Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Teks Persuasi, Struktur, Ciri-ciri, dan Contohnya 

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi teks persuasi
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Teks persuasi merupakan teks yang berisi ajakan atau bujukan. Persuasi berasal dari bahasa Inggris persuade yang artinya mengajak. 

Dilansir dari buku Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia (2021) oleh Kenang Tri Hatmo mengatakan, teks persuasi adalah salah satu jenis teks yang berisi ajakan, bujukan, pengaruh, atau imbauan kepada orang lain. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, teks persuasi diartikan sebagai naskah berupa kata-kata asli dari pengarang. 

Pesan tersebut bisa disampaikan secara langsung (eksplisit) atau tidak langsung (implisit). 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teks persuasi bertujuan untuk mengajak, membujuk, memengaruhi, atau mengimbau orang lain untuk melakukan suatu hal, baik secara langsung atau tidak langsung. 

Baca juga: Persuasi: Pengertian dan Tekniknya

Apa fungsi fakta di dalam teks persuasi? 

Fungsi fakta di dalam teks persuasi sebagai upaya meyakinkan pembaca atau pendengar, agar percaya dengan apa yang disampaikan. 

Fakta dalam teks persuasi bisa berupa data penelitian resmi, data pemerintah, atau data lain yang bisa dipertanggungjawabkan keakuratannya. 

Selain itu, fungsi fakta di dalam teks persuasi digunakan untuk menghindari penggunaan kalimat yang bisa bertentangan atau menimbulkan konflik. 

Ciri-ciri teks persuasi 

Berikut ciri-ciri teks persuasi, yaitu: 

Baca juga: Struktur Teks Persuasi yang Benar

Struktur teks persuasi

Disadur dari jurnal Analisis Kesalahan Penulisan Struktur Teks Persuasif pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Padangan (2021) oleh Dhea Eristania dan kawan-kawan, ada empat struktur teks persuasi, sebagai berikut: 

Pengenalan isu atau alinea pembuka adalah bagian pengantar dari permasalahan atau topik yang akan dibahas dalam teks. 

Rangkaian argumen atau alinea penjelas merupakan bagian sejumlah pendapat penulis atau pembicara terkait isu yang dibahas. Pada bagian ini disampaikan beberapa fakta pendukung untuk memperkuat argumen-argumen. 

Pernyataan ajakan dalam teks persuasi berisi dorongan kepada pembaca atau pendengarnya untuk melakukan sesuatu. Pernyataan ini bisa dinyatakan secara tersurat atau tersirat. 

Penegasan kembali atau alinea penutup berisi penegasan kembali penyataan-pernyataan sebelumnya. Pada struktur ini, umumnya terdaoat kata-kata penanda simpulan, seperti demikianlah, dengan demikian, oleh karena itu, dan masih banyak lainnya. 

Baca juga: Jenis-jenis Teks Persuasi dan Contohnya

Contoh teks persuasi 

Berikut salah satu contoh teks persuasi, yakni: 

  • Contoh 1

Penggunaan pupuk kimia dapat mempercepat pertumbuhan tanaman. Penggunaan pupuk kimia memberikan keuntungan melimpah bagi petani dari hasil panen. Namun, terdapat dampak negatifnya terhadap lingkungan. 

Penggunaan ououk kimia dapat membuat buah yang dihasilkan terkontaminasi dengan pupuk kimia, sehingga kualitasnya berkurang. Oleh sebab itu, lebih baik beralik ke pupuk kompos yang murah dan terjangkau serta aman bagi hasil panen. 

  • Contoh 2

Persaingan di dunia kerja semakin ketat. Sistem ketenagakerjaan menuntut sumber daya dengan lulusan dan prestasi terbaik. Sebagai pelajar, kita harus mempersiapkan diri sejak dini. Ayo kita berlomba-lomba meningkatkan prestasi. 

Prestasi akademik tentu baik. Namun prestasi tidak dibatasi hanya dari nilai dalam raport saja. Kita bisa berprestasi di bidang olahraga, kesenian, sastra, dan teknologi. Tidak perlu kecil hati karena setiap pelajar memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Kita hanya perlu menggali dan mengembangkan kelebihan kita. 

Maka dari itu, ayo kembangkan prestasimu. Ikuti lomba-lomba di bidang yang kamu minati. Bergabung dalam pelatihan dan kegiatan yang dapat menunjang prestasimu. Mari meraih masa depan dengan persaingan yang sehat.

Baca juga: Menulis Teks Persuasi: Struktur, Kaidah Kebahasaan, Langkah, dan Contohnya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: KBBI
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi