Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Urine Orang yang Sehat

Baca di App
Lihat Foto
pixabay.com
Ilustrasi urine yang sehat
|
Editor: Silmi Nurul Utami

KOMPAS.com – Urine adalah zat ekskresi yang dikeluarkan oleh manusia. urine dapat menjadi indikator kesehatan seseorang. Bagaimana ciri-ciri urine orang yang sehat? Ciri-ciri urine orang yang sehat adalah:

Baca juga: Faktor yang Memengaruhi Proses Pembentukan Urine

Berwarna kuning pucat hingga kuning tua

Ciri-ciri urine orang yang sehat adalah berwarna kuning pucat hingga kuning tua.

Dilansir dari Medicine LibreTexts, urine normal berwara kuning pucat hingga kuning tua tetapi bervariasi sesuai dengan pola makan terkini dan konsentrasi urine.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna urine yang gelap mengindikasikan dehidrasi dan warna urine yang merah mengindikasikan kerusakan ginjal juga penyakit dalam.

pH rata-rata 6,0

Ciri-ciri urine orang yang sehat adalah memiliki pH sekitar 4,6 hingga 8 dengan rata-rata sekitar 6,0. PH urine dapat dipengaruhi oleh pola makan tertentu.

Baca juga: Pengertian pH dan Cara Menghitungnya

Tidak mengandung protein

Ciri-ciri urine orang yang sehat adalah tidak mengandung protein. Urine yang mengandung protein menjadi indikasi kerusakan glomelurus ginjal karena harusnya protein disaring dan tidak dikeluarkan bersama dengan urine.

Tidak adanya sel

Dalam urine orang sehat juga tidak ditemukan sel seperti leukosit. Karena, keberadaan leukosit dalam urine menunjukkan adanya infeksi saluran kemih.

Tidak adanya nitrit

Ciri-ciri urine orang yang sehat selanjutnya adalah tidak adanya nitrit. Nitrat mungkin terdapat pada urine orang sehat, namun nitrit tridak.

Baca juga: Urutan Jalannya Urine

Dilansir dari Lumen Learning, nitrit dalam urine terbentuk oleh bakteri gram prositif yang memetabolisme nitrat menjadi nitrit. Hal tersbeut mengindikasikan terjadinya infeksi bakteri dalam tubuh.

Volume satu hingga dua liter per hari

Volume urine yang normal adalah sekitar satu hingga dua liter per hari. Dilansir dari Biology LibreTexts, di atas atau di bawah volume normal tersebut mengindikasikan kondisi kesehatan sebagai berikut:

Baca juga: Arti Warna Urine

Berbau amonia yang ringan

Urine orang normal memiliki bau amonia yang ringan, bau ini makin menyengat jika urine dibiarkan dalam waktu yang lama.

Adapun, orang normal tidak memiliki bau urine yang manis. Karena, bau manis berasal dari keton atau glukosa yang dikeluarkan penderita diabetes.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tag

Artikel Terkait

Artikel berhasil disimpan
Lihat
Artikel berhasil dihapus dari list yang disimpan
Oke
Artikel tersimpan di list yang disukai
Lihat
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Artikel dihapus dari list yang disukai
Oke
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas.com Play

Lihat Semua

Terpopuler
Komentar
Tulis komentar Anda...
Terkini
Lihat Semua
Jelajahi