Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Dioda Penyearah

Baca di App
Lihat Foto
wikimedia.org
Dioda
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Dioda penyearah adalah salah satu jenis dioda yang paling umum digunakan. Apa yang dimaksud dioda penyearah dan apa fungsi dioda penyearah? Berikut adalah penjelasannya!

Dioda penyearah adalah komponen elektronika yang hanya bisa dimasuki arus listrik dari satu arah saja. Hal tersebut karena diode penyearah dibuat dari sambungan p-n semikonduktor.

Fungsi dioda penyearah adalah sebagai penyearah arus AC dan juga pelipat tegangan.

Baca juga: Pengertian Dioda dan Jenisnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyearah arus

Fungsi utama dari dioda penyearah adalah penyarah arus. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, dioda penyearah mengubah arus listrik bolak-balik (AC) menjadi arus searah (DC).

Penyearah arus diperlukan oleh berbagai perangkat elektronika yang hanya berfungsi jika dialiri arus searah (DC), sedangkan sumber listrik yang ada merupakan arus bolak-balik (DC).

Dioda penyearah sebagai penyearah arus terbagi menjadi dua, yaitu penyearah setengah gelombang dan penyearah gelombang penuh.

Baca juga: Sifat-sifat Gelombang Mekanik

Penyarah setengah gelombang

Penyearah setengah gelombang adalh rangkaian dari sumber listrik, dioda penyearah, dan resistor untuk menyearahkan setengah siklus gelombang sinus.

Penyearah setengah gelombang hanya menghasilkan setengah daya dari arus AC asalnya dan setengah kapasitasnya lagi tidak terpakai.

Penyearah gelombang penuh

Dilansir dari Workforce LibreTexts, penyearah gelombang penuh dapat menghasilkan penggunaan penuh kedua setengah siklus gelombang sinus dan mendapatkan daya arus bolak-balik secara penuh.

Penyearah gelombang penuh tidak hanya memerlukan dioda penyearah dan resistor, namun juga transformator (trafo).

Baca juga: Fungsi Trafo atau Transformator

Pelipat tegangan

Fungsi dioda penyearah selanjutnya adalah sebagai pelipat tegangan.

Menurut Sutrisno dalam buku Elektronika: Teori Dasar dan Penerapannya (1986), dioda penyearah dapat digunakan sebagai rangkain pelipat dua tegangan yang menghasilkan tegagan keluaran searah dua kali nilai tegangan puncak masukannya.

Tidak hanya menaikkan tegangan sebanyak dua kali lipat, dioda penyearah juga dapat berfungsi untuk menaikkan tegangan sebanyak tiga kali dan empat kali lipat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi