Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Orbit Planet Berbentuk Elips?

Baca di App
Lihat Foto
nasa.gov
Planet dalam tata surya yang mengelilingi matahari dalam orbit berbentuk elips.
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Planet-planet dalam tata surya bergerak mengelilingi bumi dalam orbit berbentuk elips bukan lingkaran. Namun, tahukah kamu mengapa orbit planet berbentuk elips?

Orbit planet berbentuk elips karena pengaruh gaya gravitasi dan kelembaman planet. Bentuk orbit planet yang elpis pertama kali dijelaskan oleh seorang matematikawan asal Jerman bernama Johennes Kepler.

Planet mengelilingi matahari dengan kecepatan tertentu. Alasan mengapa planet mengelilingi matahari adalah karena gaya gravitasi matahari yang menarik planet tersebut ke arahnya.

Namun, planet tidak jatuh ke matahari karena memiliki kecepatan. Dilansir dari Science Focus, kecepatan orbit planet memberikan kemampuan menarik dirinya sendiri sedikit dari matahari.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Apakah yang Dimaksud dengan Orbit?

Artinya, kecepatan planet memiliki kelambaman di mana planet cenderung bergerak dalam garis lurus.

Kelembaman planet menarik planet ke arah luar, sedangkan gaya gravitasi matahari menariknya ke arah dalam.

Ketika berada dalam posisi terdekat dengan matahari, kecepatan planet dan gaya gravitasi akan saling tegak lurus.

Dilansir dari NASA Solar System Exploration, titik terdekat dengan matahari disebut dengan perihelion dan planet akan bergerak paling cepat di titik tersebut. Pada saat inilah, planet memiliki kecepatan terbesar untuk menjauhi matahari.

Namun, gaya gravitasi matahari menahan planet untuk menjauh dan menyebabkannya mulai bergerak dalam orbit berbentuk elips.

Baca juga: Mengapa Planet Tidak Saling Bertabrakan?

Dilansir dari Ask an Astronomer, hal tersebut membuat kecepatan planet tidak lagi tegak lurus sempurna terhadap tarikan gravitasi. Sehingga, gravitasi menariknya dan menghilangkan sedikit kecepatannya.

Planet akan terus bergerak menjauhi matahari dalam orbit elips dan sampai pada titik terjauhnya dengan matahari. Titik tersebut dinamakan sebagai aphelion.

Pada aphelion, planet bergerak dalam kecepatan paling lambat. Planet kemudian ditarik ke dalam oleh matahari. Sehingga, kembali mencapai perihelion dan mengulangi orbit elipsnya sekali lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi