Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Media Sosial dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com
Ilustrasi media sosial
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Media sosial adalah hal yang melekat pada manusia modern. Media sosial memiliki beberapa jenis, sesuai dengan fitur-fitur yang berada di dalamnya. Berikut adalah jenis-jenis media sosial dan contohnya!

Baca juga: Jenis-jenis New Media (Media Baru)

Jejaring sosial

Jenis media sosial yang pertama adalah jejaring sosial. Jejaring sosial membantu penggunanya terhubung dengan satu sama lain dengan berbagai cara.

Jejaring sosial memungkinkan penggunanya saling berkomunikasi, bertukar informasi, gambar, audio, dan juga video.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh jejaring sosial adalah Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, TikTok, dan Telegram.

Baca juga: Faktor Pendorong Interaksi Sosial

Media sharing network

Media sharing networks adalah jenis social media yang memungkinkan penggunanya saling berbagi hal yang berbagi visual seperti foto dan juga multimedia video.

Media sosial yang kontennya berfokus pada video adalah Youtube. Contoh lain media sharing network adalah Instagram, TikTok, dan Snapchat.

Forum diskusi

Jenis media sosial selanjutnya adalah forum diskusi. Forum diskusi adalah salah satu jenis media sosial yang paling awal dikembangkan.

Baca juga: Contoh Teks Diskusi Singkat Beserta Strukturnya

Dalam forum diskusi, penggunanya dapat berdiskusi tentang hal apa saja yang mereka minati. Di mana terdapat tanya jawab, saling berbagi ide, dan juga berita.

Contoh media sosial jenis forum diskusi adalah Reddit, Digg, Quora, Joomla, dan Kaskus.

Blogging

Jenis media sosial selanjutnya adalah blogging. Dilansir dari Social Science LibreTexts, blog adalah media sosial yang memberi siapa pun platform untuk menulis tentang apa pun yang mereka inginkan (blogging).

Blog mirip seperti buku harian atau jurnal, namun dalam bentuk digital dan dapat dibaca oleh public secara daring.

Contoh media sosial blogging adalah WordPress, Weebly, Medium, Tumblr, dan Squarespace.

Baca juga: Komunikasi Daring: Pengertian dan Jenisnya

Social audio network

Dilansir dari Computer Hope, social audio network adalah jenis media sosial di mana penggunanya berinteraksi melalui audio atau suara.

Dalam social audio network, para penggunanya dapat berbicara, mendengarkan orang lain berbicara, dan juga mengobrol tentang berbagai jenis topik.

Contoh social audio network adalah Clubhouse, Twitter Spaces, Discord, Spotify Greenroom, dan Facebook Live Audio Rooms.

Baca juga: 5 Manfaat Internet

Live streaming

Jenis social media selanjutnya adalah live streaming. Live streaming adalah jenis media sosial di mana penggunanya melakukan siaran video secara langsung tanpa direkam ataupun diedit terlebih dahulu. Adapun, penonton live streaming dapat berinteraksi dengan penyedia konten.

Contoh media sosial live streaming adalah YouTube Live, Facebook Live, Instagram Live, TikTok Live, Twitch, dan StreamYard.

Review networks

Adalah jenis media sosial yang memberikan wadah bagi penggunanya untuk mereview atau mengulas berbagai jenis barang dan jasa yang telah digunakannya.

Review networks dapat membantu mempromosikan sesuatu dan juga menentukan produk yang akan dibeli atau jasa yang akan disewa.

Baca juga: Internet of Things (IoT) : Manfaat dan Penerapannya

Hal yang diulas dalam review networks dapat berupa prosuk kecantikan, buku, film, produk kesehatan, pakaian, hotel, penginapan, dan tempat wisata.

Contoh review networks adalah Google My Business, Trip Advisor, Yelp, dan TrustRadius.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi