Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Geografi Menurut Ahli dan Prinsipnya 

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi pengertian geografi
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Istilah geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu geo artinya bumi dan graphien yang berarti gambaran. 

Bagaimana definisi geografi yang dikemukakan oleh Bintarto?

Menurut Bintarto, definisi geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan kasila gejala-gejala dan peristiwa yang terjadi di muka Bumi. 

Baik yang fisikal maupun yang menyangkut makhluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal, dan regional untuk kepentingan program, proses, dan keberhasilan. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian geografi menurut ahli 

Selain Bintarto, ada beberapa ahli yang mengemukakan pengertian geografi. Disadur dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut pengertian geografi menurut ahli, di antaranya: 

Geografi adalah induk dari segala ilmu pengetahuan atau mother of all science. Preston menilai bahwa semua studi mencoba mempelajari Bumi. Sehingga analisis awal bersumber dari geografi, kemudian bercabang ke studi lainnya. 

Geografi yaitu ilmu mempelajari hubungan-hubungan yang terbentuk antara kehidupan dengan lingkungannya. 

Geografi adalah studi pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia. 

Geografi adalah studi mengenai permukaan Bumi, meliputi fenomena dan proses, alam, lingkungan, manusia, serta bentang alam pada skala lokal hingga global. 

Geografi merupakan ilmu yang menelaah mengenai Bumi sebagai tempat hidup manusia. Hal-hal yang menjadi obyek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan Bumi, baik organik atau anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia. 

Prinsip dasar analisis geografi 

Terdapat empat prinsip utama geografi menurut buku Pengantar Geografi Pariwisata (2021) karya I Nyoman Sunarta, yaitu: 

Prinsip ini menganalisis persebaran bentang alam di permukaan Bumi yang tidak merata sehingga setiap wilayah akan berbeda dengan wilayah lain. 

Misalnya persebaran jumlah transmigran di Indonesia tidak merata, ada suatu wilayah yang jumlahnya besar dibandingkan dengan yang lain sesuai luas wilayah. 

Prinsip ini menganalisis fenomena geosfer yang satu memiliki hubungan dengan fenomena geosfer yang lain, gejala yang satu berkaitan dengan gejala yang lain. 

Contohnya sebagian besar penduduk desa bermata pencarian sebagai petani karena masih tersedianya lahan untuk digarap. 

Prinsip deksripsi menganalisis fenomena geosfer melalui deskripsi, tulisan, tabel, gambar, atau grafik. Misalnya, peta persebaran lempeng tektonik di dunia. 

Prinsip ini menganalisis suatu wilayah berdasarkan ketiga prinsip sebelumnya maka suatu wilayah akan mempunyai karakteristik tertentu. Misalnya, suhu udara di perkotaan lebih tinggi daripada di pedesaan. 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag
Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi