Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Cair: Pengertian, Sifat, dan Cirinya

Baca di App
Lihat Foto
Dok. Shutterstock/Lightfield Studios
Ilustrasi air galon mineral
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Sama seperti halnya benda padat dan gas, benda cair juga memiliki sifat-sifat khusus. 

Pada umumnya, benda cair memiliki sifat yang tidak tetap karena molekul penyusunnya bergerak bebas dan terus berubah mengikuti wujud dan bentuk wadahnya. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sifat benda cair 

Beberapa sifat benda cair, yaitu: 

Sifat benda cair yang paling tampak adalah cairannya akan mengikuti bentuk wadah. Benda cair memiliki volume yang tidak tetap sehingga bentuknya pun menjadi tidak tetap mengikuti bentuk wadah yang menampungnya.

Sifat molekul cairan tidak rapat dan padat melainkan renggang, sehingga membuatnya mudah mengalir dan menyesuaikan bentuk wadahnya dengan adanya pengaruh tekanan. 

Contoh benda cair dengan sifat ini adlah air minum dalam gelas, maka bentuk benda cair tersebut akan membentuk benda gelas. 

Baca juga: Contoh Perubahan Benda Padat dalam Kehidupan Sehari-hari

Benda cair akan selalu menempati ruang. Untuk mengetahui bentuk benda cair maka kita harus memberi ruang untuk benda cair tersebut agar tidak meresap ke segala arah.

Hal ini menunjukkan bahwa benda cair selalu membutuhkan wadah atau ruang untuk mempertahankan massanya dalam kondisi tertentu.

Jika benda cair tidak dalam ruang atau wadah maka benda cair itu akan mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah atau meresap ke segala arah, alias menghilangkan massanya.  

Meskipun benda cair mengikuti bentuk wadahnya dan selalu membutuhkan ruang, namuan benda ini juga memiliki massa atau berat. Massa benda cair dipengaruhi oleh bentuk material yang ada di dalam cairan tersebut dan tekanan kerapatan dari molekulnya. 

Massa benda cair biasanya menggunakan ukuran cc, milliliter, liter, dan seterusnya. Untuk menghitung massa benda cair tentu harus dilepaskan dari massa ruang yang menempatinya atau wadahnya yang biasanya berasal dari benda padat yang juga memiliki massa tersendiri.

Biasanya untuk mengukur massa cairan bisa melalui ukuran di dalam wadahnya, sehingga massa wadahnya tidak terhitung.  

Karena benda cair selalu menempati ruang, maka benda cair tersebut dapat bergerak bebas jika berada di ruang atau tempat yang tidak datar atau diam.

Bergerak bebasnya benda cair akan selalu mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang lebih rendah. Benda cair memiliki tekanan menyesuaikan dengan gravitasi bumi sehingga selalu menuju tempat yang lebih rendah. 

Baca juga: Benda Padat: Pengertian, Sifat, dan Ciri-cirinya

  • Dapat melarutkan suatu zat tertentu 

Sifat benda cair yang berbeda dengan benda lainnya adalah dapat melarutkan zat tertentu dalam benda cair itu sendiri.

Sifatnya yang bisa melarutkan zat tertentu akan mengubah benda cair tersebut dengan beberapa gejala perubahan, seperti perubahan warna, rasa, dan mengeluarkan aroma atau bau tertentu.

Sifat melarutkan ini bisa terjadi karena proses perubahan kimia sehingga larut seutuhnya atau perubahan fisika yang tidak bisa larut seutuhnya. 

Misalnya, pada air hangat yang dicampur dengan gula, maka akan berubah menjadi manis. Kemudian saat dilarutkan lagi dengan bubuk kopi maka akan berubah warna dan menimbulkan aroma kopi. 

Hal tersebut membuktikan bahwa air hangat dapat melarutkan gula dan bubuk kopi menjadi satu benda cair lainnya dengan menambahkan unsur kimia yang baru. 

  • Dapat meresap melalui celah kecil 

Benda cair bisa meresap melalui celah-celah kecil karena benda ini memiliki tekanan dan harus menempati ruang atau wadah tertentu.

Jika benda cair berada di ruang yang bercelah atau berpori-pori maka cairan tersebut akan dengan mudah meresap karena molekul dan volumenya yang bisa bergerak bebas. Celah-celah kecil tersebut tetap membuat ruang-ruang yang akan membuat benda cair tertekan ke dalamnya.

Baca juga: 3 Wujud Benda dan Sifatnya

 

  • Permukaan benda cair yang selalu datar

Benda cair akan selalu memiliki permukaan yang datar dalam kondisi diam karena memiliki tekanan untuk membentuk sesuai wadahnya. Jadi bagaimana pun bentuk wadahnya, permukaan benda cair pasti akan selalu datar.

Saat meletakan air dalam baskom yang cekung maka permukaan air dalam baskom tersebut tetap datar, tidak mungking ikut melengkung atau bergelombang.

Jika permukaan air bergelombang seperti di laut atau sungai, hal itu karena air mengalami tekanan untuk menuju ke segala arah, sehingga mengakibatkan air terus bergerak dan tidak dalam kondisi tenang atau diam. 

Ciri-ciri benda cair 

Berikut ini ciri-ciri benda cair yang perlu diketahui: 

  • Bentuk benda cair selalu berubah mengikuti bentuk wadahnya
  • Benda cair memiliki massa tertentu 
  • Permukaan benda cair tenang dan akan selalu datar
  • Bisa melarutkan suatu zat tertentu yang lain 

Baca juga: Contoh Benda yang Menggunakan Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi