Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketimpangan Sosial: Pengertian dan Contohnya

Baca di App
Lihat Foto
KOMPAS/AGUS SUSANTO
Ilustrasi kemiskinan
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Ketimpangan sosial adalah kondisi di mana terjadi kesenjangan, ketidaksamaan, atau perbedaan sumber daya yang ada.

Umumnya ketimpangan sosial dapat disebabkan oleh perbedaan status sosial, ekonomi, politik, serta budaya.

Sosiologi memandang ketimpangan sosial sebagai masalah sosial di masyarakat. Sehingga diperlukan tindak lanjut untuk mengatasinya.

Pengertian ketimpangan sosial

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), ketimpangan sosial adalah ketidakadilan status dan kedudukan seseorang dalam masyarakat.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketimpangan sosial merupakan ketidakseimbangan kondisi yang terjadi di tengah masyarakat, akibat faktor penghambat tertentu.

Adapun yang dimaksud faktor penghambat itu sendiri adalah segala sesuatu yang menghalangi seseorang untuk memanfaatkan akses atau sumber daya yang ada.

Baca juga: 3 Jenis Status Sosial dan Contohnya

Dikutip dari situs Thought Co, ketimpangan sosial (social inequality) adalah perbedaan kesempatan yang dimiliki suatu individu atau kelompok.

Jika disimpulkan, ketimpangan sosial adalah perbedaan status, kedudukan, dan kesempatan yang dimiliki seseorang atau kelompok dalam masyarakat.

Contoh ketimpangan sosial

Ketimpangan sosial sebagai salah satu bentuk masalah sosial ditandai dengan hadirnya segala sesuatu yang bersifat tidak setara, baik itu akses, kesempatan, maupun imbalan.

Dalam praktiknya, segala bentuk kesejangan ekonomi, budaya, dan politik di masyarakat, akan memunculkan ketimpangan sosial.

Dilansir dari situs Study, salah satu contoh ketimpangan sosial yang paling nyata dan sering terjadi di masyarakat adalah kemiskinan.

Problematika sosial ini tidak hanya menjelaskan perbedaan ekonomi yang menonjol, melainkan juga kehidupan sosial yang tidak setara.

Baca juga: 5 Manfaat Komunitas Sosial

Agar lebih memahaminya, berikut lima contoh ketimpangan sosial:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi