Indonesia terutama masyarakatnya setelah melakukan kerja sama ASEAN adalah bisa meningkatkan atau menumbuhkan kebersamaan antarmasyarakat ASEAN. Dengan kebersamaan itulah setiap masyarakat ASEAN akan berusaha saling menjaga ketentraman.

Kerja sama ASEAN bermanfaat bagi Indonesia terutama dalam meningkatkan rasa aman dan perdamaian dalam negeri dan sesama anggota ASEAN.

Rasa aman dan perdamaian ini bisa membuat kerja sama ASEAN semakin erat, sehingga pertumbuhan ekonomi dan perdagangan antar anggota dapat berjalan dengan optimal.

Dengan melakukan kerja sama ASEAN, Indonesia bisa ikut serta dalam membantu anggota ASEAN yang sedang mengalami kesulitan. Dengan melakukan hal itu, maka Indonesia juga mendapatkan bantuan dari anggota ASEAN lainnya pada saat kesulitan.

Baca juga: Bentuk Kerja Sama ASEAN di Sektor Ekonomi, Cadangan Pangan, dan Ekonomi Pariwisata

Setiap negara pasti memiliki kepentingan nasional begitu juga Indonesia. Kepentingan nasional ini harus segera diwujudkan agar suatu negara bisa terus berkembang dan masyarakat pun bisa hidup lebih sejahtera.

Dalam kerja sama ASEAN, Indonesia bisa memperjuangkan kepentingan nasional, sehingga bisa diwujudkan lebih cepat dan tepat.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi