Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Estetika Menurut Ahli

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi pengertian estetika menurut ahli
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Pengertian estetika dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah filsafat keindahan atau kesenian dan penilaian dari seseorang. Dalam sebuah estetika juga dibutuhkan kepekaan untuk menilai keindagan tersebut. 

Estetika atau keindahan memiliki banyak makna serta arti, setiap orang memiliki pengertian yang berbeda-beda di antara satu dan yang lainnya. Karena, setiap orang memiliki penilaian sekaligus kriteria estetika yang berbeda-beda.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut pengertian estetika menurut beberapa ahli, yaitu:

Estetika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai proses serta peraturan dalam menciptakan suatu karya seni yang diharapkan dapat menimbulkan perasaan positif bagi orang yang melihat serta merasakannya.

Estetika adalah kesatuan serta hubungan bentuk yang ada di antara penyerapan inderawi seorang manusia, pada umumnya manusia menganggap estetika adalah seni atau seni yang mengandung akan nilai-nilai keindahan.

Pandangan seperti ini sebenarnya adalah salah dan justru akan membuat masyarakat kesulitan untuk mengapresiasi seni. Karena menurut Herbert Read, seni tidak selalu mengandung nilai keindahan atau estetika.

Baca juga: Nilai Estetika: Pengertian dan Fungsinya

Menurut Morris, estetika sama seperti seni karena estetika dapat dikenakan pada berbagai macam obyek, baik itu obyek yang indah ataupun tidak. Moris juga menyebutkan bahwa estetika adalah suatu obyek seni atau art.

Kusmiati berpendapat bahwa estetika merupakan suatu keadaan yang memiliki hubungan dengan sensasi dari keindahan yang baru bisa dirasakan oleh seseorang, apabila terjalin perpaduan yang harmonis di antara elemen yang ada pada suatu obyek.

Kattsoff menjelaskan estetika sebagai segala sesuatu dan kajian pada hal-hal yang memiliki kaitan dengan kegiatan seni.

Estetika menurut Van Mater Ames adalah suatu telaah yang memiliki kaitan dengan penciptaan, apresiasi serta kritik pada karya seni dalam konteks keterkaitan dengan seni dalam kegiatan manusia serta peranan seni pada perubahan dunia.

Estetika adalah suatu kajian filsafat keindahan serta keburukan.

Baca juga: Faktor Estetika Produk Kerajinan

Estetika adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai segala sesuatu yang memiliki kaitan dengan keindahan dan mempelajari seluruh aspek yang disebut sebagai keindahan.

Jakob Sumardjo

Dalam bukunya Filsafat Seni (2000), Jacob Sumardjo mengatakan bahwa, estetika mempersoalkan mengenai hakikat dari keindahan alam serta karya seni. Sementara itu, filsafat seni mempersoalkan karya seni saja atau benda-benda seni atau artifak yang disebut sebagai seni.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi