Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Stereotip dan Dampaknya

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi proses stereotip
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Stereotip masuk ke dalam salah satu bentuk prasangka. Kata stereotip berasal dari bahasa Yunani stereos yang artinya tegas dan solid, serta type yang berarti kesan.

Dilansir dari buku Prasangka dan Konflik: Komunikasi Lintas Budaya Masyarakat Multikultural (2005) oleh Alo Liliweri, stereotip adalah keyakinan seseorang untuk menggeneralisasi sifat-sifat tertentu yang cenderung negatif tentang orang lain.

Hal ini dipengaruhi oleh pengetahuan dan pengalaman bersama. Keyakinan itu membuat orang untuk memperkirakan perbedaan antarkelompok yang mungkin terlalu tinggi atau terlalu rendah sebagai ciri khas individu atau kelompok sasaran.

Baca juga: Stereotip: Makna dan Contohnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stereotip merupakan hasil dari kategorisasi yang dilakukan, misalnya dalam menggambarkan jenis karakteristik ras atau etnik lain.

Ada tiga aspek stereotip menurut Miles Hewstone dan Rupert Brown, seperti:

Pemberian stereotip merupakan hasil yang kadang-kadang sangat alamiah dalam proses hubungan atau komunikasi antarras atau etnik.

Baca juga: Akibat Pelanggaran Norma bagi Diri Sendiri

Proses stereotip

Stereotip dibentuk atas dasar perilaku, kebiasaan dan budaya yang berbeda. Kecenderungan manusia untuk membagi dunia dengan dua kategori, seperti kita dan mereka. Hal ini menjelaskan adanya gap antara kita dan mereka karena merasa paling benar.

Stereotip bisa muncul dari proses kognitif yang dilandasi kelompoknya dan bukan berdasarkan informasi mengenai individu itu sendiri.

Kebanyakan orang mengandalkan kognitif sebagai alasan stereotip. Dengan stereotip tersebut, seseorang mendapatkan informasi mengenai orang lain melalui kelompoknya.

Beberapa informasi dapat diterima secara efisien berdasarkan stereotip, tetapi kebanyakan hal tersebut juga dapat merugikan.

Alasannya, stereotip mengandalkan penilaian kelompok kepada individu dan mengabaikan karakter atau perilaku aslinya.

Dampak stereotip

Beberapa dampak stereotip yaitu:

Baca juga: Manfaat Memiliki Sikap Saling Menghargai Perbedaan

Dilansir dari buku Komunikasi Budaya dan Dokumentasi Kontemporer (2019) oleh Moh Faidol Juddi, stereotip merupakan penghambat potensial dalam komunikasi lintas budaya.

Untuk menghindari dampak negatif yang ditimbulkan stereotip, ada konsepsi yang digunakan untuk menghilangkan stereotip tersebut, yaitu:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi