Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Lembaga Sosial, Fungsi, dan Macamnya 

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi lembaga sosial
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Dalam pengertian sosiologis, lembaga dapat digambarkan sebagai suatu organ yang berfungsi dalam kehidupan masyarakat. 

Lembaga sosial merupakan keseluruhan dari sistem norma yang terbentuk berdasarkan tujuan dan fungsi tertentu dalam masyarakat. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilansir dari jurnal The Origins of Social Institutions (2011) oleh Johannes Urpalainen menyebutkan, lembaga sosial adalah sistem norma yang digunakan untuk mencapai tujuan. 

Lembaga sosial sebuah kegiatan yang dipandang penting oleh masyarakat secara formal yang fokus pada kegiatan masyarakat. 

Kesimpulannya, lembaga sosial menjadi pengaruh interaksi sosial terhadap pembentukan lembaga sosial yang tersusun. 

Terbentuknya lembaga sosial berawal dari individu sebagai makhluk sosial, tidak mampu untuk hidup sendiri, mereka saling membutuhkan, sehingga timbul aturan - aturan yang disebut dengan norma kemasyarakatan. Pada dasarnya manusia tidak mampu hidup sendiri.

Baca juga: Apa Itu Lembaga Sosial Ekonomi?

Proses lembaga sosial 

Adanya lembaga sosial muncul dengan proses, sebagai berikut: 

Artinya lembaga sosial ada karena proses perencanaan yang matang. Misalnya, sebuah daerah dengan kepadatan penduduk yang tinggi, maka pemerintahan melakukan program transmigrasi untuk menekan kepadatan penduduk. 

Lembaga sosial muncul ketika masyarakat menghadapi masalah. Sehingga keberadaannya dilakukan secara bertahap. 

Misalnya, dulu masyarakat menggunakan sistem barter untuk memenuhi kebutuhannya. Sekarang hal tersebut diganti dengan uang sebagai alat pembayaran yang lebih efisien dan fleksibel. 

Fungsi lembaga sosial 

Beberapa fungsi lembaga sosial, yaitu: 

Lembaga sosial hadir untuk menghimpun dan mempersatukan anggota-anggotanya agar tercipta integrasi dalam masyarakat. 

Jika suatu masyarakat di dalam lembaga sosial terdapat perilaku menyimpang dari nilai-nilai  yang ada, maka dapat dikatakan telah terjadi disintegrasi. 

Lembaga sosial mengatur berbagai aktivitas masyarakat sehingga terwujud kehidupan yang harmonis. 

Baca juga: Mengenal Lembaga Pemerintahan Kabupaten dan Kota

  • Memberi pedoman kepada masyarakat untuk mengadakan sistem kontrol sosial 

Lembaga sosial berfungsi memberikan pedoman untuk pengendalian sosial kepada masyarakat. Artinya, lembaga sosial sebagai sistem pengawasan masyarakat terhadap tingkah laku anggota masyarakatnya. 

  • Memberikan pedoman bagaimana harus bersikap atau bertingkah laku pada anggota masyarakat 

Fungsi lembaga sosial untuk memberikan pedoman tentang sikap dan tingkah laku dalam menghadapi masalah yang muncul di lingkungan masyarakat. 

Lembaga sosial memberikan arahan kepada anggota masyarakat bagaimana seharusnya berbuat, sehingga tidak menimbulkan penyimpangan nilai-nilai sosial. 

Macam-macam lembaga sosial 

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, terdapat lima macam lembaga sosial, sebagai berikut: 

  • Lembaga keluarga 

Peran keluarga adalah membina dan membimbing anggota keluarga untuk beradaptasi dengan lingkungan fisik dan budaya di mana ia berada. 

Keluarga merupakan unit sosial terkecil di masyarakat, terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Dalam keluarga, seorang manusia dibentuk kepribadiannya. 

  • Lembaga pendidikan 

Lembaga pendidikan adalah lembaga atau tempat berlangsungnya proses pendidikan yang bertujuan untuk mengubah tingkah laku individu ke arah lebih baik melalui interaksi dengan sekitar. 

Lembaga sosial menjadi agen sosialisasi setelah lembaga keluarga. Lembaga pendidikan mengenalkan kehidupan bermasyarakat lebih luas pada anak. 

Baca juga: Tugas Lembaga Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif

  • Lembaga politik 

Lembaga politik adalah keseluruhan tata nilai dan norma terkait kekuasaan. Kekuasaan bergantung pada hubungan antara yang berkuasa dan yang dikuasai. 

Kekuasaan selalu ada dalam setiap masyarakat, yang sederhana maupun kompleks. Namun pada umumnya kekuasaan tertinggi ada di organisasi tertinggi yang disebut negara. 

Lembaga politik lahir dari serangkaian nilai dan norma yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan akan kekuasaan, khususnya kekuasaan pada tingkat negara.

  • Lembaga ekonomi 

Lembaga ekonomi lahir sebagai usaha manusia menyesuaikan diri dengan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup untuk mencapai kehidupan sejahtera. 

Lembaga ekonomi adalah bagian yang mengatur tata hubungan antarmanusia dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari. 

  • Lembaga agama 

Agama menjadi lembaga yang penting untuk mengatur kehidupan rohani manusia. Agama sebagai penyeimbang kehidupan manusia antara dunia dan akhirat. 

Lembaga agama merupakan sistem keyakinan dan praktik keagamaan dalam masyarakat yang telah dirumuskan dan dibakukan. 

Baca juga: Lembaga-lembaga Pemerintahan Provinsi 

 

(Sumber: KOMPAS.com/Arum Sutrisni Putri)

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi