Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pengertian Kota Menurut Ahli

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi pengertian kota menurut ahli
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Kota dalam pengertian umum adalah suatu daerah terbangun yang didominasi jenis penggunaan tanah non-pertanian dengan jumlah penduduk dan intensitas penggunaan ruang yang cukup tinggi. 

Kota diartikan juga sebagai pusat permukinan dan kegiatan penduduk yang memiliki batasan wilayah administrasi. 

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Indonesia, batasa wilayah administrasi tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 1987 tentang Penyusunan Rencana Kota. 

Pengertian kota memiliki ragam esensi dari sudut pandang yang kompleks, ditinjau dengan berbagai pendekatan sejarah dan konsep kota. 

Dilansir dari buku Arsitektur Kota, Perancangan Kota, dan Ruang Terbuka Hijau (2022) oleh Noor Hamidah dan teman-teman, berikut pengertian kota menurut ahli, yaitu: 

Grunfeld menyatakan bahwa kota adalah suatu wilayah yang di mana jumlah penduduk yang tinggal cukup padat dan lebih padat daripada kepadatan wilayah nasional dan bagi para penduduk yang tinggal di perkotaan biasanya bekerja di sektor non agraris atau bukan sektor pertanian.

Selain itu, Grunfeld juga mengatakan bahwa bangunan yang ada di perkotaan berupa gedung-gedung tinggi dan jarak antar gedungnya tidak jauh.

Baca juga: 7 Perbedaan Kota dan Desa

Menurut Max Weber, kota adalah sebuah wilayah atau daerah yang di mana penduduk dari wilayah tersebut mayoritas bisa memenuhi semua kebutuhan ekonomi pasar lokal yang ada di wilayah tersebut.

Menurut Burkhad Hofmeister, kota adalah sebuah pemusatan keruangan mulai dari tempat tinggal, tempat kerja bagi manusia itu sendiri, hingga kegiatan umum.

Dalam hal ini, kegiatan umum dibagi menjadi dua sektor, yaitu sektor sekunder berupa industri dan perdagangan serta sektor tersier yang berupa jasa dan pelayanan masyarakat.

Selain itu Hofmeister juga mengatakan bahwa pertumbuhan yang terjadi di pemusatan keruangan terjadi karena adanya pendatang yang memiliki kemampuan untuk melayani atau memenuhi kebutuhan barang dan jasa bagi wilayah yang letaknya jauh.

Pengertian kota menurut Mayer merupakan tempat bermukim dengan segala fasilitas yang diciptakan, dihuni, dan dinikmati dalam suatu peradaban. Urbanisasi merupakan proses perubahan dari desa (rural) ke kot (urban) baik perubahan berfikir maupun sikap hidupnya. 

Trancik berpendapat morfologi kota tercipta dalam kesatuan yang utuh antara ruang terbuka kota yang disebut void dan masa bangunan yang disebut solid. 

Trancik menemukan tiga integrasi antara arsitektur dan ruang kota, antaranya teori figure ground, teori linkage, dan teori tempat. 

Baca juga: Pengaruh Perubahan dan Interaksi Keruangan antara Desa dan Kota

  • Menurut Gosling 

Menurut Gosling kota adalah susunan fisik yang membentuk  suatu pembentuk fisik kawasan. 

  • Menurut Zahnd 

Menurut Zahnd menyebutkan kota sebagai salah satu ungkapan kehidupan manusia yang kompleks. 

  • Menurut Northam 

Menurut Northam, kota adalah sebuah wilayah atau daerah yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi daripada jumlah kepadatan populasi.

Penduduk yang ada di wilayah tersebut memiliki kegiatan ekonomi di luar sektor pertanian, sehingga tidak tergantung dengan sektor pertanian.

Kota menurut Northam juga bisa dijadikan sebagai pusat dari ekonomi, administrasi antar wilayah, dan pusat kebudayaan.

  • Menurut Amos Rappoport

Amos Rappoport mengatakan bahwa kota adalah sebuah pemukiman yang cukup besar, padat, dan permanen serta terdiri dari berbagai macam kelompok individu yang sifatnya heterogen dari segi sosial.

Baca juga: 4 Permasalahan Kota beserta Penjelasannya

  • Menurut Bintarto

Bintarto menyatakan bahwa kota adalah sebuah kesatuan bagi kehidupan manusia yang diberi tanda dengan hadirnya kepadatan penduduk yang sangat tinggi serta ditandai dengan adanya strata ekonomi yang heterogen bercorak materialistis.

Bintarto juga mengungkapkan bahwa penduduk yang ada di kota terdiri dari penduduk asli dari wilayah tersebut dan penduduk yang datang dari wilayah lain.

Bintarto juga menjelaskan bahwa masyarakat kota adalah kumpulan individu yang heterogen, baik itu dari hal pekerjaan, adat, kebudayaan, dan agama.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi