Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Gas: Pengertian, Sifat, dan Ciri-cirinya

Baca di App
Lihat Foto
britannica.com
Ilustrasi pemuaian zat padat, cair, dan gas
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Gas adalah salah satu fasa benda yang banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Gas merupakan bentuk dan wujud zat yang memiliki volume serta bentuk yang daoat berubah-ubah sesuai wadahnya, meskipun sulit dilihat dengan mata telanjang manusia. 

Selain tidak bisa dilihat, benda gas juga tidak bisa dipegang layaknya benda padat dan benda cair. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sifat-sifat benda gas 

Berikut sifat-sifat benda gas, adalah: 

Udara adalah campuran berbagai zat gas yang tidak terlihat, tidak berwarna, dan juga tidak beraroma atau berbau. Namun meskipun demikian udara tetap menempati ruang dan kemudian akan mengikuti bentuk ruang atau wadahnya.

Contohnya saat meniup udara ke dalam balon maka balon akan berubah bentuk menjadi lebih besar karena terisi gas yang menekan lapisan karet balon.

Semakin kuat kita meniupnya, maka semakin banyak pula gas yang masuk ke dalam balon tersebut. Dari balon tersebutlah wujud gas terbentuk dengan menyesuaikan bentuk balon, missal balon berbentuk kepala hewan maka gas akan mengikuti bentuk balon tersebut. 

Baca juga: Contoh Perubahan Benda Padat dalam Kehidupan Sehari-hari

Gas mampu berada di segala tempat sehingga bisa ditemukan di mana-mana, baik di dalam rumah, jalan, atau lingkungan manapun. Bahkan ruang atau tempat kosong sekalipun pasti ada udara atau gasnya.

Sifat benda gas yang ada disegala tempat ini membuktikan bahwa manusia memang sangat bergantung pada keberadaan oksigen. 

Ketika meniup balon, balon akan mengembang dan menjadi besar. Hal ini menandakan bahwa gas dapat menekan ke segala arah pada suatu ruang. 

Hal ini bisa terjadi karena zat gas memiliki molekul yang bisa bergerak bebas dengan mudah sehingga dapat memberi tekanan pada ruangan tertentu pula dari segala arah. Bergeraknya zat gas ke segala arah juga disebabkan unsur kimia zat gas yang lebih ringan di udara. 

Meskipun zat benda gas tidak terlihat keberadaannya, namun ternyata zat gas juga memiliki massa atau berat benda. Massa atau berat zat gas tentu berbeda dengan ukuran massa benda padat dan cair.

Bahkan dalam penghitungan zat gas juga berbeda-beda, misalnya untuk menghitung massa gas karbon dioksida dengan berat kering biomassa dan perhitungan persamaan gas ideal. 

Untuk mengetahui massa zat gas juga dipengaruhi dengan ukuran tekanan, volume dan suhu yang ada disekitar zat tersebut. Massa gas udara di Bumi memiliki komposisi volume kasar dari 68 persen molekul nitrogen, 21 persen molekul oksigen, dan 1 persen gas lainnya, termasuk di dalamnya molekul karbon dioksida. 

Baca juga: Benda Padat: Pengertian, Sifat, dan Ciri-cirinya

Sama halnya dengan benda padat dan cair, benda gas juga memiliki partikel dan molekul unsur penyusunnya, meskipun tingkat kecepatannya berbeda dengan benda padat dan cair.

Dari partikel dan molekul penyusun gas memiliki jarak yang berubah-ubah sehingga membuatnya tidak tetap. Berbeda dengan benda padat dan cair yang partikel dan molekulnya cenderung tetap. 

Jarak partikel pada gas yang berubah-ubah membuat gas menjadi mudah bergerak bebas mengisi segala arah ruangan atau wadah yang kosong sekalipun.

Bahkan dalam benda padat dan cair bisa mengandung zat gas di dalamnya. Hal ini terjadi karena kerapatan partikel dan molekul pada zat gas yang sangat bebas dan renggang. 

  • Susunan partikelnya tidak teratur 

Jika jaraknya yang tidak tetap, maka susunan partikel pada zat gas juga tidak teratur. Susunan partikelnya mudah bergerak sehingga mudah pula berubah, baik menjadi wujud zat lainnya atau hanya pengurangan partikel dan molekulnya saja.

Susunannya yang teratur membuat partikel zat gas bisa dengan mudah berubah massanya atau volumenya. 

Baca juga: 3 Wujud Benda dan Sifatnya

  • Gaya tarik antarpartikel lemah 

Zat benda gas memiliki gaya tarik menarik yang cenderung lemah di antara partikel penyusun zatnya. Bahkan banyak ilmuwan yang mengatakan bahwa gaya tarik menarik di antara partikel zat gas hampir tidak ada sedikitpun.

Hal tersebut bisa terjadi unsur partikel yang menyusun zat gas sangat ringan dan tidak beraturan, sehingga mudah membuatnya tidak tetap. Akibatnya gaya di antara partikel zat gas nya pun menjadi tidak ada.  

  • Gerakan partikel sangat bebas 

Sifat benda gas yang bisa bergerak dengan bebas sebenarnya dipengaruhi dengan sifat-sifat benda gas lainnya. Yakni partikelnya yang tidak tetap dan tersusun tidak beraturan sehingga memudahkannya untuk bergerak bebas ke segala arah mengisi semua ruang yang kosong.

Zat gas bisa menjadi media perambatan dari energy tertentu, seperti energi bunyi, cahaya, dan energi panas.

Zat gas yang mudah bergerak bebas membuat banyak energi bisa muncul atau tercipta dengan mudah.

Kita bisa membuktikan sifat benda gas yang bergerak bebas pada hembusan angin yang terjadi secara alami, di mana gas bergerak secara tidak beraturan mengikuti tekanan atau suhu pada ruang atau wilayah tertentu.

Meskipun tidak terlihat, kita bahkan bisa merasakan gas yang bergerak kesana-kemari di sekitar kita. 

Baca juga: Contoh Benda yang Menggunakan Gaya Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Ciri-ciri benda gas 

Beberapa ciri-ciri benda gas, di antaranya: 

  • Benda gas dapat bergerak ke segala arah bahkan tanpa campur tangan manusia, alias bisa bergerak secara alami
  • Partikel zat gas bisa menyebar ke segala arah
  • Bentuknya berubah-ubah sesuai dengan tempatnya
  • Volumenya berubah-ubah mengikuti tempatnya
  • Kerapatannya rendah
  • Susunan partikel gas sangat renggang karena gaya tarik antar partikel sangat lemah
  • Benda gas tidak dapat digenggam seperti benda padat, dan sebagian besar gas tidak terlihat.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi