Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Penerapan Gotong Royong dalam Kehidupan Sehari-hari

Baca di App
Lihat Foto
SLAMET WIDODO
Warga Desa Sawahan Kecamatan Watulimo Trenggalek Jawa Timur, gotong royong membuat jembatan darurat agar bisa dilintasi warga, Jumat (04/11/2022)
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Gotong royong menjadi budaya yang diwariskan turun-temurun sejak zaman dahulu hingga saat ini.

Kita bisa menjumpai aktivitas gotong royong di lingkungan sekitar. Contohnya gotong royong membersihkan lingkungan rumah.

Dilansir dari buku Implementasi G'Rotate History (2020) karya Wulan Dwi Aryani, gotong royong adalah bekerja bersama untuk saling membantu.

Bisa juga diartikan bahwa gotong royong merupakan upaya melakukan sesuatu secara bersama-sama untuk meringankan pekerjaan.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat gotong royong

Dalam keseharian, gotong royong tidak hanya dilakukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, melainkan juga menuntaskan sebuah permasalahan.

Baca juga: Contoh Penerapan Nilai-nilai Luhur Pancasila Gotong-Royong

Tuliskan lima manfaat penerapan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari! 

Dikutip dari buku Pramuka dalam Bingkai Masyarakat (2022) karangan Ahmad Maulana Nasution dkk, berikut lima manfaat penerapan gotong royong dalam kehidupan sehari-hari:

Dalam kehidupan sehari-hari, gotong royong bermanfaat untuk menciptakan lingkungan yang harmonis, karena saling membantu tanpa pandang bulu.

Selain itu, gotong royong juga membuat pekerjaan yang dilakukan jauh lebih ringan dan mudah, lantaran dilakukan secara bersama-sama.

Manfaat penerapan gotong royong lainnya ialah menjaga persatuan dan kesatuan di antara sesama manusia.

Hal ini terjadi karena berbagai individu dari latar belakang yang berbeda, bersatu untuk bekerja sama menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Baca juga: Nama Lain Gotong Royong di Berbagai Daerah di Indonesia

Gotong royong juga menumbuhkan kebiasaan tolong-menolong di masyarakat. Mereka terbiasa membantu dan mengulurkan tangan kepada mereka yang membutuhkannya.

Manfaat penerapan gotong royong yang terakhir adalah membuat lingkungan sekitar lebih aman, damai, dan bebas dari perselisihan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi