Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Paru-paru Kanan dan Kiri

Baca di App
Lihat Foto
bio.libretexts.org
Paru-paru kanan dan kiri
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Manusia memiliki dua paru-paru, yaitu paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Tahukah kamu bahwa paru-paru kanan dan kiri berbeda? Berikut adalah perbedaan paru-paru kanan dan kiri!

Jumlah lobus

Perbedaan paru-paru kanan dan kiri adalah jumlah lobusnya. Paru-paru kanan memiliki tiga lobus, sedangkan paru-paru kiri memiliki dua lobus.

Menurut Raheel Chaudry dan Bruno Bordoni dalam Anatomy: Thorax, Lungs (2022), tiga lobus paru-paru kanan adalah lobus kanan atas, lobus kanan tengah, dan lobus kanan bawah.

Baca juga: Paru-paru: Pengertian dan Bagiannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lobus kanan atas dan lobus kanan tengah dipisahkan oleh celah horizontal. Adapun, lobus kanan tengah dan lobus kanan bawah dipisahkan oleh celah miring.

Sedangkan, kedua lobus paru-paru kiri dipisahkan oleh celah miring.

Struktur

Paru-paru kanan dan kiri memiliki struktur yang berbeda. Dilansir dari Lumen Learning, paru-paru kanan lebih pendek namun lebih lebar daripada paru-paru kiri.

Sedangkan, paru-paru kiri lebih sempit namun lebih panjang daripada paru-paru kanan.

Adapun, struktur paru-paru kanan yang lebih pendek diakibatkan oleh adanya hati di bagian bawahnya. Sehingga, paru-paru kanan memendek untuk menyediakan ruang bagi hati.

Baca juga: Organ Hati: Bagian dan Fungsinya

Ukuran

Perbedaan paru-paru kanan dan kiri adalah ukurannya. Paru-paru kanan memiliki ukuran yang lebih besar daripada paru-paru kiri.

Dilansir dari Physiopedia, hal tersebut karena jantung miring ke kiri sehingga paru-paru kiri lebih kecil dan memiliki lekukan untuk menampung jantung. Lekukan tersebut dinaman dengan kardiak impression atau takik jantung.

Berat

Karena memiliki ukuran yang berbeda, berat paru-paru kanan dan kiri juga berbeda.

Paru-paru kanan memiliki berat sekitar 626 gram, sedangkan paru-paru kiri memiliki berat sekiyat 560 gram. Artinya, paru-paru kanan lebih berat daripada paru-paru kiri.

Baca juga: Pleura, Struktur yang Melindungi Paru-paru

Bronkus

Perbedaan paru-paru kanan dan kiri selanjutnya adalah jumlah bronkusnya. Paru-paru kanan memiliki tiga bronkus, sedangkan paru-paru kiri hanya memiliki dua bronkus.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi