Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Contoh Hardware, Software, dan Brainware

Baca di App
Lihat Foto
Unsplash
Ilustrasi perangkat komputer.
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com - Sebuah sistem komputer terdiri atas tiga komponen, yakni perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (brainware).

Dilansir dari Buku Teks Informatika Kemendikbud (2021) karya Vania Natali dan teman-teman, berikut pengertian dari hardware, software, dan brainware.

Baca juga: Pengertian Hardware, Fungsi, dan Contohnya

Pengertian tiga komponen

Berikut pengertian tiga komponen pada sistem komputer, yaitu:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hardware

Hardware atau perangkat keras adalah peralatan fisik dari sebuah komputer yang dapat disentuh dan dipindahkan.

Perangkat keras terdiri dari empat bagian yakni, perangkat bagian masukan (input), perangkat bagian keluaran (output), perangkat bagian pemrosesan (processing), dan perangkat bagian penyimpanan (storage). Berikut contoh massing-masing:

Baca juga: Pengertian Shareware Software, Jenis-jenis dan Contohnya

Software

Software adalah suatu perangkat lunak yang berisi perintah atau instruksi untuk menjalankan komputer. Tanpa adanya software, komputer tidak dapat difungsikan.

Menurut kategorinya, software terbagi menjadi tiga bagian yakni, sistem operasi, perangkat lunak aplikasi, dan perangkat lunak pemrograman. Berikut penjelasannya:

Sistem operasi merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program lain berinteraksi dengan perangkat keras. Contoh software sistem operasi seperti, Windows, Linux, Disk Operating Systems (DOS), Unix, Solaris, MacOS, Android, dan iOS.

Selain itu, perangkat lunak sistem operasi berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen sumber daya (resource) yang dimiliki hardware dan software komputer, menjalankan proses, dan mengawasi serta melindungi jalannya sebuah program.

Perangkat lunak aplikasi atau aplikasi merupakan perangkat lunak yang dijalankan pada sistem operasi. Aplikasi adalah program komputer siap pakai yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik.

Baca juga: 4 Perangkat Keras Komputer

Contoh program aplikasi, yakni:

    1. Pengolah kata (word processor): Notepad, Wordstar, Microsoft Word, Word Perfect, AmiPro.
    2. Pengolah lembar kerja (spreadsheet): Lotus123, Microsoft Excel, QuattroPro, OpenOffice Calc.
    3. Pengolah basis data (database): Microsoft Access, dBase, MySQL, SQL Server.
    4. Presentasi: Microsoft PowerPoint, LibreOffice Impress, Powtoon.
    5. Peramban internet dan aplikasi pesan: Microsoft Edge, Google Chrome, Opera Mini, WhatsApp, Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Telegram.
    6. Desain grafis: CorelDraw, PhotoShop. Canva, Pixlr, PicsArt, Adobe Illustrator.
    7. Multimedia: GOM Player, iTunes.

Perangkat lunak pemrograman adalah program yang digunakan untuk menulis, mengembangkan, menguji, dan men-debug program perangkat lunak lainnya.

Contoh perangkat lunak pemrograman adalah C++, Visual Basic, Scratch, Python, Pascal, dan lainnya.

Baca juga: Mengenal 3 Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software, dan Brainware

Brainware

Dikutip dari Buku Interaksi Manusia dan Komputer (2020) karya Tri Rachmadi, brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.

Hardware dan software tidak dapat beroperasi tanpa adanya brainware. Artinya, ketiga komponen itu harus saling bekerja sama agar sebuah sistem komputer dapat bekerja sempurna.

Kendati begitu, untuk dapat merancang sebuah sistem interaksi manusia dan komputer yang sempurna maka perancang tidak saja harus mengetahui aspek teknis dari sistem komputer tersebu, tetapi juga harus mengerti bagaimana manusia mengolah informasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi