Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kata Sifat dan Jenisnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS.com/Gischa Prameswari
Ilustrasi pengertian kata sifat
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com -Kata sifat adalah salah satu unsur yang paling banyak digunakan dalam sebuah kalimat. Kata sifat adalah suatu kata yang bisa menerangkan sifat, keadaan watak dan juga tabiat orang atau binatang atau benda.

Umumnya keberadaan kata sifat bisa membe memiliki fungsi sebagai predikat, obyek dan juga penjelas subyek.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata sifat terbagi menjadi tiga jenis, yaitu berdasarkan maknanya atau semantis, sintaksis, dan sifatnya. Berikut penjelasannya:

Jenis kata sifat berdasarkan semantis (maknanya)

Jenis kata sifat berdasarkan semantis atau maknanya masih dibagi lagi menjadi dua yaitu kata sifat bertaraf dan kata sifat tak bertaraf.

Penjelasan dari dua jenis kata sifat berdasarkan maknanya atau semantis sebagai berikut:

Kata sifat bertaraf

Kata sifat bertaraf masuk ke dalam salah satu jenis kata sifat yang dilihat berdasarkan maknanya. Di dalam kata sifat bertaraf juga masih dibagi menjadi beberapa jenis lagi seperti:

Kata sifat pemberi sifat ini memiliki pengertian sebagai kata sifat yang bisa menerangkan kualitas atau intensitas. Contohnya: bersih, rapi, nyaman.

Baca juga: 3 Fungsi Kata Sifat (Adjektiva) Beserta Contoh Kalimatnya

Kata sifat pemberi ukuran ini adalah suatu kata sifat yang bisa menerangkan kualitas yang bisa diukur dengan ukuran kuantitatif atau dapat dijelaskan dalam bentuk bilangan. Contohnya: Berat, panjang

Kata sifat pemberi warna merupakan suatu kata sifat yang bisa menunjukkan atau menerangkan suatu warna tertentu. Contohnya adalah: Biru, putih

Kata sifat pemberi waktu adalah suatu kata sifat yang bisa menggambarkan masa atau periode pada suatu pekerjaan atau peristiwa. Contohnya adalah: sebentar, lama.

Kata sifat pemberi jarak yaitu suatu kata sifat yang dapat menjelaskan ruang antara benda atau tempat. Contohnya: Jauh, dekat

Kata sifat pemberi sikap adalah suatu kata sifat yang bisa menjelaskan tentang emosi atau suasana hati. Contohnya adalah: Bahagia, sedih, marah

Kata sifat pemberi serapan adalah kata sifat yang bisa menjelaskan sesuatu yang bisa dirasakan oleh panca indera. Contohnya seperti: Pahit, manis, asam, bau.

Baca juga: Contoh Kalimat dengan Kata Pancaran

Kata sifat tak bertaraf

Kata sifat tak bertaraf adalah suatu kata sifat yang menjelaskan tentang keanggotaan pada suatu golongan. Misalnya adalah abadi, bundar dan lainnya.

Jenis kata sifat berdasarkan sintaksis

Beberapa jenis kata sifat berdasarkan sintaksis, yaitu:

  • Kata sifat (adjektiva) atribut

Kata sifat atau adjektiva atribut adalah suatu kata sifat yang memiliki fungsi sebagai pelengkap atau memperjelas pada suatu kalimat tertentu. Jika jenis kata sifat ini berada pada sesudah subyek, maka kerap kali dianggap sebagai penjelas dari subyek tersebut.

Sedangkan jika berada pada berada pada sesudah obyek, maka kata sifat digunakan sebagai penjelas obyek tersebut. Sebagai contohnya adalah Dila telah tumbuh menjadi putri yang cantik dan baik hati.

  • Kata sifat (adjektiva) predikat

Kata sifat atau adjektiva predikatif adalah suatu kata sifat yang memiliki fungsi sebagai predikat pada suatu kalimat tertentu. Contohnya adalah Rumah lama itu tetap nyaman untuk ditinggali.

  • Kata sifat (adjektiva) predikatif inversi

Kata sifat atau adjektiva predikatif inversi adalah jenis kata sifat yang memiliki fungsi sebagai predikat pada suatu kalimat akan tetapi terletak pada awal kalimat. Sebagai contohnya adalah Indahnya pemandangan desa dari puncak bukit ini.

Baca juga: Kata Teknis: Pengertian dan Contohnya

Jenis kata sifat berdasarkan sifatnya

Jenis kata sifat juga bisa dilihat dari sifatnya. Beberapa jenis kata sifat yang dilihat berdasarkan sifatnya adalah:

  • Kata sifat dasar

Kata sifat dasar adalah suatu kata sifat asli yang tidak mengalami proses afiksasi atau pengimbuhan serta tidak dapat diuraikan menjadi bentuk yang lebih sederhana lagi.

Beberapa contoh dari kata sifat dasar adalah seperti kata indah, baru, banyak, tinggi, lama, sedikit dan lain sebagainya.

  • Kata sifat turunan

Kata sifat turunan atau polifermis adalah suatu kata sifat yang telah mengalami proses afiksasi atau penambahan imbuhan, pengulangan atau reduplikasi, pemajemukan dan penyerapan.

Secara umum ada empat kelompok kata sifat atau adjektiva turunan, yakni:

    1. Adjektiva Turunan Yang Mengalami Pengimbuhan (Afiksasi)
    2. Adjektiva Turunan Yang Mengalami Pengulangan
    3. Adjektiva Turunan Majemuk
    4. Kata Sifat Serapan

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi