Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kidal: Pengertian, Penyebab, dan Kelebihan

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi pengertian kidal, penyebab, dan kelebihannya
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Kidal disebut juga sinitralitas yaitu kondisi di mana seseorang lebih suka menggunakan tangan kiri daripada tangan kanan untuk kegiatan rutin.

Dilansir dari buku Teras Literasi (2019) oleh Nurul Husna Salahuddin dan teman-teman dikatakan, pengertian kidal adalah kondisi dengan seseorang cenderung untuk lebih aktif menggunakan tangan sebelah kirinya dibandingkan tangan kanan. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada pula penelitian yang mengungkapkan bahwa seorang kidal bisa disebabkan oleh faktor genetik atau warisan secara turun temurun.

Karena para ilmuwan telah memperlihatkan bahwa kidal cenderung berjalan dalam keluarga. Alhasil, diasumsikan bahwa kidal memiliki komponen genetika, dengan kata lain kidal dilahirkan seperti itu.

Orang yang kidal lebih sering menggunakan tangan kirinya daripada tangan kanannya. Selain itu, biasanya ia menggunakan tangan kirinya ketika melakukan aktivitas, seperti menyisir rambut, memasak, dan sebagainya.

Baca juga: Gerakan Ayunan Lengan dan Tangan dalam Gerak Berirama

Penyebab kidal 

Disadur dari buku Dinamika Perkembangan Anak Usia Dini (2022) oleh Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny, beberapa penyebab kidal yakni: 

Anak yang kidal bisa disebabkan oleh perilaku modelling. Artinya, anak memiliki role model atau meniru seseorang yang berada di sekitarnya yang menggunakan tangan kiri (kidal). 

Hal ini karena, salah satu karakter anak adalah peniru. Anak-anak mempelajari segala sesuatu dengan melihat apa yang ada di sekitarnya. 

Faktor penyebab kidal lainnya yaitu pembiasaan yang salah atau ketidaksengajaan untuk tidak membiasakan anak menggunakan tangan kanan. 

Kidal bisa dipengaruhi dari cara ibu menyusui. Kondisi perlakukan ibu saat menyusui bayi dengan ASI berpengaruh kuat bagi perkembangan tangan kiri anak. 

Gaya ibu menyusui bayinya yang selalu miring ke kiri, sementara bayinya saat menyusu selalu miring ke kanan akan menghambar perkembangan motorik tangan dan kaki kanan.  

Pada saat yang sama, ibu bisa memberi keleluasaan kepada tangan dan kaki kiri untuk mengembangkan respon yang diinginkan bayi. 

Baca juga: Manfaat Tersembunyi di Balik Makan Pakai Tangan

Kelebihan orang kidal

Beberapa kelebihan orang kidal, sebagai berikut:

Orang kidal menggunakan otak kanan lebih besar dibandingkan dengan otak kirinya. Otak kanan digunakan untuk proses berpikir secara kreatif, intuitif, dan visual, karenanya kebanyakan orang kidal memiliki jiwa seni dan kreativitas yang tinggi.  

Sejumlah seniman bertangan kidal yang terkenal seperti Leonardo Da Vinci serta Michael Angelo.

  • Lebih cerdas

Diungkap dalam penelitian Effects of Handedness on Intelligence Level of Students (2007) oleh Saba Ghayas dan Adnan Adil, mereka yang kidal cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang menggunakan tangan kanan.

Orang yang menggunakan tangan kanan secara dominan akan cenderung menggunakan otak kiri dibandingkan yang kanan.

Sementara, mereka yang kidal mampu menggunakan otak kanan dan kiri dengan seimbang. Oleh karena itu, orang kidal disebut lebih cerdas dalam mempelajari suatu hal.

  • Multitasking

Tidak hanya cerdas, mereka yang bertangan kidal mampu mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus. Mereka mampu menangani berbagai masalah secara cepat. Selain itu, mereka akan melakukannya dengan tenang dan tidak terburu-buru selama bekerja.

  • Ingatannya sangat tajam

Kemampuan mereka menggunakan kedua bagian otaknya secara seimbang, juga berefek pada daya ingatnya yang tajam. Mereka bisa mengingat sebuah peristiwa dan tanggal dengan sangat baik.

Baca juga: Asal Usul Jabat Tangan

  • Bisa menjadi pemimpin yang baik

Kemampuan untuk multitasking, cerdas, dan memiliki jiwa yang kreatif penuh dengan inovasi membuat mereka yang kidal mampu menyelesaikan beberapa permasalahan sehingga bisa menjadi pemimpin yang baik.

  • Jago dalam bidang olahraga

Mereka yang kidal cenderung menyukai olahraga untuk menjaga tubuhnya agar tetap bugar. Selain itu, mereka cukup jago di beberapa bidang olahraga seperti renang, tenis, bisbol, tinju, hingga anggar.

  • Bisa mengendalikan diri lebih baik

Sosok yang kidal memiliki kontrol diri yang lebih baik dalam hal menahan diri untuk memenuhi suatu keinginan.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi