Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis dan Sifat-sifat Segi Empat

Baca di App
Lihat Foto
wikimedia.org
Jenis-jenis segiempat
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Ketika mendengar tentang bangun datar kita pasti terlingat pada persegi dan persegi panjang. Namun, bangun datar segi empat memiliki berbagai jenis dengan sifat yang berbeda-beda. Untuk memahaminya, berikut adalah jenis dan sifat-sifat segi empat!

Dilansir dari Splash Learn, segi empat adalah poligon yang memiliki empat sisi, empat sudut, dan empat simpul. Adapun, segi empat memiliki dua diagonal dengan jumlah semua sudut dalamnya adalah 360°.

Jenis-jenis segi empat adalah kotak atau persegi, persegi panjang, jajar genjang, trapesium, belah ketupat, dan layang-layang.

Kotak atau persegi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: Ciri-Ciri dan Sifat Bangun Datar

Kotak atau persegi adalah jenis segi empat dengan empat sisi yang sama panjang dan empat sudut siku-siku. Sifat segi empat kotak atau persegi adalah:

Persegi panjang

Persegi panjang adalah jenis segi empat yang memiliki dua pasang sisi berhadapan dan empat sudut siku-siku. Sifat-sifat persegi panjang adalah:

Baca juga: Rumus Keliling Persegi Panjang

Jajar genjang

Dilansir dari Cuemath, jajar genjang adalah segi empat dengan dua pasang sisi yang berhadapan sejajar. Sifat-sifat jajar genjang adalah:

Trapesium

Trapesium adalah jenis segi empat yang sepasang sisinya sejajar, memiliki alas, atap, dan juga dua kaki. Trapesium terbagi menjadi dua yaitu trapesium siku-siku dan trapesium sama kaki.

Sifat trapesium siku-siku:

Baca juga: Unsur-Unsur Trapesium

Belah ketupat

Belah ketupat adalah segi empat dengan empat sisi yang sama, namun sisi-sisinya miring. Sifat-sifat belah ketupat adalah:

Baca juga: Sifat-sifat Layang-layang dan Belah Ketupat

Layang-layang

Layang-layang adalah jenis segi empat dengan pasangan sisi berdekatan yang sama panjang dan miring. Sifat-sifat layang-layang adalah:

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi