Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsip: Pengertian, Karakteristik dan Jenisnya

Baca di App
Lihat Foto
freepik.com/ asier_relampagoes
Ilustrasi pengertian arsip
|
Editor: Serafica Gischa

KOMPAS.com -Dalam melaksanakan kegiatan atau aktivitas sehari-hari, baik organisasi maupun perorangan, pasti akan menghasilkan arsip.

Arsip merupakan penghubung antara organisasi dengan organisasi lainnya.

Menurut Undang-Undang Nomor 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, pengertian arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintah daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Baca juga: Arsip: Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Kegunaannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karakteristik arsip

Beberapa karakteristik arsip, sebagai berikut:

Artinya arsip merupakan informasi melekat pada wujud aslinya (kecuali arsip elektronik), meliputi isi, struktur dan konteks.

Arsip memiliki informasi mengenai waktu dan tempat arsip diciptakan/diterima, memiliki arti atau makna yang merefleksikan tujuan dan kegiatan suatu organisasi, memberikan layanan bahan bukti kebijaksanaan, kegiatan dan transaksi organisasi penciptanya.

Artinya arsip yang dciptakan sebagai dokumentasi untuk mendukung tugas dan kegiatan, serta memiliki status sebagai bahan bukti resmi bagi keputusan dan pelaksanaan kegiatan.

Artinya arsip tidak dibuat massal atau digandakan. Arsip berbeda dengan buku, jurnal dan bahan publikasi lainnya. Arsip konteksnya memiliki kronologi yang unik dan merupakan satu-satunya produk.

Artinya keberadaan arsip dapat dipercaya sehingga dapat dipergunakan sebagai bahan pendukung pelaksanaan kegiatan.

Baca juga: Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Jenis-jenis arsip

Arsip terbagi menjadi dua jenis, yaitu arsip dinamis dan arsip statis. Dengan penjelasan:

Arsip dinamis

Dalam Peraturan Pemerintah RI Nomor 28 Tahun 2012 tentang pelaksanaan UU Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan disebutkan bahwa arsip dinamis adalah arsip yang digunakan secara langsung dalam kegiatan pencipta arsip dan disimpan selama jangka waktu tertentu.

Arsip dinamis ini terbagi lagi menjadi tiga jenis yaitu:

  • Arsip aktif

Adalah arsip yang frekuensi penggunaannya tinggi dan terus menerus, yaitu surat-surat yang masih sering dipakai untuk pelaksanaan tugas.

  • Arsip inaktif

Adalah arsip yang frekuensi penggunaannya telah menurun, yaitu surat-surat atau dokumen yang jarang sekali dipergunakan dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari.

  • Arsip vital

Adalah arsip yang keberadaannya merupakan persyaratan dasar bagi kelangsungan operasional pencipt arsip, tidak dapat diperbaharui dan tidak tergantikan apabila hilang atau rusak.

Baca juga: Jenis-jenis Surat Dinas berdasarkan Keamanan, Penyelesaian, Tujuan, dan Fungsinya

Arsip statis

Adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis retensinya, dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh Arsip Nasional Republik Indonesia atau Lembaga Kearsipan.

 

Referensi:

  • Sattar. 2019. Manajemen Kearsipan. Yogyakarta: CV Budi Utama. 
  • Nooryani, S. 2018. Cara Mudah Mengelola Arsip Inaktif. Bogor: PT Penerbit IPB Press. 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi