Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Teknik Permainan Bulu Tangkis

Baca di App
Lihat Foto
canva.com
Ilustrasi permainan bulu tangkis
Editor: Serafica Gischa

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Bulu tangkis atau badminton mulai dikenal di Indonesia sekitar tahun 1955. Bulu tangkis merupakan permainan yang menggunakan alat pemukul raket, bolanya berupa shuttlecock (kok), dan lapangannya dibatasi oleh jaring atau net.

Untuk dapat bermain bulu tangkis dengan baik, harus mengetahui teknik-teknik permainan bulu tangkis. Teknik-teknik itu di antaranya teknik memukul bola, teknis servis, dan teknik smash.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut penjelasannya:

Teknik memukul shuttlecock 

Agar dapat melakukan suatu pukulan dengan baik, diperlukan penguasaan teknik memukul yang benar. Beberapa hal yang merupakan prinsip dasar dalam teknik memukul shuttlecock adalah:

Putaran lengan bawah dan pergelangan tangan merupakan hal paling penting dalam melakukan suatu pukulan. Semua pukulan dalam permainan bulu tangkis dilakukan dengan memutar lengan bawah dan pergelangan.

Baca juga: Permainan Bulu Tangkis: Ukuran lapangan, Net, dan Aturan Permainan 

Posisi badan pada saat akan memukul harus berada di belakang kok. Keuntungan dari penempatan posisi badan dibelakang kok sebagai berikut:

    1. Pukulan dapat diarahkan ke segala penjuru
    2. Penyaluran tenaga lebih terarah
    3. Posisi pemukul berada pada keadaan siap menyerang
    4. Pandangan mata menjadi lebih bebas

Gerakan ayunan raket pada saat memukul dirahasiakan agar lawan sulit membaca arah dan jenis pukulan. Oleh karena itu, merahasiakan gerakan awal dalam permainan bulu tangkis sangat penting.

Pada saat memukul shuttlecock, kedua kaki harus digerakkan sehingga dapat membantu tenaga tangan yang memegang raket. Di sini diperlukan koordinasi gerak yang harmonis dari ujung kaki sampai ujung raket.

Posisi kaki setelah melakukan pukulan harus berada dalam keadaan rileks dan tidak terpaku di lantai. Jika melakukan loncatan pada saat memukul maka harus mendarat dengan mengeper pada ujung kaki.

Dalam permainan bulu tangkis, para pemain harus mengetahui karakter shuttlecock. Bola pada permainan bulu tangkis terbuat dari bulu burung atau angsa yang disebut kok (shuttlecock).

Susunan shuttlecock terbuat dari bulu yang lebih berat pada bagian kepala. Arah jalannya shuttlecock akan berbeda jika kita memberikan perlakuan tertentu, misalnya tarikan atau sodokan.

Gerakan kaki (footwork) pada saat akan melakukan pukulan, sangat penting dikuasai oleh pemain.

Dengan gerakan kaki yang baik pemain dapat bergerak ke segala bagian lapangan. Pemain dapat memukul shuttlecock dengan efisien dan dapat mengontrol pukulan lawan. 

Hal terpenting yang harus diingat bahwa sebelum memukul, sebaiknya langkah terakhir adalah kaki kanan. Setelah melakukan pukulan, pemain harus kembali ke kedudukan di tengah lapangan.

Baca juga: Sejarah Singkat Bulu Tangkis Dunia dan Indonesia

Teknik servis

Servis adalah pukulan yang mengawali atau sajian bola pertama sebagai permulaan permainan. Tempat servis yang baik adalah di garis servis depan dekat garis tengah. Service dilakukan dengan cara berdiri dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang. 

Untuk orang yang kidal servis dilakukan dengan cara berdiri dengan kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang. Raket diayunkan ke belakang badan kemudian diteruskan ke depan untuk memukul bola.

Ketika seorang pemain akan melakukan servis, posisi kaki kedua pemain harus berdiri di dalam batas lapangan servis masing-masing. Kedua kaki pemain harus tetap menyentuh lantai dalam posisi tidak bergerak sampai servis dilakukan.

Servis dapat dilakukan dengan berbagai macam cara antara lain servis pendek, servis tinggi, dan servis datar. Berikut penjelasannya:

  • Servis pendek (Short Service)

Servis pendek dilakukan dengan menggunakan sedikit tenaga. Bola cukup didorong dengan menggunakan perpindahan berat badan dari belakang ke depan secara berirama. Gerak pergelangan lengan dipakai untuk menentukan arah.

Arah jalannya bola diusahakan sedekat mungkin dengan batas (bibir net) sehingga menyulitkan lawan untuk mengembalikan bola.

Baca juga: Teknik Pukulan dalam Permainan Bulu Tangkis

  • Servis tinggi (Lob Service)

Servis tinggi biasanya digunakan dalam permainan tunggal (satu lawan satu). Bola pada servis tinggi akan sampai ke garis belakang dengan arah yang menukik tajam dan jatuh lurus ke bawah. Oleh karena itu, pukulan servis tinggi membutuhkan banyak tenaga.

  • Servis datar (Drive Service)

Service data banyak dilakukan pada permainan ganda. Pada permainan tunggal servis datar sering dilakukan, terutama bila telah diketahui bahwa lawan kesulitan menerima servis datar.

Servis datar juga dilakukan bila pemain ingin bermain lebih tajam. Servis datar dapat dilakukan dengan pukulan backhand, terutama dari sebelah kiri lapangan.

Teknik melakukan smash

Smash merupakan pukulan yang dilakukan dengan sangat cepat, keras dan menukik tajam ke arah lapangan lawan. Smash hampir sama dengan lob. Perbedaannya adalah smash lebih cepat daripada lob. 

Beberapa jenis smash, yaitu:

  • Smash penuh

Smash penuh dilakukan dengan seluruh daun raket. Smash penuh memiliki kekuatan yang maksimal, tetapi biasanya bola menjadi kurang terarah. Smash penuh dilakukan dengan sekuat tenaga. Smash ini harus dapat mematikan gerak lawan.

  • Smash potong

Smash potong kurang keras jika dibandingkan dengan smash penuh. Namun, smash potong menghasilkan bola yang lebih tajam dan lebih terarah.

Pada umumnya smash potong dilakukan secara menyilang atau cross smash. Jika akan melakukan smash dari garis belakang, maka lebih baik melakukan smash potong daripada smash penuh.

Baca juga: Teknik Smash dalam Permainan Bulu Tangkis

  • Smash dengan lengan memutar di atas kepala

Seringkali lawan dapat mengembalikan smash dengan pukulan lob ke arah backhand atau mengembalikan servis ke arah bagian kiri lapangan. Bola yang meluncur di depan pundak kiri atau bahkan lebih ke kiri lagi dapat di smash. 

Smash di depan pundak kiri disebut around the head smash atau smash dengan memutar di atas kepala. Gerakan yang dilakukan adalah memiringkan badan ke kiri dan memutar lengan di atas kepala untuk memukul bola meluncur di sebelah kiri.

  • Smash backhand

Smash backhand mengutamakan keterampilan gerak pergelangan tangan. Bola yang melewati posisi badan di bagian kiri dapat dipukul dengan smash backhand oleh tangan kanan.

Smash backhand membutuhkan pergelangan tangan yang kuat dan mantap. Keunggulan smash backhand adalah dapat digunakan sebagai pukulan yang mengejutkan lawan.

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi