Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moluska: Pengertian, Ciri-ciri, Klasifikasi, dan Struktur Tubuhnya

Baca di App
Lihat Foto
wikimedia.org
Siput, gurita, kerang, dan chiton adalah contoh dari moluska.
Editor: Silmi Nurul Utami

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Filum moluska adalah kelompok hewan yang bertubuh lunak. Sebagian moluska memiliki cangkang untuk melindungi tubuhnya yang lunak, tetapi sebagian lainnya tidak memiliki cangkang. 

Moluska ada yang hidup di air dan ada juga yang di darat. Moluska yang hidup di air bernapas melalui insang, sedangkan yang hidup di darat bernapas melalui rongga-rongga mantel yang memiliki pembuluh darah. Rongga ini berfungsi sebagai paru-paru.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian moluska

Moluska berasal dari bahasa latin "molluscus" yang berarti lunak. Moluska adalah hewan yang memiliki sifat triploblastik selomata, di sisi lain moluska termasuk ke dalam jenis invertebrata yang memiliki tubuh lunak multiseluler.

Jenis ini termasuk ke dalam hewan lunak yang mempunyai cangkang atau yang tidak mempunyai cangkang. Misalnya kerang, siput, cumi-cumi, dan lainnya. 

Baca juga: Filum Mollusca: Ciri-ciri dan Klasifikasinya

Moluska adalah jenis filum terbesar kedua dalam animalia setelah filum Arthropoda. Ada sekitar 75.000 jenis moluska dan 35.000 dalam bentuk fosil.

Moluska dapat hidup di air tawar, laut, payau, atau. Bahkan ada juga moluska yang hidup di berbagai wilayah, bahkan di palung laut yang dalam atau puncak Gunung.

Ciri-ciri moluska

Secara umum moluska memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

Klasifikasi moluska 

Filum moluska diklasifikasikan menjadi beberapa ordo yaitu, Amphineura, Scaphopoda, Gastropoda, Cephalopoda, dan Pelecypoda. Berikut penjelasannya: 

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Filum?

Amphineura

Amphineura adalah jenis moluska yang masih primitif. Amphineura mempunyai tubuh simetris bilateral. Mempunyai beberapa insang di dalam rongga mantelnya. Hidup di sekitar pantai. Contohnya Chinton.

Scaphopoda

Scaphopoda hidup di laut atau di pantai, mempunyai cangkang yang tajam, berbentuk seperti terompet, mempunyai kaki kecil, di kepalanya terdapat beberapa tentakel, dan tidak mempunyai insang. Contohnya Dentalium Vulgare.

Gastropoda

Gastropoda merupakan hewan yang memakai perut sebagai kaki. Hidupnya di darat, air tawar, maupun di laut. Umumnya gastropoda mempunyai cangkang. Contohnya siput.

Baca juga: Estivasi: Hibernasi pada Musim Panas

Cephalopoda

Cephalopoda memakai kepalanya sebagai alat gerak, memiliki endoskeleton, eksoskeleton, atau tanpa keduanya. Tubuhnya simetris bilateral. Tubuhnya terdiri dari kepala, leher dan badan. Contohnya cumi-cumi

Pelecypoda (Bivalvia)

Pelecypoda mempunyai bentuk kaki seperti kapak yang terletak di anterior. Bil valvia merupakan hewan bercangkang yang terdiri atas dua bagian. Mempunyai sistem saraf dan otak yang berkembang baik. Hidup di air tawar dan laut.

Contohnya adalah Meleagrina (kerang mutiara), Anadonta (kijing), Ostrea ( tiram), dan Panope Generosa (kerang raksasa).

Baca juga: Ciri-ciri dan Klasifikasi Filum Coelenterata

Struktur tubuh moluska 

Adapun struktur tubuh moluska yakni terdiri dari kaki, massa viseral, dan mantel. Dengan penjelasan berikut: 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi