Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Excel: Pengertian dan Fungsinya

Baca di App
Lihat Foto
TechSpot
Microsoft Excel merupakan program aplikasi pengolah angka. Fungsi utama program Microsoft Excel adalah mengolah data berupa angka.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Microsoft Excel merupakan program aplikasi pengolah angka yang banyak digunakan saat ini.

Program ini dibuat oleh Microsoft Corporation yang menjadi bagian dari Microsoft Office. Versi pertama aplikasi ini diluncuran pada 1985.

Apa itu Microsoft Excel?

Pengertian Microsoft Excel

Menurut Syamsul Hadi dalam buku Mengenal Microsoft Excel untuk Pemula (2008), berikut pengertian Microsoft Excel:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Microsoft Excel adalah aplikasi yang memungkinkan input data berupa tulisan, teks, angka, atau fungsi kompleks lainnya."

Aplikasi ini juga dikenal dengan sebutan spreadsheet (lembar kerja elektronik). Program ini membantu pengguna untuk menghitung, menganalisis, juga mempresentasikan data.

Baca juga: Pengertian serta Perbedaan Microsoft Word dan Excel

Sementara itu, dikutip dari buku Praktis Belajar Komputer Seri Microsoft Office 2010 (2016) karya Endang Supriyadi, pengertian Microsoft Excel adalah:

"Microsoft Excel merupakan program aplikasi milik Microsoft yang berbentuk spreadsheet. Sering digunakan untuk mengolah data yang kemudian dihimpun dalam tabel."

Berdasarkan penjelasan di atas, kita bisa menarik kesimpulan bahwa Microsoft Excel adalah program aplikasi pengolah data yang dihimpun dalam bentuk tabel.

Fungsi Microsoft Excel

Dilansir dari buku ICT dalam Pembelajaran MI/SD (2019) oleh Nanda Septiana, fungsi utama program Microsoft Excel adalah aplikasi atau perangkat lunak pengolah angka.

Berikut beberapa fungsi Microsoft Excel:

Selain empat fungsi di atas, Microsoft Excel juga berfungsi untuk menghitung kurs mata uang dan membuat daftar hadir untuk sebuah kegiatan.

Fungsi Microsoft Excel adalah menyajikan data secara lebih tepat, rapi, juga akurat, serta melakukan operasi hitung matematika.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Office Excel 2016

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi