Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Zona Ekonomi Eksklusif

Baca di App
Lihat Foto
wikipedia.org
Luas laut teritorial dan zona ekonomo eksklusif Indonesia
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Zona ekonomi eksklusif (ZEE) adalah zona seluas 200 mil (370 kilometer) dari garis pantai yang dimiliki secara eksklusif oleh suatu negara. Apa manfaat zona ekonomi eksklusif? Manfaat zona ekonomi eksklusif adalah:

Baca juga: Arti Zona Ekonomi Eksklusif dan Dasar Hukumnya

Hal memanfaatkan sumber daya alam

Manfaat zona ekonomi eksklusif adalah dapat memanfaatkan semua sumber daya alam yang terkandung dalam zona tersebut.

Artinya, negara dapat memanfaatkan sumber daya alam hayati (sepertik ikan dan hasil laut lainnya) juga sumber daya alam non hayati seperti (minyak bumi dan mineral) yang berada dalam zona ekonomi eksklusif.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menggunakannya untuk pembangunan

Manfaat zona ekonomi eksklusif selanjutnya adalah hak negara untuk menggunakan seluruh zona tersebut untuk pembangunan.

Baca juga: Zona Laut Berdasarkan Kedalamannya

Dilansir dari United Nations, negara dapat secara bebas menggunakan zona ekonomi eksklusif untuk pembangunan pulau buatan, instalasi dan bangunan produksi energi, situs penelitian ilmiah, kawasan pariwisata, kawasan konservasi, kabel dan pipa bawah laut.

Tentunya, pembangunan yang dilakukan harus tetap memperhatikan perlindungan dan pelestarian lingkungan laut juga keamanan dan keselamatan bagi manusia.

Menambah luas wilayah laut

Dilansir dari NOAA Ocean Exploration, zona ekonomi eksklusif adalah wilayah laut yang membentang 200 mil di luar laut teritorial suatu negara di mana negara pesisir tersebut memiliki yuridiksi atas sumber daya hidup dan tak hidup.

Artinya, manfaat zona ekonomi eksklusif adalah menambah luas wilayah laut dari laut teritorial yang membentang hanya sejauh 12 mil, menjadi sejauh 200 mil.

Baca juga: Perbedaan Sumber Daya Hayati dan Non Hayati

Negara asing tidak dapat memanfaatkan sumber daya yang ada

Manfaat dari zona ekonomi eksklusif selanjutnya adalah negara asing tidak dapat dengan bebas memanfaatkan sumber daya yang ada dalam zona tersebut.

Artinya, aktivitas seperti penangkapan ikan, penelitian, penambangan mineral, dan produksi energi seperti minyak bumi dan gas alam tanpa izin tidak diperbolehkan.

Mengurangi perselisihan

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, tujuan dibuatnya zona ekonomi eksklusif adalah mengurangi perselisihan antar perusahaan lepas pantai seperti perusahaan penangkapan ikan dan produksi energi.

Hal tersebut dikarenakan zona ekonomi eksklusif dapat memberikan batas yang jelas di mana suatu perusahaan dapat beroperasi.

Baca juga: 3 Pembagian Wilayah Laut Indonesia

Menambah pemasukan negara

Keberadaan zona ekonomi eksklusif dapat menambah kas negara karena memberikan pemasukan dari hasil pemanfaatan sumber daya alam yang ada.

Namun, zona ekonomi eksklusif juga memberikan pemasukan dari pembayaran bea dan bentuk imbalan lainnya dari negara lain yang meminta izin untuk memanfaatkan sumber daya alam di zona ekonomi eksklusif.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi