Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Photodioda: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Baca di App
Lihat Foto
electricaltechnology.org
Photodioda
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Ada beberapa jenis dioda dalam elektronika, salah satunya adalah photodiode atau diode foto. Apa yang dimaksud dengan fotodioda? Apa fungsi dari diode foto? Dan bagaimana cara kerjanya? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian photodioda

Photodioda adalah salah satu jenis dioda. Dilansir dari Electronics Hub, adalah sensor cahaya yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik (tegangan atau arus).

Baca juga: Pengertian Dioda dan Jenisnya

Karena merupakan jenis dari dioda, photodioda terbuat dari bahan semikonduktor. Misalnya, silikon, germanium, indium gallium arsenida, dan juga gallium arsenide fosfida.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Photodioda dalam rangkaian elektronika disimbolkan sebagai dioda dengan tanda panah masuk ke dalam. Tanda panah menunjukkan bahwa photodioda mendeteksi cahaya yang masuk.

Fungsi photodioda

Fungsi dari dioda foto atau photodioda adalah mendeteksi cahaya. Ketika mendeteksi cahaya, photodioda akan mengubahnya menjadi sinyal listrik.

Baca juga: Pengertian dan Macam-macam Sensor

Cara kerja fotodioda

Dilansir dari Techopedia, fotodioda terbuat dari bahan semikonduktor yang mengandung sambungan PN. Di mana P adalah lapisan yang lebih positif, sedangkan N adalah lapisan yang lebih negatif.

Awalnya, sambungan PN photodioda tidak mengalirkan listrik. Ketika cahaya yang mengenai dioda, cahaya membawa paket-paket energi.

Energi tersebut kemudian akan memberikan energi bagi elektron untuk melewati sambungan. Aliran elektron yang menghasilkan sambungan itulah yang kemudian dikenal sebagai arus listrik.

Baca juga: Hantaran Listrik: Konduktor, Isolator, dan Semikonduktor

Dilansir dari Engineering LibreTexts, jumlah arus yang mengalir dari diode akan sebanding dengan jumlah cahaya yang mengenai sambungan.  

Artinya, makin banyak cahaya yang mengenai photodioda, maka akan makin besar juga jumlah arus yang dihasilkan oleh photodioda.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi