Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-Macam Pasar

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi macam-macam pasar
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Dalam Kamus Bahasa Indonesia, pasar sebagai tempat sekumpulan orang melakukan transaksi jual-beli. Sekaligus tempat untuk jual beli yang diadakan oleh sebuah organisasi atau perkumpulan dan sebagainya dengan maksud mencari derma. 

Dilansir dari buku Pengantar Bisnis (2006) oleh M Fuad, pengertian pasar adalah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial, dan infrastuktur di mana usaha menjual barang, jasa, dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Macam-macam pasar terbagi menjadi: 

Baca juga: Perbedaan Permintaan Individu dan Pasar (Kolektif)

Berikut penjelasannya:

Pasar berdasarkan wujudnya 

Berikut jenis-jenis pasar berdasarkan wujudnya, yaitu: 

Pasar konkret adalah pasar nyata atau pasar yang unsur-unsur pasarnya, seperti penjual, pembeli, dan barang yang diperjualbelikan ada disitu. 

Contoh dari pasar ini yaitu pasar yang setiap hari kita kunjungi untuk membeli barang kebutuhan sehari-hari. Barang yang kita beli dapat langsung kita lihat dan dipilih, sehingga tahu kualitas dari barang tersebut. Selain itu antara penjual dan pembeli langsung melakukan transaksi di pasar tersebut.

Pasar abstrak yaitu pasar di mana penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung. Umumnya pasar abstrak dilakukan mellaui telepon, email, internet seperti online sop, dan lain-lain. 

Pasar berdasarkan jenis barang yang diperdagangkan 

Pasar berdasarkan jenis barang yang diperdagangkan, yaitu: 

Pasar barang konsumsi yakni pasar yang memperjualbelikan barang- barang keperluan sehari-hari. Contoh, pasar ikan, pasar buah-buahan, dan supermarket atau mall.

Pasar barang produksi adalah pasar yang menyediakan keperluan faktor-faktor produksi. Contoh pasar ini antara lain pasar tenaga kerja yang mencari lapangan pekerjaan, dan pasar modal.

Baca juga: Pasar Bebas dan Kebijakannya

Pasar berdasarkan luas jaringan distribusi 

Jenis-jenis pasar berdaarkan luas jaringan distribusi adalah: 

Pasar lokal atau setempat yaitu pasar yang digunakan oleh masyarakat di wilayah sekitar dan melibatkan penjual dan pembeli di sekitar daerah tersebut. 

Bentuk dan jenis barang yang diperdagangkan sangat dipengaruhi oleh lingkungan sosial budaya setempat. 

Seperti pasar Klewer di Solo atau pasar Beringharjo di Yogyakarta yang menjual batik hasil daerah tersebut. 

Penjual pada pasar ini memakai kain batik untuk melestarikan budaya sehingga permintaan batik pada daerah ini sangat banyak dan ini berbeda dengan permintaan batik di daerah lain.

  • Pasar nasional 

Pasar nasional adalah pasar yang cakupan pembelinya dalam wilayah suatu negara. Penjual dan pembeli dari berbagai daerah di wilayah negara tersebut. Produk yang dijual dibutuhkan oleh masyarakat negara tersebut.

  • Pasar regional 

Pasar regional yaitu pasar yang daerah pemasarannya meliputi beberapa negara yang berada dalam suatu kawasan. Pasar ini biasanya di bawah suatu organisasi yang berada dalam wilayah kawasan tersebut.

  • Pasar internasional 

Pasar internasional adalah pasar yang menyediakan komoditas barang dagangan untuk rakyat seluruh dunia. Biasanya komodita yang dijual merupakan produk-produk yang dibutuhkan oleh seluruh masyarakat di dunia. 

Baca juga: Sistem Ekonomi Sosialis dan Sistem Ekonomi Pasar

Pasar berdasarkan waktu penyelenggaraan 

Jenis-jenis pasar berdasarkan waktu penyelenggaraan, yaitu: 

  • Pasar harian 

Pasar harian yaitu pasar yang melakukan kegiatan setiap hari dan menjual barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari. Contoh pasar ini antara lain, pasar induk yang terdapat di sekitar daerah kalian.

  • Pasar mingguan 

Pasar mingguan yaitu pasar yang yang dilakukan seminggu sekali. Contoh pasar ini antara lain pasar hewan yang hanya buka seminggu sekali.

  • Pasar bulanan 

Pasar bulanan yaitu pasar yang kegiatannya sebulan sekali. Biasanya barang yang dijual berupa barang yang pernah dibeli kemudian dijual kembali. Misalnya pameran, pasar batik, batu akik, dan lain-lain. 

  • Pasar tahunan 

Pasar tahunan merupakan pasar yang diadakan setahun sekali. Pasar ini bersifat nasional maupun internasional. Penyelenggaraan pasar ini sebagai ajang promosi untuk produk-produk tertentu ataupun produk baru. 

Contohnya antara lain : PRJ (Pekan Raya Jakarta), dan Pasar Malam Sekatenan di Solo.

Baca juga: Sistem Ekonomi Sosialis dan Sistem Ekonomi Pasar

Pasar berdasarkan organisasi atau strukturnya 

Pasar berdasarkan organisasi atau strukturnya adalah: 

  • Pasar persaingan sempurna 

Pasar persaingan sempurna yaitu pasar di dalamnya banyak terdapat penjual dan pembeli yang sama-sama telah mengetahui situasi pasar. 

Barang yang diperjualbelikan homogen (sejenis), penjual dan pembeli tidak bebas menentukan harga karena harga ditentukan oleh kekuatan pasar. 

Contoh pasar ini antara lain, pasar sayur-mayur, pasar buah- buahan, dan pasar tekstil. 

  • Pasar persaingan tidak sempurna 

Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar penjual dan pembeli memiliki kebebasan dalam menentukan harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan. Dalam pasar ini penjual dan pembeli dapat memengaruhi harga.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Sumber: KBBI
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi