Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produk Fermentasi Aspergillus niger

Baca di App
Lihat Foto
wikimedia.org
Jamur Aspergillus niger
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Aspergillus niger adalah jamur dari ordo Eurotiales Filus Ascomycota atau jamur kantong. Aspergillus niger digunakan dalam pembuatan produk bioteknologi melalui fermentasi. Produk fermentasi yang dihasilkan oleh Aspergillus niger adalah:

Asam sitrat

Produk fermentasi yang dihasilkan oleh Aspergillus niger yang paling terkenal adalah asam sitrat. Asam sitrat adalah asam organik lemah yang memiliki banyak kegunaan.

Asam sitrat digunakan sebagai penyedap rasa, perisa asam, pengemulsi, pengawet, produk pembersih, bahan pembuatan permen, kosmetik, sabun, deodoran, dan juga lipstik.

Baca juga: Jamur: Fungsi dan Klasifikasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam dunia medis, asam sitrat juga digunakan sebagai antioksidan, mencegah serangan asam urat, dan antibakteri.

Dilansir dari Chemical Safety Facts, asam sitrat juga digunakan untuk membunuh bakeri berbahaya dan membantu mencegah infeksi pada permukaan kulit.

Asam galat

Produk fermentasi yang dihasilkan oleh Aspergillus niger selanjutnya adalah asam galat. Asam galat digunakan dalam makanan dan obat-obatan.

Hal tersebut karena asam galat memiliki sifat antioksidan, antimikroba, antiinflamasi, dan antineoplastik atau digunakan dalam mencegah, menghambat pertumbuhan, dan membunuh sel kanker.

Baca juga: Fermentasi Asam Laktat: Respirasi Tanpa Oksigen

Asam glukonat

Asam glukonat adalah asam organik yang ditemukan secara alami atau merupakan produk jamur Aspergillus niger.

Jamur Aspergillus niger menghasilkan enzim glukosa oksidase dan glukosa dehydrogenase kemudian menghasilkan asam glukonat.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, asam glukonat digunakan sebagai agen pengkelat (pengikat logam) yang kuat terhadap kalsium, besi, alumunium, tembaga, dan logam berat lainnya.

Asam glukonat juga digunakan sebagai antiseptik, metabolit penicillium, pembuatan obat-obatan, kosmetik, dan juga larutan penyangga.

Baca juga: Asam Karboksilat: Pengertian, Sifat, dan Tata Namanya

Enzim 

Produk fermentasi yang dihasilkan oleh Aspergillus niger adalah berbagai jenis enzim. Enzim yang dihasilkan dari Aspergillus niger adalah enzim glukosa oksidase, pektinase, amilase, selulase, hemiselulase, dan glukoamilase.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi