Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Urutan Lapisan Atmosfer Bumi dari Bawah ke Atas

Baca di App
Lihat Foto
Sciencesnotes.org
Ilustrasi urutan lapisan atmosfer. Lapisan atmosfer Bumi yang paling bawah adalah troposfer. Sedangkan lapisan atmosfer Bumi yang paling atas adalah eksosfer.
|
Editor: Vanya Karunia Mulia Putri

KOMPAS.com - Lapisan atmosfer adalah lapisan yang menyelimuti Bumi. Terbentuk dari lapisan gas yang berjarak ribuan kilometer dari permukaan Bumi.

Diperkirakan ketebalan lapisan ini mencapai 500 kilometer. Salah satu gas pendukung lapisan atmosfer adalah karbon dioksida dan helium.

Urutan lapisan atmosfer

Dilansir dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), urutan lapisan atmosfer Bumi dimulai dari troposfer hingga eksosfer.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adapun lapisan atmosfer Bumi yang paling bawah adalah troposfer. Sedangkan lapisan atmosfer Bumi yang paling atas adalah eksosfer.

Baca juga: Atmosfer: Pengertian, Fungsi, dan Jenis Kandungannya

Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Dikutip dari situs NOAA, troposfer adalah lapisan atmosfer Bumi yang paling bawah. Hampir semua peristiwa cuaca terjadi di kawasan ini.

Troposfer dimulai dari permukaan Bumi. Ketinggiannya pun bervariasi, ada yang 18 sampai 20 kilometer, dan ada pula yang 6 kilometer.

Berada di atas lapisan troposfer, stratosfer bersuhu dingin dan hanya ditempati ozon. Fungsi utamanya ialah sebagai pelinndung radiasi ultraviolet.

Lapisan ini menampung sekitar 19 persen gas atmosfer dan sedikit uap air. Ketinggiannya berada di 6 sampai 50 kilometer di atas permukaan Bumi.

Baca juga: 5 Lapisan Atmosfer Bumi

Urutan lapisan atmosfer yang berikutnya adalah mesosfer.

Dalam situs Climate NASA, diterangkan bahwa lapisan mesosfer berada di ketinggian 50 hingga 80 kilometer di atas permukaan Bumi.

Lapisan ini lebih dingin dari stratosfer karena posisinya kian tinggi. Suhu rata-ratanya diperkirakan mencapai -85º Celcius.

Urutan lapisan atmosfer Bumi berikutnya adalah termosfer.

Posisi lapisan ini lebih tinggi dibanding mesosfer. Diperkirakan ketinggiannya berkisar 80 hingga 700 kilometer di atas permukaan Bumi.

Termosfer merupakan lapisan di mana sering terjadi aurora borealis dan australis. Bahkan stasiun luar angkasa pun sering mengorbit di lapisan ini.

Baca juga: 7 Manfaat Atmosfer bagi Kehidupan

Eksosfer adalah lapisan atmosfer Bumi yang paling atas. Berada di ketinggian sekitar 700 hingga 10 ribu kilometer di atas permukaan Bumi.

Pada lapisan ini, banyak atom dan molekul yang dilepaskan ke luar angkasa, dan satelit mengorbit Bumi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi